Berita  

DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online

DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online
DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online

DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online. Sebelum membahas cara cek DTKS online via HP di Cek Go Id Jamsostek Kemensos, penting untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Ya, Anda harus terdaftar untuk dapat memeriksa apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima bansos dari Kementerian Sosial.

Tidak perlu khawatir, cara mendaftar sebagai KPM DTKS sangat mudah. Anda bisa melakukannya secara langsung atau menggunakan cara online. Jika anda belum familiar dengan internet dan teknologinya, anda bisa datang langsung ke Kantor Desa/Kelurahan sesuai tempat tinggal anda.

Namun, jika Anda sudah familiar dengan teknologi internet dan ingin menggunakan cara yang lebih mudah, Anda bisa mendaftar secara online. Jika ingin menggunakan cara online, bisa menggunakan website Verifikasi Bansos Kementerian Sosial atau melalui aplikasi Verifikasi Bansos.

DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online

Agar lebih jelas, Anda bisa mempelajari tutorialnya di bawah ini:

1. Cara daftar langsung KPM DTKS Kemensos

Cara pertama Bisa langsung dilakukan yaitu dengan datang sendiri dan membawa dokumen perlengkapan ke Kantor Desa/Kelurahan. Berikut alur pendaftaran DTKS KPM Kemensos secara offline:

Masyarakat miskin atau rentan datang ke Kantor Desa/Kelurahan sesuai tempat tinggalnya dengan membawa KK dan KTP.

Hasil pendataan penduduk miskin tersebut selanjutnya akan dibawa ke musdes atau musyawarah desa. Pertemuan itu untuk membahas layak atau tidaknya masyarakat yang bersangkutan masuk DTKS (berdasarkan daftar awal awal dan usulan baru).

Musyawarah desa akan mengeluarkan risalah, apakah daftar awal layak atau tidak. Berita acara ditandatangani oleh Kepala Desa atau Lurah. Apalagi notulensi akan menjadi daftar pengantar terakhir.

Selain itu, dinas sosial akan menggunakan daftar awal final sebagai dasar verifikasi dan verifikasi data. Prosesnya menggunakan alat DTKS lengkap, yaitu melalui kunjungan rumah.

Apakah, cara mendaftar offline  akan mendapat verifikasi lebih cepat dibanding DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online? Saya tidak tahu. Silahkan Anda coba yang sekiranya cocok.

BACA JUGA:   Cara Merubah Background Zoom Di HP

Jika data sudah diverifikasi dan divalidasi maka akan masuk ke dalam aplikasi SIKS Offline. Penanggung jawab untuk melakukan ini adalah operator desa/kabupaten. Selain itu, data yang dimasukkan dalam SIKS Offline akan diekspor sebagai file dengan ekstensi .siks.

Berkas tersebut kemudian akan dikirimkan ke dinas sosial, yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam aplikasi SIKS Online. Hasil verifikasi dan verifikasi ini akan dilaporkan kepada Wali Amanat/Walikota. Kemudian diteruskan kepada Gubernur dan Menteri Sosial.

Penyampaian kepada Menteri Sosial dilakukan dengan memasukkan data hasil verifikasi dan verifikasi ke dalam SIKS-NG. Yaitu dengan mengunggah surat pengesahan wali/walikota dan berita acara musyawarah desa.

Di atas adalah proses pendaftaran calon KPM DTKS dari Kementerian Sosial, tepat setelah masyarakat miskin mendaftarkan diri di kantor Desa/Kelurahan. Tentu tidak bisa instan, karena membutuhkan banyak perhatian. Yang akan menentukan bisa atau tidaknya diterima.

Sekarang, cara cek DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online bisa dilakukan seperti dibawah:

2. Cara Daftar Online KPM DTKS Kemensos

Anda dapat mendaftar sebagai KPM DTKS secara online, menggunakan Aplikasi Cek Bansos. Ternyata, selain untuk mengecek apakah sudah diterima menjadi penerima bansos, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mendaftar ke DTKS Kemensos dan membuat Usulan. ( Usulan supaya Anda diterima).

Aplikasi Cek Bansos memudahkan masyarakat miskin untuk mendaftar sekaligus meninjau bansos Kemensos. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play. Jangan khawatir, aplikasinya tidak berat, hanya sekitar 5MB.

Pastinya tidak akan membebani HP sama sekali. Tapi ingat karena terhubung ke internet, Anda harus menghubungkan ponsel Anda ke koneksi internet terlebih dahulu. Jika tidak, Anda tidak dapat mengakses aplikasi Cek Bansos.

Ikuti tutorial cara daftar DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online di bawah ini agar Anda tidak salah:

  • Pertama, Anda dapat mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu.
  • Setelah aplikasi diinstal, buka dan klik Buat akun baru untuk mendaftar. Jika Anda sudah membuat akun, silakan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk.
BACA JUGA:   Gambar Uang 100 Ribu di Tangan

Jika Anda hanya ingin membuat akun baru, maka isi data diri Anda pada formulir yang telah disediakan. Anda dapat mengisi data seperti nomor KK, NIK, nama lengkap. alamat lengkap (Kecamatan, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa, RT dan RW).

  • Kemudian masukkan nomor HP, alamat email, nama pengguna, dan kata sandi Anda.
  • Selanjutnya, upload KTP dan selfie Anda beserta KTP Anda.
  • Jika sudah yakin tidak ada data yang salah, Anda bisa klik Create new account.

Setelah berhasil mendaftar dan masuk ke halaman utama aplikasi, Anda bisa langsung mengklik Daftar Usulan.

Kemudian klik Tambah Usulan dan isikan data diri anda dengan benar (sesuai KK dan KTP).

Selesai, kini Anda tinggal menunggu Kemensos melakukan verifikasi dan validasi data yang Anda masukkan.

Tetapi, cara DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online tidak berhenti sampai di sini.

Anda harus mengecek apakah lamaran sudah diterima Kemensos atau belum. Setelah menyatakan sudah masuk DTKS dan menerima bansos, bisa langsung ditarik. Biasanya di bank Himbara atau kantor pos.

3. Cek DTKS Online via HP di website

Anda bisa mengecek apakah sudah diterima di DTKS Kemensos secara online, bisa melalui handphone atau PC. Cara pertama adalah dengan mengeceknya melalui website Go Id Kementerian Sosial CakBansos yang bisa Anda akses melalui browser seperti Google Chrome, Opera Mini, UC Browser, dll.

Berikut cara cek DTKS online via Smartphone di CekBansos Go Id Kemensos:

  • Buka browser dan kunjungi website Kementerian Sosial CekBansos Go Id.
  • Setelah membuka website, pilih Kabupaten, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa (sesuai dengan tempat tinggal Anda).
  • Kemudian masukkan nama yang sesuai dengan KTP.
  • Kemudian dengan benar masukkan kode captcha yang diberikan, jika kurang jelas bisa klik Reload.
  • Jika sudah, klik pada Cari Data untuk memulai pencarian.

Kesimpulan DTKS Kemensos Go Id dan Cek KTP online

Cara cek DTKS online via HP di CekBansos Go Id Kemensos sangat mudah, cukup siapkan koneksi internet lancar. Selain melalui website CekBansos Kemensos, Anda juga bisa mengecek melalui aplikasi Cek Bansos yang bisa diunduh dari Google PlayStore.