Program Aplikasi CorelDraw Termasuk Program Aplikasi

  • Bagikan
Program Aplikasi Coreldraw Termasuk Program Aplikasi
Program Aplikasi Coreldraw Termasuk Program Aplikasi

Program Aplikasi CorelDraw Termasuk Program Aplikasi Editor Grafis Vektor  – Bagi yang berkecimpung di dunia desain dan jelas familiar dengan software Photoshop, Adobe Illustrator, SketchUp dan Corel Draw (ditulis oleh CorelDraw).

Program Aplikasi CorelDraw Termasuk Program Aplikasi

CorelDraw sendiri merupakan editor grafis vektor, memiliki beberapa versi mulai dari versi 1 hingga yang terbaru, CorelDraw Graphics suite 2019 atau X9, versi lengkap aslinya berharga $699 atau sekitar 9,5 juta.

Bagi yang tertarik dengan lisensi resmi, Anda bisa mengunjungi situs resmi perusahaan asal Kanada ini di coreldraw..com.

Pengertian Corel Draw

Adalah program komputer pengedit grafik vektor yang memproses gambar dan banyak digunakan dalam penerbitan, pencetakan dan bidang lain yang memerlukan proses tampilan.

Corel Draw (ditulis: CorelDraw) adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Corel Corporation, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di Ottawa, Kanada.

Program Aplikasi CorelDraw Termasuk Program Aplikasi untuk Apa?

Corel Draw menawarkan penggunanya beberapa manfaat. Sebagai program yang banyak digunakan untuk proses visualisasi. Corel Draw dapat menghasilkan kualitas grafis yang baik dan sebagus bitmap, meskipun berbasis vektor. Berikut beberapa fitur dan aplikasi CorelDraw;

  • Buat desain logo

Sebuah perusahaan, website, toko atau institusi membutuhkan logo sebagai simbol identitas kebanggaannya. Desainer grafis biasanya menggunakan Corel untuk ini.

  • Desain brosur, poster dan undangan

Buat brosur atau undangan lebih menarik jika tidak terlihat datar. Coreldraw memungkinkan Anda untuk membuat desain lebih menarik, terutama dengan banyaknya pilihan font yang dapat dikombinasikan dengan gambar dan warna yang berbeda.

  • Buat desain sampul buku

Sebuah buku terlihat menarik jika sampulnya juga menarik. Corel banyak digunakan untuk membuat sampul buku, dari sampul gaya desain sederhana hingga kompleks.

  • Buat Ilustrasi

Corel juga sering digunakan untuk membuat ilustrasi, seperti ilustrasi serigala yang mengaum di tengah bulan purnama, dan lain sebagainya.

  • Membuat kartun

Anda bisa berkreasi dengan garis dan kurva untuk membuat karakter imajinatif, seperti di dunia kartun. Anda dapat membuat kartun yang berkaitan dengan plot cerita sehingga nantinya menjadi buku komik untuk dinikmati pembaca.

Program Aplikasi CorelDraw Termasuk Program Aplikasi Editor Grafis Vektor yang banyak manfaatnya untuk desainer grafis.

Sejarah Singkat Corel Draw

Pendiri Corel Corporation adalah Michael Cowpland, lahir pada tanggal 23 April 1943 di Bexhill, Inggris. Dia lulus dengan gelar Bachelor of Engineering dari Imperial University London sebelum pindah ke Kanada dan mendapatkan gelar master dan Ph.D. dari Universitas Carleton, Kanada.

Sebelum mendirikan Corel, Michael Cowpland dan Terry Mathews telah mendirikan perusahaan telekomunikasi bernama Mitel Corporation, yang sangat sukses pada 1970-an dan awal 1980-an.

Namun pada akhirnya ekspansi dan pengembangan perusahaan gagal karena masalah manajemen dan pada tahun 1984 perusahaan tersebut dibeli oleh British Telecom. Tak lama kemudian, Michael Cowpland dan rekannya meninggalkan perusahaan.

Dengan uang segar, Cowpland mencoba peruntungannya lagi dengan mendirikan Laboratorium Penelitian COwpland, atau yang kemudian dikenal dengan Corel. Corel awalnya berfokus pada pengembangan printer laser untuk komputer pribadi.

Sementara itu, bagaimanapun, Corel telah berjuang untuk menerobos pasar yang kompetitif, terutama karena beberapa produsen Asia berani mengeluarkan harga rendah untuk produk yang sebanding.

Perusahaan kemudian mengubah haluan dengan memproduksi perangkat lunak yang mendukung pekerjaan desktop publishing.

Dan pada tahun 1987, Corel mempekerjakan programmer, termasuk Pat Beirne dan Michel Bouillon, untuk mengkompilasi perangkat lunak CorelDraw. 2 tahun kemudian, CorelDraw diperkenalkan pada tahun 1989 dan meledak di pasaran.

Kelebihan dan Kekurangan CorelDraw

Ketika datang ke pro dan kontra, harus ada sesuatu untuk membandingkan. Siapa melawan siapa. CorelDraw sendiri biasanya diletakkan di sebelah Adobe Illustrator (AI) karena memiliki fungsi atau kegunaan yang sama;

1. Kelebihan CorelDraw

Lebih mudah digunakan

Untuk pengguna biasa, tampilan CorelDraw lebih ramah dari AI. Tampilan Coreldraw sederhana dan pengguna mungkin lebih terbiasa karena layout dan warna background mirip dengan MS Word. Sementara itu, kemampuan AI lebih kompleks dan tersembunyi.

  • Format impor dan ekspor benar-benar memadai

Coreldraw memiliki banyak format penyimpanan data untuk mengimpor dan mengekspor data. CorelDraw juga menawarkan format AI, yang berarti bahwa data yang dibuat di CorelDraw juga dapat dibuka di Adobe Illustrator, yang merupakan saingannya. Hal ini tidak terjadi sebaliknya.

  • Resolusi Tinggi

CorelDraw menawarkan resolusi atau kapasitas gambar yang besar, ukuran mulai dari inci, milimeter, sentimeter hingga kilometer. Hal ini membuat software ini cocok digunakan pada industri yang terkadang perlu mencetak gambar dalam skala besar.

  • Pencetakan Mudah

Namun, Corel lebih populer daripada pesaingnya. Ketika Anda mencetak / mencetak gambar pada printer, Corel adalah perangkat lunak yang diinstal pada komputer Anda.

Ini adalah masalah saat mentransfer file dalam format standar Adobe (misalnya) ke printer. Jelas mereka akan menolak dan kita suka atau tidak, kita harus beradaptasi dengan software di komputer mereka.

Selengkapnya daftar kelebihan dan kekurangan CorelDraw dibanding Adobe Illustaror ( AI ).

2. Kekurangan CorelDraw

  • File Besar

Aplikasi ini membutuhkan penggunaan PC dengan spesifikasi mumpuni dan di sektor RAM yang tinggi karena ukuran file mentah yang dihasilkan bisa cukup besar. Apalagi jika desainnya cukup rumit.

  • Susah Membuat Tabel

Karena berbasis vektor, membuat tabel di Corel Draw agak sulit karena membutuhkan beberapa klik untuk mendapatkan hasil tabel yang diinginkan.

  • Ruang warna harus dikoreksi untuk penggunaan profesional

Masalah terbesar yang dihadapi desainer grafis saat menggunakan Corel Draw adalah akurasi warna palet yang disediakan. Tak jarang, warna yang digunakan tidak sesuai dengan hasil cetakan.

Itulah kelebihan dan kekurangan CorelDraw dibandingkan dengan Adobe Illustrator (AI). Silahkan memilih yang cocok bagi Anda.

Perbedaan Photoshop dan CorelDraw

Coreldraw dan Photoshop adalah dua perangkat lunak desain grafis yang banyak digunakan untuk menambahkan elemen visual ke suatu objek. Meskipun keduanya adalah perangkat lunak desain grafis, keduanya memiliki perbedaan. Berikut adalah beberapa;

  1. Corel didirikan pada Januari 1989 oleh Corel. Photoshop didirikan pada Februari 1990 oleh Adobe.
  2. Corel digunakan untuk “membuat” gambar sementara Photoshop digunakan untuk “mengedit” gambar.
  3. Corel digunakan untuk membuat/mengedit grafik vektor (logo, spanduk, gelembung ucapan). Sedangkan Photoshop untuk editing gambar berbasis pixel (fotografi, manipulasi video)
  4. Lapisan Corel dapat berisi banyak objek. Photoshop lapisan dengan salinan satu objek.
  5. Resolusi Corel sama seperti saat Anda memperbesar dan memperkecil. Photoshop akan mengubah resolusi.
  6. Saat digunakan, Corel Draw membebani prosesor. Photoshop cenderung membebani memori dan GPU saat akselerasi GPU diaktifkan.
  7. Corel umumnya digunakan oleh desainer web, desainer grafis, desainer ux. Photoshop terutama digunakan oleh fotografer dan desainer grafis.

Kesimpulan

Sekian artikel singkat tentang program aplikasi CorelDraw termasuk program aplikasi apa? Yaitu editing gambar vektor. Apa yang dimaksud dengan coreldraw, fitur, sejarah, kelebihan dan kekurangan serta perbedaan antara corel draw dan photoshop. Semoga artikel ini bermanfaat.

  • Bagikan