Aplikasi yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Peta Minda Adalah

Aplikasi yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Peta Minda Adalah
Aplikasi yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Peta Minda Adalah

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Peta Minda adalah. Pemetaan pikiran adalah latihan kreatif untuk bertukar pikiran dan menemukan koneksi. Jika digunakan dengan benar, ini bisa menjadi cara yang sangat ampuh untuk menghasilkan ide-ide baru atau menghubungkan ide-ide terkait.

Untuk membuat peta minda, Anda harus mulai dengan menulis ide atau topik sentral di tengah selembar kertas kosong. Kemudian Anda menggambar garis yang bercabang menjadi “simpul” baru. Masing-masing dengan ide atau temanya sendiri. Dari simpul-simpul ini Anda menggambar lebih banyak dan lebih banyak garis yang bercabang lebih dalam ke dalam konsep yang berbeda. Dan Anda terus berjalan, bercabang lebih banyak dan menyelam lebih dalam. Sampai Anda kehabisan ide – dan hubungan antara hal-hal muncul.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Peta Minda adalah

  • Coggle
  • Mindly untuk pemetaan pikiran versi HP
  • MindMup untuk membuat peta pikiran publik
  • MindMeister untuk berkolaborasi dengan tim di peta pikiran

Tentu saja, menggambar peta pikiran di selembar kertas memiliki kelemahan. Anda dibatasi oleh ukuran kertas yang Anda mulai. Tidak ada cara mudah untuk mendigitalkan dan membuatnya dapat dicari. Anda tidak dapat membatalkan kesalahan atau mengedit dengan mudah. Dan jika Anda kehilangan peta pikiran, Anda tidak akan memiliki cadangan. Untuk alasan ini, jika Anda melakukan banyak perencanaan pikiran, Anda harus mempertimbangkan transformasi digital dan menggunakan aplikasi.

Apa yang membuat perangkat lunak pemetaan pikiran hebat?

Bagaimana kami mengevaluasi dan menguji aplikasi

Semua laporan Aplikasi Terbaik ditulis oleh orang-orang yang telah menghabiskan sebagian besar kariernya menggunakan, menguji, dan menulis tentang perangkat lunak. Kami menghabiskan lusinan jam untuk meneliti dan menguji aplikasi, menggunakan setiap aplikasi yang dimaksudkan untuk digunakan dan menilainya berdasarkan kriteria yang kami tetapkan untuk kategori tersebut. Kami tidak pernah membayar penempatan di artikel kami dari aplikasi apa pun atau untuk tautan ke situs mana pun. Kami menghargai kepercayaan yang diberikan pembaca kami kepada kami untuk memberikan peringkat yang andal untuk kategori dan aplikasi yang kami ulas. Untuk detail lebih lanjut tentang proses kami, baca ringkasan lengkap tentang bagaimana aplikasi dipilih untuk ditampilkan di blog kami.

BACA JUGA:   Cara Pakai Background di Zoom HP

Pemetaan pikiran dengan pena dan kertas adalah cara kerja yang intuitif dan alami. Ya, ini memiliki beberapa kelemahan, tetapi agar aplikasi pemetaan pikiran benar-benar lebih baik, itu harus membawa lebih banyak ide ke meja.

Rekomendasi Aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Peta Minda adalah

  • Coggle (web)

Saat Anda memulai diagram Coggle, Anda akan melihat simpul pusat dari peta pikiran baru, bersama dengan tanda tambah yang menarik untuk mulai menambahkan simpul dan ide baru. Setiap kali Anda mengklik tanda plus untuk membuat simpul anak baru, Coggle akan secara otomatis memilih orientasi, posisi, dan warna simpul baru. Tetapi Anda selalu dapat menyeret node untuk mengatur ulang hal-hal dalam format yang sesuai dengan tata letak Anda sedikit lebih baik. Atau Anda dapat mengklik kanan padanya dan memilih Pilih Gaya untuk mengubah warna. Atau Anda bisa menggunakan Awesome plan, gaya font dan ketebalan garis.

Jika Anda lebih suka menggunakan pintasan keyboard selama proses pemetaan pikiran, ada lembar contekan pintasan keyboard di sudut kanan bawah panel. Klik ikon X hijau untuk menyembunyikannya dan ikon tanda tanya hijau untuk mengembalikannya.

Harga Coggle: Gratis hingga tiga grafik pribadi; $5 per bulan untuk bagan khusus tanpa batas dan alat pemetaan pikiran tambahan (seperti bentuk ekstra dan kontrol warna).

Rekomendasi Aplikasi Peta Minda Terbaik untuk HP

  • Mindly (macOS, iOS, Android)

Pemetaan pikiran pada perangkat seluler hadir dengan banyak tantangan khusus. Ukuran layar yang kecil, ketidaknyamanan saat menggulir dan memperbesar, dan masalah membaca yang menyertai semuanya. Namun, berpikir di luar kebiasaan memungkinkan dibuatnya pemetaan pikiran di smartphone — dan sejujurnya, hasilnya sangat menyenangkan.

Seperti kebanyakan peta pikiran, Anda akan mulai dengan simpul pusat, menambahkan teks dan ikon. Dan mengubah warna jika Anda mau. Selanjutnya, saatnya untuk mulai menambahkan ide asosiatif apa pun ke dalam lingkaran di sekitarnya. Untuk melakukannya, klik ikon + di lingkaran luar: Mindly akan secara otomatis membuat simpul baru dan memperbesar untuk memungkinkan Anda fokus pada masalah yang dihadapi. Saat Anda mempelajari sub-ide, Anda akan selalu dapat menemukan jalan kembali ke simpul pusat asli dengan mengetuk lingkaran di sudut kiri atas layar.

BACA JUGA:   Kode Rahasia Samsung untuk Jaringan

Harga : Versi seluler gratis mencakup 3 peta pikiran masing-masing dengan hingga 100 item; $6,99 di iOS dan $5,49 di Android untuk fitur tambahan, termasuk item tak terbatas, kode sandi, dan pencarian; $29,99 untuk macOS.

Rekomendasi Aplikasi Peta Minda Terbaik untuk Membuat Peta Pikiran Publik

  • MindMup (web)

MindMup adalah aplikasi pemetaan pikiran yang mudah digunakan – Anda bahkan tidak memerlukan akun untuk memulai.

Bilah alat / tools di bagian atas menyediakan tautan cepat ke semua kebutuhan pemetaan pikiran dasar Anda. Mulai dari mengubah warna setiap simpul hingga menambahkan teks terperinci dan lampiran file. Tetapi kemampuan untuk mempublikasikan dan membagikan peta pikiran Anda adalah yang membedakan MindMup.

Sementara banyak alat pemetaan pikiran memerlukan setidaknya alamat email, MindMup memungkinkan siapa saja untuk membuat dan menerbitkan peta pikiran publik. Peta pikiran gratis secara otomatis dihapus setelah enam bulan. Tetapi jika Anda menggunakannya untuk sesi brainstorming, inilah triknya. Anda bisa mendaftar atau menyimpan peta pribadi. Tetapi Anda harus membayar $2,99 per bulan untuk MindMup Personal Gold.

Harga MindMup: Gratis untuk peta publik hingga 100KB; Mulai dari $2,99 per bulan untuk MindMup Personal Gold yang mencakup kolaborasi dan peta pribadi yang lebih besar.

Perangkat Lunak Peta Minda Terbaik untuk Kolaborasi Tim

  • MindMeister (Web, iOS, Android)

MindMeister adalah alat canggih yang mencakup segalanya mulai dari pintasan keyboard cepat hingga kemampuan untuk menyematkan video langsung ke dalam kontrak Anda. Fitur kolaborasinya sangat luas: Anda dapat menambahkan anggota tim ke peta pikiran Anda, memilih dan menentang ide, dan meninggalkan komentar.

MindMeister dimiliki oleh orang yang sama yang membuat MeisterTask, aplikasi manajemen proyek bergaya Kanban berbasis web. Kedua alat digabungkan sehingga Anda dapat mengubah sesi curah pendapat Anda menjadi proyek kerja. Bisa juga memetakan item individual ke peta pikiran anggota tim Anda. Juga melacak kemajuan tugas dan menyinkronkan semuanya dengan papan proyek Anda yang lain dalam MeisterTask.

Membuat rekomendasi untuk aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat Peta Minda adalah hal yang tidak terlalu sulit sebenarnya. Dan berdasar percobaan, ada aplikasi dengan kemampuan yang khas yang mungkin Anda perlukan. Semoga bermanfaat.