Program Aplikasi yang Digunakan dalam Pekerjaan Peta Minda Dinamakan

  • Bagikan
program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan
program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan

Program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan. Halaman ini akan menjelaskan cara membuat peta pikiran dan praktik terbaik untuk melakukannya. Kami akan berasumsi bahwa Anda akan menggunakan perangkat lunak pemetaan pikiran alih-alih pena dan kertas.

6 langkah mudah membuat mind map

  • Masukkan topik utama. Mulailah dengan memasukkan topik utama di tengah peta pikiran, misalnya “Ibukota Dunia”.
  • Topik curah pendapat. Buat cabang utama untuk memasukkan tema Anda seperti ‘London’, ‘Paris’, ‘New York’ dan ‘Beijing’. Jangan khawatir tentang urutan topik.
  • Buat subtopik. Bicarakan topik Anda secara mendetail dengan membuat subtopik. Pastikan untuk menggunakan frasa yang sangat pendek atau bahkan kata tunggal.
  • Atur ulang topik. Jika Anda perlu mengatur ulang topik di peta pikiran Anda, sebagian besar perangkat lunak memungkinkan Anda untuk menarik dan melepaskan cabang. Ini akan memungkinkan Anda untuk menyusun topik Anda.
  • Tambahkan foto dan format. Menurut teori pemetaan pikiran, gambar dan warna meningkatkan retensi memori. Anda dapat menggunakan warna dan font yang berbeda dan meletakkan gambar di cabang.
  • Catatan dan penelitian. Catat topik Anda dan file penelitian yang menyertainya – jika perangkat lunak pemetaan pikiran Anda memungkinkan.

Pelajari cara menggunakan peta pikiran dalam bisnis dan pendidikan.

Program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan

Manfaat saat membuat peta pikiran dengan perangkat lunak:

  • Lebih cepat untuk bertukar ide dan memasukkan informasi.
  • Menata ulang cabang dan pemformatan jauh lebih mudah.
  • Jangan kehabisan “ruang”, seperti yang Anda lakukan dengan peta pikiran yang lebih besar di atas kertas.
  • Anda dapat membuat catatan tanpa batas dan melampirkan file.

Beberapa perangkat lunak pemetaan pikiran komersial memungkinkan Anda mengekspor peta pikiran Anda ke Word, PowerPoint, Excel, Project, dll. tanpa memasukkan kembali informasinya.

Kiat untuk perangkat lunak pemetaan pikiran

Apakah Anda ingin mulai membuat peta pikiran? Ada banyak perangkat lunak pemetaan pikiran di pasaran, jadi bagaimana Anda memilihnya? Platform mana yang harus dipilih dan perangkat lunak mana yang terbaik? Sebelum memilih perangkat lunak pemetaan pikiran pilihan Anda, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan, tujuan, dan biaya/manfaat Anda. Berikut adalah beberapa tips perangkat lunak yang mungkin berguna bagi Anda.

Program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan FreeMind

Ini adalah salah satu aplikasinya. Kiat untuk perangkat lunak pemetaan pikiran.Ā Perangkat Lunak Pemetaan Pikiran Gratis.

Ada banyak alat pemetaan pikiran gratis, seperti FreeMind, yang merupakan pilihan bagus jika Anda ingin membuat peta pikiran dasar. Ada juga beberapa alat pemetaan pikiran online berbasis langganan yang memungkinkan pengguna menyimpan peta online untuk berbagi dan berkolaborasi. Bekerja online dapat sedikit merepotkan karena tergantung pada koneksi internet Anda dan beberapa fitur, pintasan, dan kebiasaan akan berbeda dari perangkat lunak desktop tradisional. Namun, perangkat lunak pemetaan pikiran online memudahkan lembaga pendidikan untuk memberikan akses jarak jauh kepada siswa.

Menyimpan peta pikiran yang berisi informasi rahasia atau sensitif secara online dapat menyebabkan beberapa masalah keamanan yang bertentangan dengan kebijakan perusahaan dan kepatuhan terhadap GDPR dan peraturan pendidikan untuk menyimpan data siswa. Harap berhati-hati bahwa beberapa solusi cloud memikat Anda dengan versi dasar yang gratis tetapi mengenakan biaya bulanan untuk fitur-fitur lanjutan yang mungkin Anda perlukan.

Perangkat lunak pemetaan pikiran Gratis

Ada banyak solusi iPad, seluler, dan tablet yang tersedia tetapi belum mencapai tingkat aplikasi desktop dalam hal membuat peta pikiran dasar. Sejauh ikhtisar peta yang bersangkutan, ukuran layar kecil adalah masalah bahkan untuk peta berukuran sedang – pada dasarnya itulah intinya! Ini akan memakan waktu dan latihan untuk menguasai menulis dan menangkap informasi di layar kecil.

Aplikasi pemetaan pikiran bisnis

Jika Anda berencana untuk menggunakan peta pikiran di lingkungan perusahaan, sebagai alat produktivitas, penting untuk mempertimbangkan apa yang memungkinkan perangkat lunak Anda lakukan dengan peta pikiran setelah dibuat. Misalnya, dapatkah Anda mengubah peta pikiran menjadi kerangka di MS Word? Aplikasi desktop profesional biasanya terintegrasi dengan MS Office, memungkinkan Anda untuk terus bekerja dengan ide-ide Anda di dokumen lain tanpa memasukkan kembali data. Anda harus selalu menguji integrasi MS Office Anda dengan benar sebelum memilih alat Anda. Ada variasi yang luas dalam kualitas di antara perangkat lunak pemetaan pikiran yang tersedia di pasar.

Apakah program ini menawarkan beberapa grafik, seperti Top-Down, Kiri-Kanan, Fishbone, Timeline, Outline, Gantt Charts, dll? Seberapa kompleks dan bermanfaat setiap penawaran? Bisakah Anda memindahkan informasi di antara setiap tampilan tanpa kehilangan informasi?

Banyak pengguna perangkat lunak pemetaan pikiran mengandalkan peta pikiran untuk merencanakan proyek di berbagai tingkatan, dari “daftar tugas” sederhana, struktur rincian pekerjaan, atau bagan Gantt lengkap. Alat perangkat lunak pemetaan pikiran profesional seperti MindView memungkinkan Anda menambahkan informasi penting ke peta dan memiliki tampilan bagan Gantt bawaan.

Berikut adalah daftar periksa yang berguna saat mengevaluasi perangkat lunak pemetaan pikiran:

  • Kemudahan penggunaan
  • Lihat dan rasakan
  • Berbagai template tersedia
  • Jumlah bagan yang berbeda (peta pikiran, atas ke bawah, kiri ke kanan, garis besar, garis waktu, bagan Gantt, dll.)
  • Integrasi dengan MS Office (Impor/Ekspor ke Word, PowerPoint, Excel, Outlook dan Proyek)
  • Bagikan file dengan lampiran
  • Menangani informasi tugas dan aturan manajemen proyek
  • Opsi kolaborasi termasuk ruang kerja bersama dan pengeditan multi-pengguna.

Inilah artikel tentang program aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan peta minda dinamakan sebagai FreeMind atau alikasi lainnya. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan