Bagaimana Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDraw

  • Bagikan
Bagaimana Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDraw
Bagaimana Cara Mengexport Gambar Melalui Aplikasi CorelDraw

Bagaimana cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDraw dalam berbagai format? Ingin menggunakan file dari Corel untuk digunakan di aplikasi grafis lain?

Seringkali pengguna perlu menggunakan desain yang dibuat dengan CorelDRAW dalam aplikasi yang tidak mengenali file DRAW (.CDR). Di sini kita perlu mengekspor desain dari file DRAW dalam format yang dapat dibaca atau dikenali oleh aplikasi desain lain. Ini seperti memiliki penerjemah menerjemahkan informasi dalam file DRAW ke dalam format yang dapat dibaca ke dalam aplikasi lain.

Pengguna perlu memilih atau mengetahui format mana yang dapat dibaca oleh aplikasi lain dan mengekspor desain dari CorelDRAW dalam format tersebut. Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin harus memberikan informasi tambahan tergantung pada format file yang dipilih untuk ekspor.

Bagaimana cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDraw

Inilah cara mengekspor gambar dari CorelDraw secara umum.

Metode 1

Langkah 1. Buka file CorelDRAW dan aktifkan halaman yang berisi objek yang ingin Anda ekspor.

Langkah 2. Pilih Ekspor dari menu File. (File > Export) Ini akan memunculkan dialog ekspor.

Langkah 3. Pilih jenis format file yang ingin Anda ekspor sebagai JPG, TIFF, BMP, EPS dll. Berikan jalur dan nama untuk file yang diekspor.

Langkah 4

  1. a) Untuk mengekspor seluruh halaman – pastikan ‘Hanya yang dipilih’ tidak dicentang.
  2. b) Untuk mengekspor hanya sebagian dari desain atau beberapa elemen dari halaman – pastikan objek yang diperlukan dari desain dipilih dan centang kotak ‘Hanya yang dipilih’

Langkah 5

Klik tombol “Ekspor”. Ini akan memunculkan kotak dialog. Isi dalam kotak dialog bergantung pada jenis file yang Anda pilih untuk diekspor sebagai . Masukkan informasi sesuai kebutuhan Anda di kotak dialog. Pengaturan dan nilai ‘terakhir digunakan’ biasanya dipertahankan oleh DRAW. Bagaimana cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDraw selanjutnya.

Langkah 6, Klik Oke.

Catatan: Dialog tambahan mungkin muncul jika ada informasi tambahan yang diperlukan untuk ekspor. Terutama saat mengekspor ke .JPG, sebuah kotak ditampilkan di mana pengguna perlu memberikan pengaturan kompresi untuk file sumber.

Metode kedua

CorelDRAW hadir dengan konverter file makro bawaan. Macro adalah program yang mengotomatisasi tugas. Keuntungan menggunakan makro ini adalah pengguna dapat mengonversi sekumpulan file tanpa membuka file tersebut di CorelDRAW. Makro ini juga mendukung dan memungkinkan konversi beberapa format file selain CorelDRAW.

Langkah 1. Jalankan makro bawaan. (Alat > Makro > Jalankan Makro). Pada versi CorelDRAW sebelum X4 (Tools > Visual Basic > Run). Pilih makro File Converter dari daftar Macros In dan klik Run

Langkah 2. Pilih folder yang diinginkan berisi file yang akan dikonversi. Pilih file yang akan dikonversi dan tambahkan ke daftar file yang dipilih. Klik Oke.

Langkah 3. Atur folder tujuan untuk file yang dikonversi dan isi informasi lainnya sesuai persyaratan dan klik OK.

Setelah bagaimana cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDraw, kini cara import gambar ke Corel Draw.

Cara Impor file ke CorelDraw

Kami dapat mengimpor banyak file yang dibuat dalam beberapa aplikasi lain. Kami dapat mengimpor Adobe PDF (Portable Document Format), AI (Adobe Illustrator), atau JPEG. Kita dapat mengimpor file apa saja dan juga meletakkannya di jendela aplikasi (aktif) sebagai objek. Kami dapat memusatkan file apa pun dan mengubah ukurannya selama impor kami.

File yang diimpor ini menjadi bagian aktif dari file. Kami juga dapat mengimpor bitmap sebagai gambar yang ditautkan (secara eksternal). Jika kita mengimpor bitmap yang ditautkan, banyak modifikasi pada file eksternal (asli) akan diperbarui di dalam file yang diimpor ini secara otomatis.

Kami dapat menerapkan pengaturan di halaman kode jika kami mengimpor file apa pun dari versi lama untuk memastikan bahwa catatan, kata kunci, dan nama objek yang disimpan dengan file ditampilkan secara akurat.

1. Cara mengimpor gambar ke CorelDraw ke dalam gambar aktif

  1. Klik File > Impor. CorelDRAW: Ekspor dan impor file
  1. Pilih folder tempat file disimpan.
  1. Pilih format file melalui kotak daftar di dekat kotak nama file. Jika kami tidak tahu format file mana, pilih semua format file.
  1. Klik pada nama file.
  1. Klik tombol Impor dan lakukan tugas berikut:

Klik pada halaman gambar untuk mempertahankan posisi dan dimensi file di bagian kiri atas tempat kita mengklik.

Klik entri di tengah file di atas halaman gambar.

Seret ke atas halaman gambar untuk mengubah ukuran file.

Spasi untuk menempatkan file pada posisi yang sama di mana file itu berada di file AI dan CDR (asli).

2. Untuk mengimpor bitmap sebagai gambar yang ditautkan (secara eksternal)

Cara mengimpor gambar ke CorelDraw tetapi melalui tautan.

  1. Klik File > Import
  2. Pilih folder tempat gambar disimpan.
  3. Pilih format file melalui kotak daftar di dekat kotak nama file. Jika kami tidak tahu format file mana, pilih semua format file.
  4. Klik pada nama file.
  5. Tekan panah di dekat tombol, yaitu Impor, lalu tekan Sampel Ulang dan Unggah.
  6. Ketik nilai ke dalam kotak di bawah ini di dalam dialog Resample image:
  7. Tinggi: Menjelaskan tinggi gambar dalam satuan ukuran tertentu atau sebagai rasio aspek aslinya. Lebar: Menjelaskan lebar grafik dalam satuan ukuran tertentu atau sebagai persentase dari lebar aslinya.
  8. Tulis nilai di dalam kotak di bawah ini di dalam area keputusan: Vertikal: Kami dapat menggambarkan resolusi vertikal grafik dalam poin atau piksel per inci. Horizontal: Kami dapat menggambarkan resolusi horizontal gambar dalam poin atau piksel per inci.

Inilah artikel tentang bagaimana cara mengexport gambar melalui aplikasi CorelDraw, semoga bermanfaat.

  • Bagikan