Salah Satu Aplikasi Proxy Server Pada Sistem Operasi Linux Adalah

Salah Satu Aplikasi Proxy Server Pada Sistem Operasi Linux Adalah
Salah Satu Aplikasi Proxy Server Pada Sistem Operasi Linux Adalah

Salah satu aplikasi proxy server pada sistem operasi Linux adalah Squid. Apa itu proxy server, fungsi dan cara kerjanya?. Ada beberapa proses yang penting untuk diketahui saat mengakses internet, yaitu proxy. Prosy ini berfungsi sebagai perantara transfer data antara server dengan user. Server proxy ini bisa memberikan keamanan lebih karena bisa memberikan fungsi sebagai filter data.

Salah satu aplikasi proxy server pada sistem operasi Linux adalah

Software Squid.

Namun sebelum anda mengenal aplikasi proxy server linux, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu apa itu proxy server. Baca lebih lanjut tentang server proxy di bawah ini.

Tentang server proxy

Ketika Anda log in ke internet, pernahkah Anda membayangkan perlindungan data seperti apa yang digunakan?

Padahal ada banyak pencurian data saat ini menggunakan internet. Untuk alasan ini, sangat penting untuk menggunakan server proxy untuk mengakses Internet.

Jadi apa sebenarnya server proxy itu? Server proxy adalah program komputer yang dapat bertindak seperti komputer lain untuk meminta konten dari intranet atau Internet.

Server proxy digunakan untuk memantau dan menghubungkan aktivitas lalu lintas paket data yang digunakan.

Artinya dengan adanya proxy server, setiap aplikasi server yang ada dapat dikenali dan dipantau langsung oleh proxy server.

Jadi bagaimana sebenarnya proxy itu bekerja? Anda dapat membaca di bawah ini cara kerjanya.

Bagaimana cara kerja server proxy linux?

Kami akan membahas server proxy tidak sebatas untuk Linux. Tetapi adalah pengertian server proxy secara umum.

Seperti dijelaskan di atas, server proxy memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan komputer ke Internet.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa cara kerja program ini adalah bahwa pengguna menggunakan layanan di proxy. Kemudian proxy itu meminta data di server publik atau di Internet.

Dari sana, proxy akan meneruskan permintaan yang telah dibuat ke Internet. Artinya, dengan membuat server seolah-olah membuat permintaan.

Jika pengguna telah menerima permintaan yang diinginkan, proxy juga akan memberikan balasan kepada pengguna. Ini dilakukan seolah-olah proxy menjadi server publik.

Dari penjelasan cara kerja proxy di atas, dapat disimpulkan bahwa proxy server dapat menyembunyikan identitas alamat IP suatu perusahaan atau individu.

BACA JUGA:   HP yang RAM nya Besar

Fitur Server Proksi

Sebuah proxy server tentunya memiliki fitur yang sangat mendukung pengguna yang menggunakannya. Untuk penggunaan pribadi, biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi server proxy.

Salah satu aplikasi proxy server pada sistem operasi Linux adalah Squid. Tapi apa fungsi dari proxy server itu sendiri? Setidaknya ada tiga fungsi utama dari proxy server yang bisa Anda capai.

  • Menyaring / Filtering

Filtering adalah fitur firewall atau filter paket yang dapat Anda gunakan untuk melindungi jaringan lokal Anda jika terjadi serangan atau kegagalan jaringan jarak jauh.

Dengan cara ini nanti Anda dapat mengonfigurasi penolakan situs web tertentu.

  • Connection Sharing

Fungsi koneksi ini menentukan gateway yang digunakan sebagai batas antara jaringan jarak jauh dan jaringan lokal. Gateway ini sendiri bertindak sebagai titik pada beberapa koneksi pengguna lokal.

Setelah itu koneksi bisa langsung terkoneksi dan koneksi jaringan eksternal juga bisa langsung terkoneksi.

Artinya koneksi LAN ke Internet dapat menggunakan koneksi gateway secara bersamaan atau lebih dikenal dengan connection sharing.

Ini berarti bahwa server proxy mungkin menemukan mekanisme yang dapat menyimpan objek tertentu. Objek mana yang merupakan permintaan langsung dari pengguna dari internet.

Proxy server sendiri memiliki beberapa jenis aplikasi yang bisa anda gunakan. Tentu saja, dengan menggunakan aplikasi proxy lebih memudahkan untuk mendapatkan fungsi dari server proxy itu sendiri. Salah satu aplikasinya adalah sebagai berikut.

Pilihan salah satu aplikasi proxy server pada sistem operasi Linux adalah

Software Squid.

Setelah mengetahui berbagai penjelasan tentang apa itu proxy server di atas, Anda pasti ingin tahu aplikasi proxy server mana yang saat ini bisa digunakan.

Squid adalah aplikasi server proxy di OS Linux, Anda dapat menggunakan aplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Untuk menggunakan aplikasi ini sendiri, Anda perlu melakukan dua hal yang sangat penting. Yaitu instalasi dan konfigurasi (tuning). Kemudian Anda dapat menggunakan proxy dengan Squid yang memiliki dua fungsi sekaligus. Itu berarti:

Ini adalah layanan yang dapat digunakan untuk keamanan tingkat lanjut untuk administrator jaringan dengan menggunakan dan menggunakan layanan server proxy.

Ini adalah layanan yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan log koneksi aplikasi klien per situs web.

Dua fitur sebelumnya memungkinkan Anda untuk menggunakan proxy dengan Squid pada mesin spesifikasi tinggi. Dengan cara ini, layanan yang berbeda dapat bekerja secara optimal ketika digunakan.

Bagaimana cara kerja server proxy linux? Anda tahu definisi dari Squid Proxy Server?

Squid adalah nama yang agak aneh untuk perangkat lunak proxy. Jika kata kunci Anda di Google hanya menggunakan kata ‘cumi-cumi’, biasanya akan muncul informasi tentang cumi-cumi. Jadi anda perlu menambahkan kata tambahan seperti “software squid” atau “proxy squid” jika ingin mencari informasi tentang software ini.

BACA JUGA:   Spek HP Samsung A10

Awalnya nama asli software ini bukanlah Squid, melainkan Harvest Object Cache yang merupakan bagian dari proyek Harvest yang didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA). Dalam perkembangannya diambil dua arah yang berbeda. Salah satunya untuk tujuan komersial dan disebut NetCache, dan yang lainnya adalah Squid, yang gratis. Squid versi 1.0.0 dirilis pada Juli 1996.

1. Apakah Squid itu?

Squid adalah perangkat lunak berlisensi di bawah GNU General Public License yang digunakan untuk proxy web dan untuk menyimpan cache web. Lisensi memungkinkan siapa saja untuk mengunduh, menggunakan, mempelajari, memodifikasi, dan mendistribusikan kode sumber Squid.

Sebagai proxy antara server web dan klien web, setiap permintaan dari klien diteruskan oleh Squid ke server dan konten atau objek apa pun dari server dikirimkan ke klien oleh Squid. Sementara itu, sebagai web cache store, ketika Squid mengirimkan konten ke klien, konten tersebut juga di-cache.

Setiap kali klien mengirim permintaan untuk mengakses konten yang sama seperti sebelumnya, konten yang dikirim ke klien adalah konten yang sudah di-cache, jadi tidak perlu mengambilnya dari server.

2. Cara kerja Squid

Cara kerja ini dapat meningkatkan waktu respons secara signifikan, sehingga pelanggan dapat mengakses konten lebih cepat dari biasanya. Menggunakan cache juga bisa mengosongkan bandwidth sehingga penggunaan bandwidth bisa lebih hemat.

Squid dapat digunakan sebagai forward proxy dan reverse proxy. Forward Proxy adalah untuk kepentingan klien sedangkan proxy terbalik adalah untuk kepentingan server web.

Contoh sederhana menggunakan forward proxy adalah menyembunyikan alamat IP klien dan mengunjungi situs web yang diblokir pemerintah. Contoh ini menunjukkan bahwa proxy forward digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Di sisi lain, reverse proxy dapat bertindak sebagai pertahanan server web terhadap serangan DDoS, untuk meringankan beban server dari penyeimbangan beban dan hal-hal lain yang terkait dengan kepentingan server.

Squid juga dapat digunakan sebagai forced proxy, proxy yang meneruskan setiap permintaan ke server proxy tanpa harus mengelola komputer satu per satu. Proxy ini disebut juga dengan “forced proxy” karena sifatnya yang dipaksakan. Semua koneksi yang ingin menghubungi web server harus melalui proxy.