Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah

Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah
Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah

Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah perangkat lunak. Penggunaan media elektronik khususnya komputer atau smartphone mengalami peningkatan yang signifikan. Dimana faktor utama yang mempengaruhi pengguna untuk menggunakan perangkat tersebut adalah dari segi informasi dan komunikasi yang efektif. Untuk mengendalikan kedua faktor tersebut, sebuah perangkat jelas membutuhkan sistem operasi.

Sistem operasi atau operating system (OS) menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan karena berperan penting dalam mengatur setiap aktivitas pada perangkat komputasi. Yaitu berkaitan erat dengan penggunaan perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan fitur-fitur lainnya.

Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas penggunaan sistem operasi dalam kehidupan sehari-hari. Beserta komponen-komponennya dan cara kerjanya. Sehingga informasi yang diperoleh dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang hubungan antara OS dan aktivitas manusia itu sendiri.

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian umum sistem operasi adalah sistem perangkat lunak yang mampu mengelola sumber daya (resources) perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat berfungsi dengan baik dan memudahkan proses interaksi dengan pengguna atau user (brainware).

Jika kita analogikan secara sederhana, hubungan antara sistem operasi dan komputer ibarat kendaraan bermotor dan bahan bakar. Dimana, tanpa bahan bakar, kendaraan bermotor tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hal yang sama berlaku untuk sistem operasi, di mana Anda tidak dapat menggunakan perangkat komputasi jika sistem operasi tidak ada. Dan sebaliknya, jika Anda memiliki  sistem operasi dan tanpa komputer, itu menjadi tidak berguna.

Pengertian sistem operasi kurang lebih adalah perangkat lunak untuk menjalankan perangkat keras supaya bisa berfungsi sesuai tujuan pembuatannya.

Sejarah Sistem Operasi

Kemudian berdiskusi tentang sejarah awal terciptanya sistem operasi yang dapat mendukung proses perangkat komputasi secara sistematis dan terstruktur.

1. Generasi pertama (1945-1955)

Pada generasi pertama inilah awal mula terciptanya perangkat komputasi elektronik yang dapat menggantikan peran sistem komputer mekanis. Hal ini dikarenakan kecepatan orang dalam menghitung dan mengingat informasi sangat terbatas, sehingga sering melakukan kesalahan.

Oleh karen a itu, pada generasi ini dibentuk sistem komputer yang menerima perintah atau instruksi agar dapat melakukan suatu tugas tertentu secara langsung dan cepat.

2.Generasi kedua (1955-1965)

Pada generasi kedua ini, memperkenalkan ide baru yang disebut Batch Processing System, pekerjaan yang dilakukan secara real time secara berurutan. Generasi ini tidak menggunakan sistem operasi khusus, tetapi masih menggunakan fungsi sistem operasi IBSYS dan FMS.

BACA JUGA:   Kelola Akun Google Anda

3. Generasi Ketiga (1965-1980)

Generasi berikutnya sedang menuju perkembangan yang cukup maju, menggunakan sistem operasi untuk kebutuhan banyak pengguna yang berkomunikasi secara online pada saat yang bersamaan. Jadi sangat mendukung proses multi-user dan multiprogramming (banyak program sekaligus).

4.Generasi Keempat (1980-sekarang)

Pada generasi keempat, fitur dan fungsionalitas sistem operasi jauh lebih kompleks daripada di era sebelumnya. GUI (Graphical User Interface) menjadi keunggulan utama untuk memberikan pengalaman yang lebih baik dengan proses interaksi yang lebih sederhana.

Suatu Sistem Operasi dan aplikasi dari suatu komputer disebut dengan istilah perangkat lunak. Dan telah dikenal dan dikembangkan sejak tahun 1945.

Fitur Sistem Operasi

Setidaknya ada empat fungsi utama sistem operasi untuk memenuhi kebutuhan setiap resource proses yang ada.

1. Manajemen Memori

Manajemen memori dibagi menjadi dua poin utama, yaitu memori utama dan memori disk. Dimana memori utama menjadi prioritas penyimpanan, seperti RAM. Memori utama adalah ruang penyimpanan yang dapat diakses langsung dari CPU.

2. Manajer Perangkat

Sistem operasi juga memiliki fungsi untuk mengatur komunikasi antar perangkat melalui masing-masing driver. Untuk alat yang perannya untuk mengelola, ini adalah I/O Controller.

3. Manajer File

Fungsi ketiga, sistem operasi, juga dapat digunakan untuk mengkonfigurasi dokumen end-to-end, mengelola kebutuhan rinci setiap informasi. Kemudian kelola lokasi, fungsionalitas sistem, dan fitur lainnya.

Tahap konfigurasi disebut sistem file dan biasanya ditempatkan di direktori pencarian untuk kemudahan penggunaan.

4. Manajemen Prosesor

Fungsi sistem operasi yang terakhir adalah untuk mendukung proses multiprogramming untuk menentukan fase mana yang digunakan prosesor dalam periode waktu tertentu.

Selanjutnya, pengertian sistem operasi berdasarkan komponennya.

Komponen Sistem Operasi

Berikut adalah beberapa komponen utama dari sistem operasi, termasuk yang berikut:

1. Berkas

Ini adalah file yang dibentuk atau dieksekusi oleh sistem operasi.

2. Kernel

Kernel adalah perangkat lunak yang membentuk sistem dan memiliki tugas untuk mengoperasikan berbagai program aplikasi dengan cara yang aman dan sederhana.

3. Antarmuka Pengguna

Sistem operasi memiliki karakteristik antarmuka yang memungkinkan interaksi antara pengguna dan komputer.

Jenis Sistem Operasi dan Aplikasi dari Suatu Komputer Disebut dengan Istilah

Jadi masuk ke pembahasan jenis-jenis sistem operasi berdasarkan cara kerjanya.

1. Sistem Operasi Batch

Yang pertama adalah Batch OS, jenis sistem operasi yang dapat menggabungkan banyak tugas sehingga dapat diselesaikan lebih cepat dan tidak rumit untuk digunakan.

2. OS Terdistribusi

Tipe kedua menggunakan prosesor yang berbeda pada mesin yang berbeda untuk memfasilitasi perhitungan, yang kemudian akan diberikan kepada pengguna dengan cepat dan akurat.

3. OS Seluler

Ketiga adalah sistem operasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan perangkat mobile. Apakah Anda tahu Android dan iOS? Tentunya kedua platform tersebut merupakan sistem operasi yang dibuat khusus untuk kebutuhan aplikasi mobile.

4 .Multitasking / Waktu – Berbagi OS

BACA JUGA:   HP Oppo yang Ada Slow Motion

Menggunakan sistem multitasking, setiap pengguna dapat mengerjakan banyak tugas pada perangkat CPU yang sama secara bersamaan.

5. Sistem Operasi Jaringan

Saat menggunakan jaringan (network), sistem operasi juga berperan sebagai pengatur data, keamanan, pengguna dan fungsi dari jaringan itu sendiri.

6. Sistem operasi real time

Fungsi terakhir adalah sistem operasi real-time, dimana interval atau jarak antara waktu pemrosesan dan respon input kecil.

Pengertian Sistem Operasi dan Cara Kerjanya

Setelah mempelajari beberapa hal tentang sistem operasi, mari kita bahas secara singkat cara kerja sistem operasi. Baik Windows, Linux atau Mac OS tentu memiliki paradigma yang berbeda, namun kita akan membahas beberapa hal untuk memberikan dasar-dasar mengenai fungsionalitas sebuah sistem operasi.

Pada tahap pertama, sistem operasi dimuat ke komputer menggunakan launcher. di mana proses booting dilakukan saat PC atau perangkat lain dihidupkan. Kemudian sistem operasi bertanggung jawab untuk mengelola dan mengendalikan setiap program aplikasi pada perangkat yang digunakan.

Aplikasi akan melakukan request ke API (Application Programming Interface) sehingga pengguna tidak perlu mengetahui bagian mana dari software yang digunakan. Tugas sistem operasi adalah mengeksekusi berbagai instruksi yang dijalankan oleh pengguna. Oleh karena itu, tentunya tujuan utama dari sebuah sistem operasi adalah untuk mempermudah proses pengguna untuk menggunakan aplikasi secara efektif dan efisien.

Sistem operasi saat ini

Sistem operasi utama yang digunakan oleh komputer generik (termasuk PC, komputer pribadi) dibagi menjadi 3 kelompok besar:

  1. Sistem Microsoft Windows – termasuk Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98 dan Windows ME) dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000 , Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada 2009, Windows 8 yang dirilis pada Oktober 2012) dan Last Windows, Windows 10 (rilis pada Juli 2015))) .
  2. Sistem Unix menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, Zeath OS (berdasarkan kernel Linux yang dimodifikasi). MacOS/X (berdasarkan BSD yang dimodifikasi ). kernel, yang dikenal sebagai nama Darwin) dan GNU/Hurd.
  3. Sistem Mac OS adalah sistem operasi untuk komputer Apple, biasa disebut sebagai Mac atau Macintosh. Sistem operasi terbaru adalah Mac OS X versi 10.15 (Catalina).

Meskipun komputer Mainframe dan Superkomputer menggunakan banyak sistem operasi yang berbeda, mereka umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll.

Kesimpulan Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi adalah sistem yang mampu menghubungkan perangkat lunak yang berbeda dengan kebutuhan perangkat keras untuk memfasilitasi interaksi pengguna di komputer.

Berbagai jenis sistem operasi digunakan dalam proses implementasi tergantung pada operasinya.

Anda dapat memilih dan menentukan sistem operasi yang paling sesuai dengan bisnis dan kebutuhan bisnis Anda.