NFC Pada HP Adalah
NFC Pada HP Adalah

NFC Pada HP Adalah

NFC pada HP adalah. Semua smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi NFC. Disadari atau tidak, mungkin saja ponsel Anda sedang menggunakan NFC saat ini. Namun jangan khawatir – NFC menggunakan daya baterai dan daya pemrosesan minimal sambil menawarkan sejumlah fitur yang meningkatkan fungsionalitas perangkat Anda.

NFC pada HP adalah

Meskipun banyak digunakan dalam aplikasi pembayaran dan transfer data peer-to-peer, NFC memiliki banyak aplikasi yang dapat membuat hidup Anda lebih mudah. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya kemampuan NFC ponsel Anda.

Definisi NFC pada HP adalah

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, dan memungkinkan ponsel, tablet, laptop, dan perangkat lain untuk dengan mudah berbagi data dengan perangkat berkemampuan NFC lainnya. NFC berevolusi dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID). RFID berada di balik kartu pemeriksaan keamanan yang membawa Anda ke kantor setiap hari atau melewati pintu tol dalam perjalanan pagi Anda.

NFC sangat mirip dengan RFID, tetapi NFC terbatas pada komunikasi hingga sekitar 4 inci, itulah sebabnya Anda harus memegang ponsel di dekat pembaca nirsentuh jika Anda menggunakan Apple Pay atau Samsung Pay. Kebanyakan orang menganggap bandwidth kecil NFC sebagai keuntungan keamanan utama, dan inilah salah satu alasan mengapa NFC muncul sebagai alternatif yang aman untuk kartu kredit. Namun, teknik ini dapat digunakan lebih dari sekadar membeli kopi di Starbucks. NFC juga dapat mentransfer data seperti video, informasi kontak, dan foto antara dua perangkat berkemampuan NFC.

Bagaimana cara kerja NFC?

Tidak seperti Bluetooth, NFC tidak memerlukan pemasangan manual atau deteksi perangkat untuk mentransfer data. Koneksi NFC dimulai secara otomatis saat perangkat NFC lain berada dalam kisaran 4 inci yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah dalam jangkauan, kedua perangkat langsung berkomunikasi dan mengirim petunjuk ke pengguna. Tercantum di bawah ini adalah beberapa cara utama kami benar-benar menggunakan NFC antar perangkat.

1. Pembayaran seluler

Saat kami secara bertahap beralih ke dunia tanpa uang tunai, pembayaran seluler telah menjadi metode transaksi yang populer. Berkat kolaborasi perbankan dan bioteknologi yang terpasang di sebagian besar ponsel cerdas modern, membuat pembayaran seluler menjadi aman dan nyaman. Menempatkan ponsel cerdas Anda 4 inci dari pembaca nirsentuh di toko akan menunjukkan dompet digital atau buku tabungan Anda dan meminta Anda untuk mengonfirmasi pembayaran. Dengan Apple Pay, itu berarti menempatkan jari Anda di tombol Utama, yang memiliki fungsi Touch ID, atau menekan dua kali tombol Daya untuk memindai wajah Anda dengan ID Wajah. Ini juga berfungsi dengan Google Pay dan Samsung Pay.

Secara umum, salah satu fungsi NFC pada HP adalah untuk pembayaran digital dan komunikasi jarak dekat.

2. Berbagi antar perangkat Android

Android Beam, teknologi yang sekarang tidak digunakan lagi, diperkenalkan di Android 4.0 (Ice Cream Sandwich), yang memungkinkan perangkat Android hampir berbagi konten. Ketika dua perangkat berkemampuan NFC masuk ke dalam jangkauan, sebuah prompt muncul menanyakan apakah Anda ingin “mengirim” konten seperti video, informasi kontak, atau foto di layar ke perangkat Android lainnya. Tetapi fitur tersebut kurang dikenal dan tidak berfungsi dengan baik, sehingga Google menghentikannya dengan Android 10 pada 2019. Google mengganti Beam pada 2020 dengan Nearby Share, yang merupakan pesaing AirDrop Apple. Nearby Share berfungsi dengan Android dan Chrome OS, memungkinkan data ditransfer melalui Bluetooth dan Wi-Fi. Nearby Share memungkinkan Anda memilih antara Bluetooth, Bluetooth Hemat Energi, WebRTC, Wi-Fi peer-to-peer, dan memilih siapa yang dapat melihat ponsel Anda dalam daftar mereka.

Chip NFC

Tag pasif tidak memerlukan daya dan dapat diprogram dengan aplikasi seperti Tasker untuk melakukan tugas tertentu saat dipindai. Misalnya, Anda dapat meletakkannya di meja, dan dengan pemindaian tag cepat, Anda dapat menyetel ponsel agar bergetar, menonaktifkan GPS, atau hanya mengaktifkan notifikasi terkait pekerjaan, di antara opsi lainnya. Tag pasif tidak terhubung ke perangkat pasif lainnya dan tidak memproses data dari sumber eksternal. Perangkat NFC aktif, seperti smartphone, dapat mengirim dan menerima data dan berkomunikasi dengan perangkat aktif dan pasif.

Jadi, perangkat NFC pada HP adalah perangkat aktif.

Perangkat apa saja yang dilengkapi dengan teknologi NFC?

Daftar perangkat yang dilengkapi NFC terus bertambah setiap hari. Untuk melacak perangkat yang memanfaatkan teknologi NFC, NFC World menyimpan daftar terbaru dari sebagian besar ponsel berkemampuan NFC. Banyak perangkat Android memiliki NFC, dan setiap iPhone sejak iPhone 6 mengemas fitur ini.

1. Setiap iPhone sejak iPhone 6

Launch Center Pro untuk iPad telah dihentikan, dan versi iOS sekarang mendukung iPhone dan iPad. Untuk analisis lengkap semua perangkat Apple berkemampuan NFC dan batasannya terkait Apple Pay, lihat halaman Dukungan Apple.

2. Setiap perangkat yang menjalankan Android 4.0 dan yang lebih baru

Jika perangkat Anda menjalankan Android 4.4 atau lebih baru, Anda dapat menggunakan Google Pay. Jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda juga dapat menggunakan Samsung Pay.

Ponsel Android yang menjalankan Android 4.4 hingga Android 9.0 juga dapat menggunakan Android Beam untuk mengirim pesan atau bertukar file. Anda dapat menyampaikan banyak informasi kepada orang lain, seperti video YouTube, informasi kontak, halaman web tertentu, dan banyak lagi. Untuk memulai Android Beam, cukup buka pengaturan ponsel Anda. Untuk Samsung Galaxy S10, buka Pengaturan > Koneksi > NFC & Pembayaran. Dari sana, pilih NFC, gulir dan ketuk Android Beam. Saat menggunakan fitur pancaran, sebaiknya letakkan ponsel Anda di dekat perangkat lain yang dilengkapi NFC. Akan muncul notifikasi yang meminta Anda untuk mengonfirmasi apakah Anda ingin terhubung ke perangkat yang terdeteksi.

Penggunaan NFC pada HP adalah bisa digunakan HP Android generasi 4.0 keatas. Tetapi, memang HP lama jarang memiliki fiturnya.

3. Apa lagi yang bisa dilakukan NFC?

NFC mampu melakukan banyak fungsi tap-and-go – dompet digital seperti Apple Pay, Google Pay, dan Samsung Pay hanya mencakup sebagian kecil dari kemampuannya. Pecinta musik dapat dengan cepat menghubungkan perangkat mereka ke speaker melalui NFC, dan Anda juga dapat masuk ke komputer kantor dengan tap ponsel, membuka pintu mobil, atau melacak statistik kesehatan dan kebugaran Anda.

Teknologi ini sedang dalam proses “menjadi sarana transportasi umum”. – Anda dapat memindai smartphone berkemampuan NFC di beberapa bus atau menggunakannya untuk membayar tol. Anda dapat menambahkan uang ke bus atau kereta metro langsung melalui aplikasi, memastikan Anda selalu memiliki uang di kartu Anda. Teknologi ini mampu mendukung kartu member dan kartu pelajar. Terakhir, ada juga kemungkinan menanamkan chip NFC di tubuh Anda.

Jelas, Anda dapat menggunakan tag NFC untuk berbagai aktivitas. Salah satu cara untuk mempelajari lebih lanjut tentang teknologi ini adalah dengan mempertimbangkan untuk membuat gerbang NFC untuk memberi pengunjung akses ke jaringan Wi-Fi rumah Anda.

Jadi, definisi NFC pada HP adalah perangkat komunikasi jarak dekat yang cara kerjanya mirip Bluetooth. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …