Cara Uninstal Aplikasi di Laptop

  • Bagikan
Cara Uninstal Aplikasi di Laptop
Cara Uninstal Aplikasi di Laptop

Cara uninstal aplikasi di laptop. Mudah, praktis dengan 3 cara ini. Cara uninstall aplikasi di laptop – Menggunakan aplikasi saat ini untuk di install di laptop atau komputer, tentunya untuk menunjang kebutuhan atau menunjang pekerjaan kita.

Namun selain aplikasi untuk menunjang pekerjaan, ada kalanya kita juga perlu menginstal aplikasi hiburan seperti aplikasi game, musik dan lain sebagainya di laptop.

Namun jika terlalu banyak aplikasi yang terinstall di laptop pasti akan mempengaruhi kinerja laptop atau komputer tersebut. Untuk menghindarinya, periksa aplikasi mana yang tidak terlalu dibutuhkan dan segera hapus aplikasi tersebut.

Cara uninstal aplikasi di laptop

Bagaimana cara uninstall aplikasi di komputer atau laptop dengan benar? Bagi yang sudah tahu mungkin tidak terlalu sulit.

Namun bagi yang belum tahu, melakukan kesalahan saat menguninstall aplikasi di laptop bisa menyebabkan error pada sistem operasi laptop. Untuk itu simak langkah-langkah cara uninstall aplikasi yang benar di laptop pada penjelasan di bawah ini:

Cara copot pemasangan aplikasi di laptop Windows 7,8,10

Tentu saja menghapus aplikasi atau program yang terinstal di laptop tidak sama dengan menghapus dokumen atau file yang ada di drive laptop.

Hapus aplikasi di laptop dengan cara mencopot pemasangannya. Baik di Windows 7, 8, 10 sebenarnya hampir sama, berikut cara-caranya:

1. Melalui Control Panel

Cara pertama uninstal aplikasi di laptop adalah melalui Control Panel. Dengan cara ini, semua file pendukung di folder aplikasi dari disk laptop akan hilang.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik “Start”. Letaknya yang di kiri bawah di layar paling depan. Lalu pilih “Control Panell”
  2. Kemudian akan terbuka jendela “Control Panel” > Pilih “Program”> dan klik “Uninstall a program”
  3. Setelah mengklik ‘Uninstall a program’, jendela ‘Programs and Features’ baru akan terbuka. Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Setelah dipilih, klik Hapus/Ubah. Tunggu hingga proses uninstall selesai.

Ini adalah pilihan yang tepat untuk mencopot pemasangan aplikasi dengan Control Panel. Dengan tips di atas, caranya cukup mudah bukan? Beberapa aplikasi atau program akan meminta Windows untuk reboot setelah uninstall.

2. Dari menu Start

Langkah kedua adalah melalui menu Start, cari folder aplikasi untuk uninstall. Tapi ada beberapa aplikasi yang terinstall, ada link Uninstall di start menu.

Langkah ini berbeda dengan cara uninstal aplikasi di laptop yang menggunakan Control Panel. Untuk menghapus instalan aplikasi dari menu Start, ikuti langkah-langkahnya:

Klik “Start”> Klik “All Program”> lalu klik folder “Programs” untuk menghapus instalasi

Kemudian masuk ke subfolder program untuk uninstall, akan ada link uninstall aplikasi.

Setelah itu, tunggu hingga proses selesai.

Atau, jika dibuat urutan dengan nomor:

  1. Klik ‘Start’ pilih folder ‘All Programs’.
  2. Setelah masuk ke menu All Programs, pilih program yang ingin di-uninstall dan masuk ke submenu program menuju link uninstal program.
  3. Tunggu hingga bilah progres pencopotan pemasangan aplikasi selesai.

Jadi menguninstall aplikasi dari Start Menu, cukup simple dan praktis. Namun, beberapa aplikasi di menu mulai tidak memiliki pintasan uninstall, dalam hal ini caranya kembali melalui Control Panel.

3. Dengan aplikasi Revo Uninstaller

Berbeda dengan dua cara uninstal aplikasi di laptop sebelumnya. Pada cara ketiga ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu menggunakan aplikasi Revo Uninstaller. Jika ada aplikasi di laptop kamu yang sulit untuk dihapus, kamu bisa mencoba program ini

Aplikasi Revo Uninstaller dapat ditemukan di situs resmi revouninstaller.com dan jika Anda ingin mencobanya, tersedia versi gratis, baik yang full maupun yang portable.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan Revo Uninstaller:

  1. Setelah berhasil mendownload aplikasi, buka aplikasi tersebut.
  2. Kemudian pilih aplikasi yang ingin di-uninstall, lalu klik icon ‘Uninstall’ dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Menggunakan Revo Uninstaller cukup simple dan praktis, dan bisa remove atau uninstall aplikasi di laptop hingga bersih di root.

Jadi inilah tiga cara uninstall aplikasi di laptop. Gunakan metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Selanjutnya:

Tips jika 3 cara uninstal aplikasi di laptop diatas gagal atau sulit

Jika Anda mengalami masalah saat mencopot pemasangan program Windows, periksa kembali apakah program tidak sedang berjalan di latar belakang, program tidak sedang terbuka. Atau tidak berjalan / hang. Jadi lihat beberapa tips di bawah ini untuk menghapus program Windows yang tidak dapat di-uninstall.

1. Nyalakan kembali / Restart komputer Anda

Program atau aplikasi yang berjalan di latar belakang (meskipun tidak terlihat di Task Manager) bisa membuat sebuah program sulit dihapus. Solusinya adalah dengan me-restart komputer Anda agar program tidak berjalan di latar belakang. Setelah memulai ulang, coba hapus instalan program lagi. Dalam beberapa kasus , terjadi program yang tidak dapat dihapus bahkan setelah pembaruan sistem atau program. Ini lebih umum dengan aplikasi dari Microsoft, tetapi juga memungkinkan untuk aplikasi pihak ketiga (bukan dari Microsoft).

Saya sendiri pernah mengalami hal serupa. Setelah pembaruan Windows, ada program yang ingin saya hapus. Saya sebelumnya telah membuka dan menutup program. Kemudian saya mencoba untuk menghapus program, tetapi tidak berhasil. Komputer saya restart kemudian saya mencoba menghapus program lagi dan berhasil dihapus.

2. Gunakan Task Manager

Tips selanjutnya, cek apakah program masih berjalan di background atau tidak melalui Task Manager. Jika Anda masih melihat Running, hentikan program dengan mengklik End Task. Untuk ini, Anda dapat melihat tab Proses.

  1. Klik kanan pada taskbar » pilih Task Manager.
  2. Atau Anda mungkin mengetik Task Manager ke menu Start Windows.
  3. Jadi pastikan program yang ingin Anda hapus tidak berjalan di latar belakang.
  4. Pilih program » klik End Task untuk menghentikan program.
  5. Setelah ini, kembali ke fungsi Add or Remove Program.
  6. Coba hapus instalan program yang ingin Anda hapus lagi.

Tunggu hingga selesai.

3. Aktifkan Mode Aman Windows

Tips cara uninstal aplikasi di laptop selanjutnya jika program sulit dihapus.

Coba aktifkan fitur Safe Mode untuk memulai Windows di Safe Mode. Cara ini juga cukup efektif untuk menguninstall program. Sulit untuk menghapus program dapat disebabkan oleh beberapa proses kecil yang sulit untuk dideteksi. Untuk mengaktifkan Safe Mode, buka Pengaturan Sistem.

  1. Masuk ke mode Run dengan menekan Windows + R.
  2. Ketik msconfig dan Enter/OK, nanti Anda akan masuk ke fungsi konfigurasi sistem.
  3. Pilih tab Boot, lalu centang bagian Secure Boot dan pilih Minimal.
  4. Klik Terapkan dan OK.
  5. Kemudian restart PC/laptop Windows Anda.
  6. Setelah membuka Windows Safe Boot, hapus program yang Anda inginkan menggunakan Add or Remove Program seperti biasa.
  7. Setelah program dihapus, buka Konfigurasi Sistem lagi dan nonaktifkan Boot Aman dan kembali ke layar Windows seperti sebelumnya.

Penutup

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada banyak cara uninstal aplikasi di laptop Windows yang bisa Anda pilih dan lakukan. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah, Anda dapat memilih untuk meng-uninstall aplikasi dari menu Start. Cukup klik pada menu Start, klik kanan pada aplikasi yang ingin Anda uninstall dan kemudian klik Uninstall untuk menghapus aplikasi dari sistem Anda. Jika aplikasi tidak ada di Start Menu, Anda dapat membuka Control Panel untuk melihat daftar aplikasi yang terinstal. Dan jika Anda kesulitan menguninstall aplikasi, pastikan aplikasi tidak berjalan di latar belakang, tidak sedang terbuka dan tidak sedang terbuka tapi tidak berjalan / hang. Buka Task Manager di Windows untuk memeriksa.

Itulah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk meng-uninstall program di Windows 10, 8, dan 7. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang cara mencopot pemasangan program Windows, tulis di kolom komentar. Terima kasih dan semoga berhasil!

  • Bagikan