Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7 Tuntas

  • Bagikan
Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Windows 7
Cara Menghapus Aplikasi Di Laptop Windows 7

Cara menghapus aplikasi di laptop windows 7 tuntas. Laptop dalam kapasitas besar sekalipun, pasti akan penuh dan melambat kinerjanya jika diisi dengan begitu banyak program dan aplikasi. Termasuk juga laptop yang menggunakan windows 7 di dalamnya. Sehingga jika ada aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan, baik itu untuk jenis aplikasi yang hanya berukuran kecil-kecil. Aapalagi untuk aplikasi yang berukuran cukup besar, maka perlu sesegera mungkin untuk dihapus. Tentu agar tak membuat kapasitas laptop menjadi penuh dan lalu mengganggu performanya. Namun cara menghapusnya juga jangan sembarangan agar tak menyisakan file-file yang tak lagi diperlukan tapi belum bisa ikut terhapus dengan file utama program aplikasinya. Lalu menjad file sampah sisa yang tak lagi dipakai dan hanya menambah berat kerja laptop saja.

Cara menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7

Berikut ini ialah cara menghapus aplikasi di laptop Windows 7.

  • Cara Pertama

Cara hapus atau uninstall aplikasi di laptop yang menggunakan windows 7 yang pertama ini cukup mudah, dan bisa diterapkan pada semua laptop yang menggunakan windows versi apa saja. Perlu diketahui bahwa seluruh software yang yang diinstall pada laptop akan tercantum pada daftar list Program and Featured. Sehingga lewat menu Program and Featured ini maka bisa dengan lebih mudah memilih aplikasi yang akan di hapus atau uninstall. Berikut ini langkah caranya.

  1. Buka menu Control Panel melalui menu Start Menu.
  2. Lalu sesudah menu Control Panel terbuka, kemudian klik menu Programs.
  3. Hingga terlihat cukup banyak pilihan menu setting, guna melakukan uninstall program maka pilih menu Programs and Features.
  4. Selanjutnya pilihlah software yang akan di hapus atau uninstall lalu klik menu Uninstall. Bisa juga langsung dengan melakukan klik 2 kali pada software yang ingin hendak dihapus atau uninstall.
  5. Lalu ikuti petunjuk Uninstall dari menu program tersebut.
  • Cara Kedua uninstall aplikasi di Windows 7

  1. Cara hapus atau uninstall aplikasi di Windows 7 berikutnya ialah seperti ini.
  2. Buka Start Menu 
  3. Lalu klik menu All Programs.
  4. Selanjutnya buka folder dari aplikasi yang ingin dihapus atau uninstall
  5. Hingga muncul shortcut untuk melakukan uninstall aplikasi.
  6. Kemudian ikuti panduan yang muncul guna melakukan penghapusan atau uninstallasi masing-masing aplikasi.
  • Cara Ketiga Uninstall aplikasi di Windows 7

Meski mungkin agak sulit namun ada cara lain untuk hapus atau Uninstall aplikasi di Windows 7. Kesulitannya ialah karena harus mengetahui letak file uninstaller dari aplikasi yang hendak dihapus tersebut. Selanjutnya tinggal mengikuti cara menghapus aplikasi di laptop Windows 7 / panduan guna melakukan uninstallasi sesuai dengan petunjuk dari tiap aplikasi yang hendak dihapus tersebut.

  • Cara Keempat

Sedangkan cara yang keempat ini sebenarnya dijamin akan bisa lebih tuntas menghapus suatu program aplikasi berikut dengan file-file bawaannya. Terdapat penginstal Windows yakni instalasi dan layanan konfigurasi untuk OS Windows. Program ini akan memastikan bahwa program yang telah terpasang atau terinstal bisa dihapus dengan mudah dan tuntas dari sistem windows 7. Caranya ialah hanya perlu dengan menghapus folder aplikasi yang hendak dihapus guna melakukan delete aplikasi tersebut secara total. Perlu diketahui bahwa suatu aplikasi bisa saja meninggalkan banyak file serta entri data meskipun file utama aplikasinya telah dihapus. Sehingga sisa file-file tersebut akan mengancam stabilitas sistem. Oleh karenanya ikuti langkah cara sebagai berikut jika hendak menghapus aplikasi dari laptop yang terpasang windows 7. 

  1. Bisa gunakan program penghapusan instalasi yang sudah disediakan oleh Windows 7 dengan cara klik pada ikon windows 7 windows. 
  2. Lalu pada panel kanan, lakukan klik pada panel kontrol. 
  3. Kemudian pada bagian bawah program lakukan klik menu hapus instalasi program  maka Windows akan mendatanya dengan penginstal Windows. 
  4. Selanjutnya pilih aplikasi yang hendak dihapus instalasinya dengan cara Klik pada bagian atas di menu hapus atau ubah.
  5. Lalu pada menu kotak pesan berikutnya, lakukan konfirmasi proses Hapus instalasi dengan cara melakukan klik pada opsi menu ya.  
  6. Kemudian Windows pun akan mulai melakukan proses uninstall aplikasi di Windows 7 yang telah terpasang dan tidak digunakan atau diperlukan. 
  7. Lalu jika berhasil dan telah selesai, maka akan muncul pesan status, yang harus dikonfirmasi dengan cara memilih opsi menu OK. 

Itulah cara untuk memghapus aplikasi yang telah terpasang dan tak diperlukan lagi pada suatu laptop yang menggunakan OS Windows 7.

  • Bagikan