Fungsi VGA Pada Laptop Dan Tips Memilih VGA

Fungsi VGA Pada Laptop
Fungsi VGA Pada Laptop

Fungsi VGA pada laptop dan cara memilihnya. VGA merupakan salah satu komponen yang ada di dalam laptop maupun perangkat PC. Meski begitu masih ada beberapa orang yang tak tahu fungsi VGA pada laptop maupun perangkat PC. Tentunya sangat penting sekali informasi terkait fungsi dari VGA pada laptop maupun PC.

Fungsi VGA pada Laptop

Menjadi salah satu komponen wajib ada dalam pc maupun laptop membuat keberadaan dari VGA begitu penting sekali. Meski begitu masih ada beberapa orang yang tak begitu tahu tentang apa sebenarnya fungsi VGA pada laptop maupun PC.

Untuk itu, berikut merupakan beberapa fungsi dari VGA laptop maupun PC yang bisa anda baca secara langsung.

  1. Sebagai media penyimpanan data dari komponen Hardisk.
  2. Sebagai media penerjemah output yang diproses untuk monitor.
  3. Sebagai media pengubah sinyal digital menjadi tampilan pada layar laptop maupun monitor PC.
  4. Sebagai sistem suplai data untuk prosesor.
  5. Sebagai media gambar atau media untuk game.
  6. Mampu memberikan kualitas gambar yang lebih baik.
  7. Sebagai media pemrosesan grafis yang akan ditampilkan pada layar monitor.

Tips memilih VGA

Kemajuan teknologi juga berimbas pada perkembangan VGA. Saat ini banyak sekali komponen VGA dengan merk dan kelebihan masing-masing yang dijual bebas secara online maupun konvensional. Tentunya anda sebagai calon pemilik komponen tersebut juga harus mengerti bagaimana sih cara memilih VGA dengan baik dan benar.

BACA JUGA:   Cara SS di Laptop HP

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika akan memilih VGA untuk laptop maupun PC.

Tips Memilih VGA sesuai dengan kebutuhan

Hal pertama yang wajib anda lakukan adalah melakukan pemilihan VGA sesuai dengan budget dan kebutuhan. Sebab dengan berbagai macam merk dan benefit yang ditawarkan oleh VGA, tentunya anda juga akan semakin dipermudah dalam proses pemilihan.

Sebagai contohnya adalah ketika anda ingin memiliki VGA yang mampu membuat tampilan game begitu real di PC maupun laptop. Maka dua merek terbesar seperti Nvidia geforce dan VGA AMD Radeon adalah pilihan yang bisa anda gunakan. Fungsi VGA pada laptop dari kedua merk diatas sudah sangat teruji.

Keduanya memiliki berbagai macam keunggulan, kekurangan, dan harga yang berbeda. Lebih baik melihat spesifikasi yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kebutuhan yang benar-benar anda butuhkan. Dengan begitu proses pemilihan VGA juga akan lebih mudah.

Spesifikasi software

Berikutnya terletak pada bagian software yang akan anda jalankan. Setiap software seperti game miliki spesifikasi minimum penggunaan VGA. Anda bisa menggunakan batas minimum spesifikasi tersebut untuk memilih VGA yang akan dibeli.

Perhatikan bagian motherboard dan layar

Berikutnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap compatible motherboard dan layar. Sebab setiap motherboard memiliki dukungan VGA yang berbeda antara satu sama lain. Tentunya informasi terkait dengan motherboard begitu penting sekali.

BACA JUGA:   11 hal perlu diketahui di Microsoft Store Windows 11

Selanjutnya pada bagian layar, pastikan bagian layar ini berguna untuk proses dukungan resolusi terbaik.

GPU

GPU pada VGA juga sangat penting diperhatikan. Fungsi dari GPU pada VGA sendiri merupakan sebagai media pengolahan data grafis. Tentunya semakin tinggi kualitas dari VGA, maka semakin baik pula kualitas dari GPU yang ditawarkan.

Tips Memilih VGA  berdasar Core yang ditawarkan

Selanjutnya anda bisa memperhatikan bagian core. Core speed pada VGA begitu penting, sebab Core Speed ini adalah kecepatan yang diberikan oleh GPU ketika sedang dijalankan. Lalu untuk satuan kecepatan bisanya adalah Mhz atau ghz.

 Memory

Jenis memory adalah salah satu hal yang mempengaruhi fungsi VGA pada laptop. Maka dari itu perhatikan dengan betul memory yang ada di dalam laptop maupun PC. Biasanya memory ini dibagi menjadi dua tipe yaitu DDR dan GDDR.

TDP

Terakhir pada bagian TDP atau secara mudahnya daya listrik dan panas yang diberikan kinerja VGA tersebut. Semakin tinggi TDP maka daya panas dan hasil yang diberikan juga terbilang tak akan mengecewakan.

Informasi terkait dengan fungsi VGA pada laptop maupun perangkat PC sudah dijelaskan di atas. Tak hanya itu saja, tips atau cara memilih VGA juga sudah bisa anda baca pada poin sebelumnya. Hal ini akan lebih mempermudah anda ketika akan melakukan pemilihan VGA pada laptop maupun perangkat PC.