Bisnis  

Protokol Internet Untuk Transfer Data

Protokol Internet Untuk Transfer Data
Protokol Internet Untuk Transfer Data

Protokol internet untuk transfer data handal. Ketika mendengar mengenai salah satu elemen penting sebagai salah satu protokol internet untuk transfer data, Anda tentunya akan langsung menunjuk FTP (File Transfer Protocol). Elemen ini sebagai perangkat pendukung kelancaran proses pemindahan data / file, bukan? Ya, seperti yang kita ketahui bersama bahwa FTP ini banyak digunakan oleh semua pengguna sebagai salah satu media pendukung dalam menyambungkan perangkat komputer ke server internet. 

Cari Tahu Tips Menggunakan FTP Sebagai Protokol Internet Untuk Transfer Data

Meskipun telah umum dijadikan sebagai perangkat penting dalam kehidupan sehari – hari, siapa sangka jika masih ada sebagian orang yang mungkin asing dalam menggunakan perangkat FTP tersebut. Oleh karena itu, di artikel kali ini akan diulas lebih lanjut mengenai FTP dan tips menggunakannya di perangkat komputer. 

Definisi tentang FTP

Secara umum, FTP (File Transfer Protocol) dikenal luas oleh para pengguna sebagai sebuah protokol internet yang dapat memudahkan dalam proses melakukan transfer. Atau file / berkas antar server melalui suatu jaringan dengan koneksi TCP.  Atau lebih dikenal dengan koneksi jaringan internet. Istilah FTP ini mungkin sangat umum untuk dikenal orang – orang yang memang berkecimpung di dunia informasi teknologi.

BACA JUGA:   Lacak Nomor HP Telkomsel

Hal ini wajar mengingat kebanyakan dari mereka mengenal lebih jauh bahwa FTP ini merupakan salah satu protokol internet untuk transfer data tts yang paling umum dipakai. Biasanya digunakan untuk melakukan pertukaran file data. Terlebih lagi, melakukan transfer file melalui FTP ini dikatakan jauh lebih mudah bila dibandingkan dengan menggunakan perangkat lainnya. Menariknya lagi, para pengguna bahkan bisa melakukan pertukaran file data dari jarak jauh.

Kelebihan FTP Sebagai Protokol Internet Untuk Transfer Data

Dari definisi di atas, Anda tentu sudah mengetahui bahwa salah satu kelebihan yang ditawarkan dari perangkat FTP ini yakni dapat melakukan proses transfer data dengan mudah dan cepat. Namun, siapa sangka jika ternyata perangkat pendukung di komputer ini memberikan berbagai kelebihan yang ditawarkan bagi para penggunanya. Beberapa kelebihan dari protokol FTP ini antara lain sebagai berikut:

  • Dapat melakukan transfer data berskala besar

Dengan menggunakan bantuan FTP, maka pengguna nantinya akan lebih mudah dalam melakukan transfer file data berukuran besar hingga ratusan gigabytes (GB) dengan proses yang mudah dan cepat. 

  • Proses pertukaran data jauh lebih efisien 

Kelebihan lain yang ditawarkan perangkat FTP ini yakni Anda juga dapat mengirimkan beragam file data dari sejumlah folder dalam satu waktu sekaligus. 

  • Tersedianya fitur pemulihan 

Sebagai protokol internet untuk transfer data, FTP ini juga memiliki fitur backup otomatis yang mampu meminimalisir terjadinya hal – hal yang tidak diinginkan pengguna.

  • Sebagai perangkat multitasking 

Beberapa kelebihan lain dari FTP yakni dapat dipakai untuk menerima / mengunduh file data dari perangkat media lain.

  • Bisa melakukan pertukaran data tanpa hambatan  

Adanya fitur resume di dalamnya, membuat pengguna tidak perlu khawatir jika koneksi internet Anda hilang ketika terjadi proses pertukaran data.

  • Hadir dengan fitur scheduling 

Dengan banyaknya FTP client software yang kini hadir dengan dilengkapi fitur scheduling. Maka, akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatur jadwal transfer. Hal ini tentu saja akan sangat membantu pengguna agar tidak merasa terganggu dari segi alur kerja maupun hari liburnya, bukan?

BACA JUGA:   Cara Daftar Paket Internet Gojek Telkomsel

Tips Menggunakan FTP dalam proses transfer data?

Setelah mengetahui sedikit penjelasan mengenai definisi hingga beberapa kelebihan dari FTP, kini saatnya bagi Anda untuk tahu tentang tips mudah dalam menggunakan perangkat pendukung pertukaran data tersebut. Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan FTP tersebut yakni sebagai berikut :

  1. Pertama, Anda gunakan web browser dengan menuliskan alamat ftp://ftp.namadomain.com. Usahakan, Anda  mengubah namadomain.com dengan URL website Anda.  
  2. Setelah itu, Anda manfaatkan command prompt (Windows) dan terminal (Mac/Linux). 
  3. Kemudian, disini Anda gunakan FTP clients software pihak ketiga seperti FileZilla.
  4. Jika proses install FileZilla telah selesai dan terpasang di perangkat komputer, maka selanjutnya Anda bisa melakukan proses pertukaran file data sesuai keinginan. 

Demikianlah ulasan menarik bagi Anda mengenai cara mudah menggunakan perangkat protokol internet untuk transfer data FTP di komputer beserta dengan kelebihan yang ditawarkannya bagi pengguna.