Cara Join Google Meet Di Laptop Untuk Rapat

  • Bagikan
Cara Join Google Meet Di Laptop Untuk Rapat
Cara Join Google Meet Di Laptop Untuk Rapat

Cara Join Google Meet di Laptop dan HP untuk Menikmati Semua Fiturnya

Cara join google meet di laptop termudah. Google menyediakan fasilitas untuk rapat online dengan nama Google Meet untuk berbagai kepentingan. Akses bisa dilakukan dengan menggunakan handphone maupun perangkat komputer atau laptop. Hanya dengan koneksi internet, pengguna bisa melakukan cara gabung google meet di laptop maupun handphone.

Join Google Meet Melalui Komputer Atau Laptop

Menggunakan Google Meet dengan laptop atau komputer sangatlah mudah tanpa harus mengunduh aplikasi. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Ketik Google Meet pada kolom pencarian di Google kemudian login atau buat akun.
  2. Atau bisa dengan masuk ke halaman awal Google. Klik tanda titik 9 di pojok kanan atas di samping foto profil akun Google. Pilih dan klik pada pilihan Meet.
  3. Klik Rapat baru untuk memulai meeting. Ada 3 pilihan untuk memulai, yaitu Mulai rapat instan, Buat rapat untuk nanti, serta Jadwalkan di Google Kalender. Akan ada link rapat yang bisa dibagikan untuk peserta.
  4. Untuk memasuki rapat klik pada kolom Masukkan kode atau link kemudian masukkan link rapat.
  5. Klik Gabung jika link sudah benar untuk cara join google meet di laptop
  6. Untuk membuat ruang meeting atau mengikuti meeting tentu akan memerlukan kamera dan mic. Akan ada notifikasi otomatis yang muncul dari Google untuk mengaktifkan kamera dan mic ketika memasuki meeting.

Cara Menggunakan Google Meet di HP

Selain dengan perangkat komputer atau laptop, pengguna dapat menggunakan Google Meet melalui perangkat ponsel pintar dengan cara berikut ini.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Google Meet pada ponsel.
  2. Masukkan akun yang ada atau buat akun jika belum memilikinya.
  3. Berikan izin untuk mengaktifkan kamera dan mic agar meeting berjalan lancar.
  4. Untuk membuka ruang meeting, klik ikon tambah di bagian pojok kanan bawah dan pilih New Video Call. Untuk menambah peserta, host bisa mengirimkan link melalui nomor HP atau email pihak yang bersangkutan.
  5. Untuk mengikuti ruang meeting yang sudah ada klik pada kolom Meeting code dan masukkan link atau kode meeting.
  6. Klik Join untuk mengikuti meeting sesuai dengan kode yang sudah dimasukkan.

Fitur Gratis Cara join Google Meet di Laptop

Dengan mengikuti cara bergabung google meet di laptop maka peserta mendapatkan fitur gratis untuk rapat online berikut ini.

  1. Meeting tanpa batas dengan Google Meet

Google Meet tidak hanya bermanfaat untuk rapat kerja secara online, malinkan untuk sekolah atau berdiskusi dengan rekan. Versi gratis Google Meet memungkinkan 100 peserta dapat mengikuti pertemuan online. Keamanan semua peserta akan terjaga hanya dengan login ke akun Google saat mengikuti meeting.

  1. Subtitle otomatis

Fitur gratis lain dari Google Meet adalah adanya subtitle yang muncul otomatis dengan bantuan teknologi pengenalan ucapan Google. Untuk mengaktifkannya, klik tanda tiga titik untuk memunculkan pilihan mengaktifkan subtitle. Namun, subtitle hanya tersedia dalam bahasa Inggris.

  1. Kontrol bebas bagi peserta dan host

Cara join google meet di laptop, peserta dan host dapat memasang pin, menonaktifkan mic, hingga menghapus peserta jika diperlukan. Host atau peserta tidak dapat mengaktifkan mic milik peserta lain. Untuk kepentingan sekolah online hanya host yang bisa mematikan mic atau menghapus peserta dari pertemuan.

  1. Akses dari berbagai perangkat

Pengguna Google Meet dapat menggunakan komputer desktop, laptop, Android, iPhone, hingga iPad. Dengan laptop atau komputer pengguna tidak perlu download google meet di laptop. Pengguna ponsel atau iPad dapat mengakses meeting di berbagai tempat yang nyaman.

  1. Cara join google meet di laptop dengan berbagi layar dan bertukar pesan

Terdapat fitur membagikan presentasi atau mengerjakan persoalan dengan menyajikan semua layar atau jendela aplikasi. Rapat akan lebih interaktif dengan fitur live messaging selama panggilan berlangsung. Ikon chat akan memungkinkan pembagian file, link, dan pesan lain.

  1. Integrasi dengan aplikasi lain

Google Meet memiliki integrasi dengan aplikasi Google dan Microsoft Office. Mengikuti rapat akan lebih mudah dengan bergabung langsung melalui Gmail atau Google Kalender. Bagi pengguna Microsoft Office dapat melihat rapat pada kalender Microsoft Outlook.

Cara join google meet di laptop ataupun ponsel pintar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, apapun itu perangkat untuk join Google Meet, pasti akan memberikan manfaat yang sangat berguna. Selain fitur gratis di atas, masih banyak fitur lanjutan yang ada pada Google Meet.

  • Bagikan