Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

  • Bagikan
Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul
Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul. Kenapa notifikasi WhatsApp hanya muncul jika kita membuka WA saja? Jadi, saat biasa notifikasinya tidak muncul. Kalau ada pesan, tidak bisa langsung terlihat. Hal ini menyulitkan jika kita menunggu pesan penting dari rekan kerja atau atasan.

Alasan Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

WhatsApp mungkin memiliki beberapa jenis bug yang dapat mencegahnya menerima pesan hingga aplikasi dibuka. Kesalahan dapat disebabkan oleh masalah dari beberapa hal. Misalnya pengaturan telepon, fungsi hemat baterai. Kegagalan koneksi internet atau aplikasi yang seharusnya meningkatkan kinerja Android ternyata juga dapat menunda penerimaan notifikasi.

Solusi Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Dalam daftar di bawah ini, kami menawarkan 5 tips untuk mengatasi masalah WhatsApp tidak menerima pesan. Atau diterima hanya saat aplikasi dibuka. Anda dapat mencoba beberapa solusi untuk mengubah pengaturan ponsel cerdas. Seharusnya sih, cukup untuk memperbaiki kerusakan.

1. Periksa apakah ponsel dalam mode penghemat baterai

Ponsel terbaru biasanya dilengkapi dengan pengaturan hemat baterai yang diaktifkan di pabrik untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel saat tingkat daya rendah. Namun, fitur tersebut dapat memblokir beberapa fungsi telepon, seperti aktivitas aplikasi latar belakang atau bahkan menonaktifkan koneksi internet.

Jika terblokir oleh setting diatas, cara menampilkan notifikasi WhatsApp kembali adalah dengan menghilangkan mode hemat baterai.

Saat WhatsApp berhenti bekerja di latar belakang, maka tidak akan bisa mengirimkan notifikasi saat ditutup. Sehingga pengguna hanya bisa melihat pesan baru saat aplikasi dibuka. Karena itu, penting untuk memeriksa apakah mode hemat daya diaktifkan. Jika demikian, idenya adalah menonaktifkan fitur hemat daya untuk mencoba memperbaiki masalah.

Untuk melakukan ini, buka pengaturan telepon dan sentuh tab “Baterai”. Kemudian temukan opsi “Penghemat Baterai” dan pilih. Dari sana, Anda dapat melihat apakah fitur tersebut diaktifkan, sehingga Anda dapat mematikan opsi tersebut.

2. Periksa apakah WhatsApp tidak disetel untuk mematikan latar belakang

Alasan kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul adalah karena tidak bisa bekerja di latar belakang. Sebagai cara untuk memperpanjang masa pakai baterai, biasanya Android menangguhkan aktivitas aplikasi yang berjalan di latar belakang. Oleh karena itu, ada keterlambatan dalam menerima notifikasi WhatsApp saat mengatur aplikasi untuk mengoptimalkan baterai smartphone.

Namun, dimungkinkan untuk memodifikasi fitur ini di pengaturan telepon. Dan Anda dapat memilih aplikasi mana yang ingin Anda “optimalkan” dan “tidak dioptimalkan”. Fungsi-fungsi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan “optimasi” Anda dapat memperpanjang penggunaan baterai HP. Tetapi sebagai akibatnya, memblokir fungsi aplikasi di latar belakang.

Dan dengan “tidak mengoptimalkan” baterai ponsel dapat terkuras lebih cepat, tetapi aplikasi akan terus berfungsi secara normal.

3. Aktifkan penggunaan data latar belakang untuk WhatsApp

Cara menampilkan notifikasi WhatsApp adalah membiarkan WA memberi notifikasi di latar belakang. Jadi, saat WA tidak dibuka, WA tetap aktif dan memberi notifikasi.

WhatsApp juga dapat menghentikan pengiriman notifikasi saat berada di latar belakang karena tidak memiliki koneksi Wi-Fi yang stabil. Jadi mengaktifkan penggunaan data seluler latar belakang juga penting untuk menjaga aplikasi tetap berjalan meskipun tidak dibuka. Dengan cara ini, notifikasi akan terus muncul secara real time untuk Anda.

Untuk melakukan ini, buka pengaturan perangkat dan ketuk opsi “Aplikasi”. Kemudian cari WhatsApp dan buka messenger. Di bawah “Data seluler dan Wi-Fi”, ketuk tombol di samping “Data latar belakang” untuk mengaktifkan fitur tersebut.

4. Nyalakan ulang telepon

Terkadang, memulai ulang perangkat sudah cukup untuk memperbaiki masalah. Mungkin juga notifikasi tidak datang karena koneksi internet yang buruk. Dalam hal ini, disarankan untuk memeriksa apakah Wi-Fi terhubung atau apakah data seluler aktif. Anda juga perlu bertukar kontak dengan yang lain dan memeriksa apakah mereka berfungsi dengan melakukan pencarian web, misalnya. Kemudian matikan ponsel. Tunggu 30 detik, dan hidupkan kembali ponsel untuk melihat apakah masalahnya sudah teratasi.

Restart HP memungkinkan HP mengatur ulang sistem dan penyimpanan lebih optimal. Jadi, bisa menyelesaikan masalah cara menampilkan notifikasi WhatsApp.

5. Copot pemasangan aplikasi untuk optimasi HP

Aplikasi pengoptimalan kinerja memberikan preferensi pada masa pakai baterai dan berjanji untuk meningkatkan otonomi Android. Tetapi, aplikasi semacam ini bisa memaksa aplikasi yang berjalan di latar belakang untuk berhenti. Dengan mencegah WhatsApp terus bekerja saat ditutup, aplikasi jenis ini juga mencegah notifikasi masuk saat WA tidak dibuka.

Untuk mencopot pemasangan aplikasi di Android, buka pengaturan ponsel Anda dan ketuk Aplikasi. Temukan aplikasi peningkatan kinerja yang telah Anda instal dan ketuk ikonnya. Kemudian ketuk Copot pemasangan. Nyalakan ulang perangkat dan periksa apakah masalahnya telah teratasi.

Kesimpulan Kenapa Notifikasi WhatsApp Tidak Muncul

Jadi, ada alasan notifikasi WA gagal ditampilkan. Yang utama, adalah karena terhambat untuk memunculkannya. Bisa karena terhambat jaringan internet, bisa karena setting yang tidak memungkinkan. Atau, karena diblokir oleh aplikasi lain.

Jadi, dengan mengetahui sebabnya, kita akan lebih mudah untuk mengatasi masalahnya.

  • Bagikan