Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai
Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai. Cara memperbaiki masalah baterai HP yang boros.

Apakah Kamu mau tingkatkan masa gunakan baterai ponsel pintar Kamu? Berikut merupakan sebagian panduan buat Kamu.

Fashion getar bisa menghabiskan baterai. Memakannya dikala Kamu tidak membutuhkannya sesungguhnya bisa mengirit masa gunakan baterai.

Fashion getar bisa menghabiskan baterai. Mematikannya dikala tidak diperlukan sesungguhnya dapat mengirit masa gunakan baterai.( Pixabay)

Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

Kala Kamu memutuskan buat membeli telepon baru. Kamu mengecek seluruh perihal berarti semacam prosesor terkini, kamera HD. suara yang bagus, masa gunakan baterai yang lama… Tunggu! Sudahkah Kamu membeli ponsel dengan opsi baterai terbaik. namun baterai ternyata cepat habis? Yah, itu terjalin.

Tetapi, smartphone sudah tumbuh pesat dalam sebagian tahun terakhir di nyaris seluruh perihal. Ada di HP tercantum masa gunakan baterai. Tidak hanya itu, teknologi baru sudah meningkatkan sebagian fitur hebat semacam pengisian kilat. Yang sangat tingkatkan waktu pengiriman untuk pengguna.

Apalagi, Kamu tidak hendak lagi memandang orang menyeret power bank sebab smartphone mereka mempunyai Kerutinan mati di tengah hari. Untungnya, hari- hari itu telah berakhir, namun tentu terdapat sebagian permasalahan yang menimbulkan baterai ponsel lebh cepat habis apalagi saat ini.

Cara mengirit penggunaan baterai HP

Tetapi senantiasa saja, dimensi layar besar, banyak sensor, serta tipe superior dari prosesor baterai ponsel Kamu. Pemecahan tentu masih jauh. Namun terdapat metode buat mengirit masa gunakan baterai serta buatnya lebih baik dari tadinya. Berikut merupakan sebagian tip serta trik buat memperoleh hasil optimal dari baterai Kamu.

Berikut adalah cara memperbaiki masa pakai baterai ponsel Anda untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda

  • Mematikan getaran

Getaran menghabiskan lebih banyak baterai daripada panggilan suara. Anda mungkin ingin menyimpan getaran saat mengetik atau menerima pemberitahuan untuk pesan atau panggilan. Tapi itu mengkonsumsi sejumlah kecil daya baterai. Cara yang salah dapat sangat meningkatkan masa pakai baterai ponsel cerdas Anda.

  • Wallpaper hitam

Yang terbaik dari semuanya, wallpaper hitam dapat menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas Anda! Anda dapat menghemat masa pakai baterai dengan menggunakan wallpaper hitam dengan layar AMOLED di ponsel cerdas Anda. Ini karena piksel di layar AMOLED hanya menggunakan baterai untuk warna-warna cerah dan tidak memerlukan daya untuk tampilan gelap. Logika sederhana Beberapa warna cerah, konsumsi energi rendah.

  • Nonaktifkan fitur saat tidak digunakan – Cara mengirit penggunaan baterai HP

Kita tahu bahwa Bluetooth, GPS, Wi-Fi, Data Seluler (dan, tentu saja, Titik Berbagi Internet) adalah fitur penting dari ponsel cerdas. Tetapi fitur ini hanya untuk sebagian besar baterai. Jangan mematikannya saat tidak digunakan, terutama saat baterai hampir habis. Mengubah mode penghemat baterai dan bahkan mengubah mode pesawat saat baterai hampir habis akan membantu Anda menghemat masa pakai baterai lebih lama.

  • Matikan sinkronisasi otomatis

Banyak aplikasi, termasuk Gmail, Twitter, WhatsApp, dan lainnya, secara otomatis menyinkronkan data agar Anda terus diperbarui. Tapi ingat, semakin banyak pekerjaan yang Anda lakukan pada ponsel cerdas Anda, semakin banyak baterai yang akan hilang. Anda dapat dengan mudah menonaktifkan sinkronisasi dengan membuka Pengaturan, Akun Google, dan untuk semua aplikasi yang tidak selalu membutuhkan informasi.

  • Hapus widget dari layar

Ingin melihat semua informasi di layar? Jadi gadget harus menjadi salah satu fitur favorit Anda. Namun juga dapat merusak baterai smartphone Anda. Anda dapat menghindari gadget yang tidak perlu untuk menghemat masa pakai baterai ponsel cerdas Anda.

BACA JUGA:   Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Windows 7 Tuntas

Mengapa baterai ponsel saya cepat habis? Sebagai penyedia jasa perbaikan telepon, kita sering mendengar pertanyaan ini. Ada banyak kemungkinan penyebab masalah ini, tetapi yang paling penting terkait dengan “kebiasaan transportasi dan pengisian” Anda. Ya, Anda melakukannya. Jika baterai ponsel Anda tidak bertahan lama, hal utama yang harus dipertimbangkan adalah cara Anda menggunakan perangkat, cara mengisi daya, dan aplikasi apa yang Anda miliki.

Beberapa dari alasan ini mungkin tampak sedikit klise, tetapi sebagian besar waktu memang demikian, terutama jika perangkat Anda tidak setua itu.

Di sini, di artikel ini kita akan membahas 11 alasan mengapa baterai Android habis dan cara mengatasinya

Cara memperbaiki kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

  • Periksa aplikasi mana yang menjalankan baterai Android

Pertama, cari tahu bagaimana baterai habis. Untungnya, ponsel Android memiliki opsi “penggunaan baterai” ini untuk menunjukkan kepada Anda detail penggunaan baterai dari pengisian daya terakhir.

  • Klik Pengaturan
  • Temukan dan ketuk “Tentang Perangkat”
  • Pilih opsi “Baterai” atau “Penggunaan Baterai”
  • Di dalamnya Anda dapat mempelajari cara menguras baterai dari aplikasi / sistem ke perangkat keras.

Anda dapat memilih untuk mencopot pemasangan aplikasi yang tidak Anda gunakan, tetapi tetap mematikan baterai. Jika Anda merasa manfaatnya memakan banyak energi, setidaknya Anda bisa mematikan notifikasi dan pop-up dari aplikasi ini.

  • Mulai ulang perangkat Anda dan isi ulang.

Kami sering menurunkan kekuatan “Restart”. Paling tidak, kita tahu bahwa itu bisa menjadi solusi efektif untuk berbagai masalah perangkat lunak dan aplikasi.

Restart membersihkan aplikasi yang terbuka, memperbarui sistem telepon dan akhirnya membocorkan memori. Semuanya membantu meningkatkan masa pakai baterai di Android. Jadi jangan lupa untuk mencoba cara ini. Mulai ulang perangkat Anda, lalu isi daya hingga penuh. Anda bisa mendapatkan hasil yang positif.

  • Kurangi penggunaan beberapa aplikasi – kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

Perhatikan bahwa aplikasi seluler tidak dapat dihindari. Dari perbankan telepon hingga belanja online, obrolan video hingga penjelajahan sosial, semuanya tetap menjadi bagian integral dari “penggunaan telepon” Anda. Tetapi terlalu banyak dapat dengan cepat menyebabkan baterai Android bocor. Aplikasi menghabiskan data dan energi untuk memperbarui.

Selain itu, mereka akan terus mengirimkan notifikasi dan ekstra sepanjang hari, menyebabkan ponsel berkedip dan terus bergetar. Akibatnya, baterai ponsel mulai habis lebih cepat dari biasanya. Jadi pilihan terbaik adalah mencopot pemasangan aplikasi yang tidak sering Anda gunakan. Pastikan juga Anda mematikan notifikasi dan menambahkannya ke aplikasi yang tidak Anda sukai.

  • Sesuaikan pengaturan tampilan Anda – Cara mengirit penggunaan baterai HP

Jika Anda ingin memperbaiki masalah pengurasan baterai, berikut adalah beberapa pengaturan tampilan yang kami sarankan untuk Anda pilih.

Jaga kecerahan layar tetap rendah. Jangan aktifkan Kecerahan Otomatis. Sebaliknya, tetap rendah di tangan Anda kecuali jika Anda mau.

Ponsel cerdas dengan layar AMOLED memungkinkan mode gelap di beberapa aplikasi dan sistem. Anda perlu mencoba ini untuk menghemat energi.

Kurangi batas waktu retensi. Ini akan memastikan bahwa layar tidak dihidupkan secara tidak perlu. Waktu terpendek yang dapat Anda pilih adalah 15 detik, yang terlihat bagus.

Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

  • Aplikasi berjalan di latar belakang

Beberapa aplikasi terus memperbarui di latar belakang bahkan ketika ditutup dan dengan cepat mematikan baterai ponsel Anda. Tidak salah menyebut mereka pembunuh. Jadi salah satu hal utama yang Anda lihat ketika baterai Android Anda cepat habis adalah menutup aplikasi ini di latar belakang.

BACA JUGA:   TV Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan opsi pengembang. Buka Pengaturan> Tentang Ponsel> Nomor Bangun. Ketuk “Build Number” tujuh kali.

Sekarang klik tombol kembali dan temukan Opsi Pengembang. Kemudian klik “Layanan Jalankan”.

Di sini Anda akan memiliki semua aplikasi yang berjalan di latar belakang. Anda perlu mematikan (secara paksa) untuk menghindari konsumsi daya yang tidak perlu.

  • GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa menyalakan Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS (Google Maps) dengan cepat mematikan baterai ponsel Anda. Jadi jika Anda ingin baterai Anda bertahan lebih lama, yang terbaik adalah menonaktifkan fitur ini kecuali benar-benar diperlukan.

Penting juga untuk memastikan bahwa beberapa aplikasi menggunakan layanan lokasi secara tidak perlu. Anda dapat memverifikasi ini melalui Pengaturan> Aplikasi & Pemberitahuan> Izin Aplikasi> Lokasi. Periksa dan nonaktifkan akses ke semua aplikasi yang tidak memerlukan layanan lokasi.

  • Aktifkan mode hemat daya – Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

Mode hemat daya menonaktifkan semua layanan dan fitur yang tidak perlu di perangkat Anda, sehingga menguras baterai. Layarnya mungkin tidak seterang dulu, tetapi itu membantu baterai bertahan lebih lama. Untuk mengaktifkan mode ini, buka Pengaturan> Baterai> Penghemat Baterai.

Mode daya rendah.

  • Gunakan pengisi daya asli

Meskipun ponsel Android memiliki antarmuka pengisian daya universal, Anda disarankan untuk mengisi daya ponsel dengan pengisi daya asli. Ini karena charger palsu (bila digunakan dalam waktu lama) tidak hanya mengganggu masa pakai baterai, tetapi juga menekan kapasitas pengisian. Pengisi daya terbaik adalah tegangan dan arus keluaran sebanding dengan daya baterai. Jadi, selalu gunakan pengisi daya yang disertakan dengan ponsel Anda. Jika rusak, belilah dari pusat layanan resmi untuk merek tersebut.

  • Perbarui aplikasi dan perangkat lunak sistem

Memperbarui aplikasi sistem dan perangkat lunak ke versi terbaru membantu meningkatkan kinerja telepon. Periksa pembaruan sistem di Pengaturan> Tentang Ponsel> Pembaruan Sistem. Jika ada pembaruan, unduh dan instal. Periksa juga apakah ada aplikasi yang perlu diperbarui di perangkat Anda. Pengguna TECNO, Itel dan Infinix dapat melakukannya melalui aplikasi “Phone Master”.

  • Ganti baterai – Kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai

Semua baterai memiliki tanggal kedaluwarsa. Jika “baterai ponsel cepat habis” 2-3 tahun setelah membeli ponsel, mungkin sudah waktunya untuk mengganti baterai. Periksa kesehatan baterai selama pengisian. Klik Pengaturan> Tentang Ponsel> Status Baterai. Jika situasinya menunjukkan “rendah” atau sesuatu selain “isi ulang”, bawa perangkat Anda ke pusat layanan resmi dan dapatkan baterai dengan nama merek asli.

Jangan meniru kebiasaan pengisian daya yang buruk ini

Cara Anda mengisi daya perangkat memainkan peran penting dalam memastikan kinerja dan masa pakai baterai yang baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menghindari masalah baterai tersebut.

  • Hindari pengisian baterai 100% atau sampai 0%. Menurut ahli baterai, ini akan meningkatkan proses penuaan baterai smartphone lithium-ion.
  • Jangan mengisi daya telepon semalaman. Ini buruk untuk kesehatan baterai jangka panjang.
  • Hindari menggunakan charger murah dan palsu. Mereka terbukti mematikan untuk perangkat dan baterai Anda.
  • Jaga 20 hingga 80% daya baterai
  • Jangan gunakan telepon saat terhubung ke pengisi daya (menonton video atau bermain game). Ini dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas.
  • Gunakan hanya pengisi daya asli seperti yang dijelaskan di atas.
  • Hindari ponsel Anda terpapar di lingkungan yang panas atau berada di bawah sinar matahari langsung.

Inilah banyak sebab kenapa baterai HP cepat habis padahal tidak dipakai. Semoga tidak terjadi lagi.