Berita  

Handphone Restart Sendiri

Handphone Restart Sendiri
Handphone Restart Sendiri

Handphone restart sendiri. HP restart sendiri bisa dalam beberapa kondisi. Kondisi biasa dan juga saat baterai mau habis. Bisa juga saat di cas.

Pertanyaan umum yang mungkin ditanyakan oleh pengguna Android adalah “Mengapa Android restart sendiri secara acak?” Pada satu waktu atau yang lain, setiap perangkat Android yang saya miliki memiliki masalah ini. Ada beberapa alasan umum mengapa perangkat Android Anda dapat restart sendiri. Mari kita lihat dan lihat apakah kita bisa memperbaikinya.

Mengapa handphone restart sendiri?

Alasan #1 – Aplikasi buruk

Dalam kebanyakan kasus, restart acak disebabkan oleh kualitas aplikasi yang buruk. Coba hapus instalan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan dapat diandalkan, terutama aplikasi yang menangani email atau pesan teks. Istri saya baru-baru ini mengetahui bahwa Galaxy S5-nya terkadang akan reboot saat menerima pesan teks. Beralih dari Verizon Messaging ke Hangouts untuk pesan teks memperbaiki masalah ini.

Anda mungkin juga memiliki aplikasi yang berjalan di latar belakang yang menyebabkan Android Anda memulai ulang secara acak. Saat aplikasi latar belakang dicurigai sebagai pelakunya, coba yang berikut ini, sebaiknya dalam urutan yang tercantum:

Copot pemasangan aplikasi yang tidak Anda perlukan. Ini terutama berlaku untuk aplikasi apa pun yang mengontrol suara, nada dering, wallpaper, memiliki widget keren, atau menggunakan GPS.

Pastikan semua aplikasi berjalan pada versi terbaru. Tingkatkan semuanya dari Play Store dengan membuka “Menu”> “Pengaturan” > “Aplikasi Saya”.

BACA JUGA:   Stiker Tulisan Keren Buat Motor

Copot pemasangan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Dari restart baru, buka “Pengaturan” > “Lainnya…” > “Aplikasi” > “Berjalan”. Jika Anda melihat sesuatu yang terdaftar yang Anda dapat hidup tanpanya, hapus instalannya. Jika Anda tidak dapat menghapus instalannya, bekukan aplikasi jika memungkinkan.

Alasan #2 – Aplikasi sistem sedang dinonaktifkan

Sudahkah Anda bermain dengan aplikasi Android dinonaktifkan? Jika Anda melangkah terlalu jauh dan menonaktifkan aplikasi yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi Android, itu dapat menyebabkan masalah reboot. Lihat di bawah “Pengaturan”> “Aplikasi” dan buka daftar aplikasi “Dinonaktifkan” atau “Dinonaktifkan” dan aktifkan aplikasi apa pun yang mungkin diperlukan agar perangkat Anda berfungsi dengan baik.

Alasan handphone restart sendiri #3 – Terlalu Panas

Banyak perangkat Android dirancang untuk mati secara otomatis jika terlalu panas. Jika Anda keluar dari perangkat Anda pada hari 100 derajat saat mencoba menggunakan 4G dan GPS dan layar disetel ke pengaturan paling terang, perangkat dapat memulai ulang sendiri atau mati. Cobalah untuk santai dan mungkin menonaktifkan fitur yang tidak Anda perlukan.

Namun, shutdown yang terlalu panas seharusnya tidak menjadi masalah biasa. Jika perangkat Anda sering kepanasan, hubungi pengecer atau pabrikan Anda mengenai hal ini.

Alasan #4 – baterai kendor

Tentu saja, masalah ini hanya terjadi pada perangkat dengan baterai yang dapat dilepas. Droid 1 dan Samsung Galaxy S4 saya terkenal karena tiba-tiba restart. Terkadang mereka akan menutup dan tidak pernah kembali. Ternyata dalam kedua kasus, baterainya sedikit hilang. Hanya pukulan ringan ke perangkat akan cepat terputus, lalu pasang kembali baterai, atur ulang.

Alasan paling umum untuk ini adalah bahwa penutup belakang menjadi sedikit tertekuk dan tidak lagi menahan baterai pada tempatnya. Alasan lainnya adalah konektor baterai emas melengkung. Seiring waktu, konduktor dapat menimbulkan korosi.

Ada dua cara untuk memperbaiki masalah baterai yang longgar:

  • Beli pita pemasangan, lalu tempelkan sepotong kecil di area penutup belakang agar baterai tetap di tempatnya dengan lebih baik.
  • Matikan perangkat, lepaskan penutup belakang dan lepaskan baterai. Temukan pin konektor baterai. Jika memungkinkan, gunakan obeng kecil untuk mencongkel konektor ke posisi di mana mereka dapat menghubungi baterai dengan baik.
BACA JUGA:   11 hal perlu diketahui di Microsoft Store Windows 11

Alasan Handphone restart sendiri #5 – Perangkat lunak sistem rusak

Terkadang perangkat lunak sistem Android rusak. Jika Anda menggunakan ROM Android khusus, coba versi ROM yang berbeda atau jenis ROM lainnya sama sekali. Jika Anda tidak menggunakan ROM khusus, maka satu-satunya pilihan Anda mungkin adalah mencoba mengatur ulang perangkat ke pengaturan pabrik. Hati-hati bahwa reset pabrik akan menghapus data dari perangkat Anda. Pada sebagian besar perangkat Android, Anda dapat melakukan reset pabrik dengan masuk ke “Pengaturan” > “Cadangkan dan setel ulang” > “Setel ulang perangkat”.

Alasan #6 – Tombol macet atau tersangkut

Terkadang tombol Power bisa tersangkut di air atau kotoran. Pastikan tidak ada yang tersangkut pada bukaan tombol. Juga periksa untuk memastikan kasing Anda tidak menekan tombol sama sekali.

Alasan nomor 7 – perangkat keras yang rusak

Jika semua hal di atas telah dicoba dan perangkat Android Anda masih melakukan reboot sendiri secara acak, Anda mungkin memiliki perangkat keras yang rusak. Hubungi pengecer atau produsen mengenai masalah tersebut. Anda mungkin tidak memiliki opsi ini jika Anda menginstal ROM Android khusus. Dalam hal ini, Anda mungkin ingin mengarahkan pertanyaan Anda ke pembuat ROM Anda.

Pertanyaan

Mengapa handphone restart sendiri  saat baterai perangkat Android lemah dan HP sedang di charge / dicolokkan. Mengapa dia melakukan itu?

Ada kemungkinan Anda tidak memberikan daya yang cukup pada perangkat. Pastikan Anda menggunakan adaptor daya dan kabel yang benar dan mencolokkan Android ke stopkontak, bukan komputer atau perangkat lain dengan port USB.