Kenapa Download Tertunda

  • Bagikan
Kenapa Download Tertunda
Kenapa Download Tertunda

Kenapa download tertunda. Gownload tertunda di Google Playstore terkadang terjadi. Alasannya adalah ruang minimum penyimpanan tidak lagi tersedia. Kemudian, soal jaringan internet yang kurang stabil. Kedua alasan Ini adalah alasan paling sering tampil di Playstore.

Apakah Anda memiliki perangkat Android? Jika iya, maka pasti Anda sering mendownload aplikasi dan game dari Google Play Store. Wajar saja karena Google Play Store adalah alat distribusi digital resmi yang ada di Android.

Anda bisa mendapatkan aplikasi dengan cara lain seperti mencari file APK yang bertebaran di internet. Namun, cara ini agak berbahaya mengingat file tersebut mungkin mengandung virus berbahaya yang dapat membuat perangkat Anda salah.

Cara mengalahkan kenapa download tertunda di Google Play Store

Selain itu, Google Play Store juga bertindak sebagai penyedia informasi aplikasi yang diperlukan. Anda dapat melihat deretan aplikasi terbaik untuk beberapa kata kunci dan langsung melihat ulasan yang telah dikirimkan pengguna lain untuk pertimbangan Anda.

Tak hanya itu, keuntungan pun bisa didapat. Berkat fitur pembaruan otomatis yang disediakan oleh Google Play Store, semua game dan aplikasi yang Anda unduh harus selalu dalam versi terbaru.

Tapi Google Play Store sempurna. Tidak jarang pengguna merasa kesal dengan terhambatnya proses download karena adanya tulisan “download pending” atau “download tertunda” dalam bahasa Indonesia.

Masalah ini terjadi setelah mengklik tombol instal dan proses instalasi menampilkan teks di atas. Biasanya, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat hingga bilah kemajuan menunjukkan persentase. Tapi jika Anda buruk, “download tertunda” tidak akan hilang tidak peduli berapa lama Anda menunggu.

Ini membuat frustrasi, bukan? Untungnya, Kami telah menyediakan beberapa cara untuk menyiasati unduhan yang terlambat di Play Store dengan mudah dan cepat.

Apa alasan download tertunda di Play Store?

Anda heran kenapa download tertunda?

Anehnya, kendala ini sulit ditebak kapan. Terkadang Anda dapat mengunduh dengan lancar, terkadang tidak. Meski tampaknya hal ini terjadi secara acak, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa alasan yang memungkinkan hal tersebut terjadi.

1. Koneksi tidak lancar

Mengunduh aplikasi dari Google Play Store pasti membutuhkan Internet. Jika internet Anda lancar, proses pengunduhan mungkin akan berjalan lancar.

Jadi, jika masalah “unduhan tertunda” terjadi pada Anda, mungkin perlu untuk memeriksa ulang apakah perangkat Android Anda terhubung ke internet yang kuat.

Periksa apakah Anda terhubung ke WiFi yang benar, jika Anda masih memiliki kuota penyimpanan, dan jika batas penggunaan FUP sudah naik. Anda juga dapat memeriksa status internet Anda dengan mencoba menjelajah. Jika Anda menjelajah dengan lancar tetapi masih mengalami masalah “pengunduhan tertunda”, Anda mungkin perlu mempertimbangkan alasan lain.

2. Ada aplikasi lain yang diunduh

Saat Anda mengunduh aplikasi di Google Play Store, Anda dapat menekan tombol instal di aplikasi apa pun. Namun, perlu diingat bahwa proses pengunduhan akan berjalan satu per satu.

Nah, jika kamu bingung kenapa “download tertunda” tidak hilang, cek apakah ada download lain yang belum selesai.

3. Memori internal tidak mencukupi

Setiap aplikasi yang diunduh terdiri dari item seperti gambar atau skrip. Inilah sebabnya mengapa aplikasi akan memakan ruang saat Anda menginstalnya. Jika Anda mencoba mengunduh aplikasi dan memori internal penuh, ini bisa menjadi alasan mengapa kendala “unduhan tertunda” terjadi.

Cara mengatasi kenapa download tertunda di Google Play Store

Setelah mengetahui alasan di atas, Anda mungkin sudah tahu cara mengatasinya. Tapi, tidak sedikit batasan “download tertunda”, hal ini tetap saja terjadi walaupun kamu sudah memiliki internet yang kencang, memori internal yang cukup, dan tidak ada aplikasi yang mendownload.

Jika masalah ini berlanjut pada perangkat Android Anda, jangan berkecil hati. Coba cara-cara berikut untuk mengatasi “download tertunda” di Google Play Store. Oh ya, sebagai info, penulis menggunakan Xiaomi Mi A1 (Android 9) saat menulis tutorial ini. Navigasi dapat bervariasi pada setiap perangkat dan versi Android.

1. Hidupkan dan matikan mode Pesawat lagi

Meskipun Anda mungkin merasa kecepatan browsing Anda normal, belum tentu masalahnya bukan pada koneksi. Terkadang, hanya ada gangguan dalam koneksi yang terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Untuk lebih yakinnya, coba reset koneksi dengan cara berikut ini.

  • Gulir ke bawah pada bilah notifikasi untuk membuka pengaturan cepat
  • Secara umum, akan ada pilihan dari menu mode Pesawat. Klik sekali untuk mengaktifkan mode.
  • Pastikan jaringan seluler dan jaringan WiFi mati. Kemudian, ketuk lagi di menu mode Pesawat untuk mematikannya lagi.
  • Jaringan seluler akan menyala kembali. Jika Anda menggunakan WiFi, sambungkan kembali perangkat ke nama WiFi yang aktif.
  • Coba batalkan unduhan dari Play Store dan tekan tombol instal lagi.

Tunggu beberapa detik hingga kalimat “download tertunda” hilang dan ganti dengan informasi dan angka megabyte dalam bentuk persentase. Jika tidak hilang selama satu menit, Anda dapat mencoba metode lain.

2. Cara mengatasi kenapa download tertunda – Bersihkan cache

Harap dicatat bahwa aplikasi yang Anda buka di perangkat Android Anda akan menyimpan file sementara. File sementara ini disimpan dalam memori sementara yang disebut penyimpanan. File sementara ini berguna agar Anda dapat membuka aplikasi yang sama untuk kedua kalinya lebih cepat.

Namun, terkadang cache juga berisi data sisa atau “sisa” dari unduhan yang pernah Anda lakukan. Hal ini dapat mempengaruhi proses pengunduhan selanjutnya, jadi Anda harus mengosongkan cache dengan langkah-langkah berikut.

  • Buka menu Pengaturan di perangkat Android Anda.
  • Pilih Penyimpanan atau Penyimpanan
  • Pilih daftar aplikasi lain
  • Akan ada daftar aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda. Temukan dan pilih kata “Layanan Google Play” dalam daftar.
  • Pilih menu clear cache, informasi ukuran cache yang tertera akan berubah menjadi 0b.

Hapus aplikasi Google Play Store dari daftar aplikasi yang berjalan di latar belakang (latar belakang menyala), buka kembali Google Play Store, dan coba unduh lagi.

Kami berharap metode penghapusan cache ini dapat menyelesaikan masalah “download terlambat” di Google Play Store. Jika tidak berhasil, jangan khawatir! Masih ada cara lain yang bisa Anda coba.

3. Mulai ulang perangkat Android Anda

Jika Anda telah menerapkan metode ini tetapi juga berhasil, maka inilah saatnya untuk melakukan solusi yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah: dengan me-reboot.

Hampir semua perangkat (PC atau Android) memiliki berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang. Hal ini memberikan efek pada perangkat yang bisa membuatnya lambat, tidak responsif atau bermasalah.

Saat reboot, perangkat tampaknya kembali berfungsi dalam status “baru-baru ini”. Caranya sangat mudah, cukup tahan tombol power lama hingga muncul opsi restart.

4. Cara mengatasi kenapa download tertunda – Lakukan reset pabrik

Masih gagal juga? Sabar ya. Untungnya, masih ada satu metode terakhir yang saya jamin untuk memperbaiki masalah Anda, dan itu adalah reset pabrik.

Seperti namanya, reset pabrik akan mengembalikan perangkat ke keadaan semula saat pertama kali dibeli. Cara ini tidak disarankan karena akan menghapus semua aplikasi, kontak, dan data yang tersimpan di memori internal.

Jika Anda benar-benar harus menggunakan metode ini, Anda dapat mencadangkan semua kontak dan file Anda. Jika perangkat Android Anda menggunakan microSD, Anda dapat memindahkan semua file seperti foto, video, dan dokumen ke memori eksternal.

Kontak Anda juga harus disinkronkan dengan akun Google Anda sehingga Anda dapat dengan mudah memulihkannya nanti. Apakah Anda siap untuk melakukan reset pabrik? Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka menu Pengaturan dan pilih “Setel ulang opsi”
  • Kemudian pilih menu “Hapus semua data (reset pabrik)”.

Anda akan disajikan informasi tentang data yang akan dihapus. Akan ada serangkaian akun yang terhubung ke perangkat Android Anda. Gulir ke bawah dan ketuk tombol Atur Ulang Telepon

Tunggu beberapa saat dan ikuti petunjuk di layar berikut (jika ada)

Setelah menyetel ulang perangkat Android Anda, sambungkan kembali akun Google Anda. Unduh beberapa aplikasi dan aplikasi penting yang gagal Anda unduh sebelumnya.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menyiasati kenapa download tertunda di Google Play Store di Google Play Store. Coba lakukan metode pertama terlebih dahulu dan kemudian ikuti metode berikutnya jika masalah terus berlanjut. semoga sukses untuk Anda!

  • Bagikan