Aplikasi Pengolah Angka Disebut Dengan
Aplikasi Pengolah Angka Disebut Dengan

Aplikasi Pengolah Angka Disebut Dengan Apa

Aplikasi pengolah angka disebut dengan atau biasa dikenal sebagai spreadsheet. Anda pernah menggunakan aplikasi semacam ini? Hampir 100% pasti jawabannya pernah. Karena, anak SMP jaman sekarang juga sudah pernah menggunakannya dalam tugas sekolah.

Kemudian, Anda ingin spreadsheet yang handal, banyak fitur dan mudah dipergunakan? Inilah 12 Aplikasi Pengolah Angka yang Direkomendasikan di PC dan Android.

Mencari rekomendasi untuk permintaan pemrosesan nomor? Jika demikian, Anda berada di tempat yang tepat. Hampir setiap orang membutuhkan aplikasi pemrosesan numerik untuk mendukung operasi manufaktur mereka.

Aplikasi pengolah angka disebut dengan apa ya?

Aplikasi pemrosesan angka atau spreadsheet dapat membantu Anda menangkap, melihat, dan memanipulasi data yang disusun dalam baris atau kolom. Melalui spreadsheet dimungkinkan untuk membuat tabel, grafik, menghitung rumus statistik, laporan keuangan.

Bukan hanya aplikasi seperti Microsoft Excel saja yang bisa Anda gunakan. Masih banyak aplikasi pengolah angka lainnya yang bisa membuat pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien. Sementara aplikasi ini memiliki kesamaan, perbedaan fungsionalitas berbeda dalam hal aksesibilitas perangkat lunak.

Anda dapat menemukan berbagai jenis aplikasi dari yang gratis hingga yang berbayar. Bingung memilih? Berikut adalah rekomendasi aplikasi pengolah angka terbaik yang bisa Anda dapatkan!

Rekomendasi aplikasi spreadsheet di PC

Aplikasi pengolah angka disebut dengan spreadsheet. Bagi Anda yang lebih aktif di PC saat mengatur angka, tips aplikasi spreadsheet di PC berikut ini akan membantu. Menggunakan manajemen nomor pada PC memiliki kenyamanan. Fungsi aplikasi pengolah angka di PC lebih beragam dan kompleks.

Agar gambaran anda tentang aplikasi pengolah angka di PC lebih jelas. Berikut rekomendasi aplikasi pengolah angka terbaik di PC tahun ini.

1. Microsoft Excel

Aplikasi ini benar-benar juara manajemen angka. Aplikasi ini diperkenalkan pada tahun 1987 dan mulai populer. Anda dapat menggunakan Excel untuk melakukan perhitungan akuntansi, seperti laba rugi dalam penjualan.

Excel juga dapat bekerja dengan baik untuk menghitung gaji karyawan. Anda dapat menggunakan berbagai perhitungan selain penjumlahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dasar. Pengolahan data statistik seperti mencari nilai rata-rata, minimum atau maksimum juga banyak tersedia di aplikasi ini.

Keuntungan menggunakan aplikasi Excel selain tampilannya yang sederhana adalah kecepatan loadingnya. Pengarsipan file dapat dilakukan dalam format PDF atau Open Office seperti Linux. Kabar baiknya adalah Excel terintegrasi dengan browser, sehingga Anda dapat membukanya secara online di browser. Anda dapat memasukkan jumlah data apa pun dalam aplikasi ini. Karena Excel bisa berisi 1.084.576 baris dan 16.384 kolom.

Untuk mendapatkan lisensi menggunakan Excel, Anda harus membayar sekitar $69,99 per tahun. Anda dapat membeli lisensi untuk $149,99 sehingga Anda dapat menggunakannya selamanya. Jika ingin menggunakan aplikasi Microsoft lainnya, Anda bisa menggunakan langganan Office 365. Aplikasi pengolah angka disebut dengan spreadsheet.

2. Kspread

Spreadsheet yang merupakan bagian dari Koffice adalah open source dan lintas platform. Ini berarti Anda dapat mengubah kode program sehingga Anda dapat menambahkan fungsionalitas ke program perangkat lunak. Anda dapat mengubah kebutuhan pemrosesan nomor Anda melalui aplikasi ini.

Sifat lintas platform dari Kspread berarti Anda dapat menggunakan perangkat lunak ini pada berbagai jenis sistem operasi. Anda dapat menjalankan perangkat lunak ini di OS Linux dan Windows.

Beberapa fitur yang dapat Anda temukan di Kspread adalah: beberapa lembar kerja dalam satu dokumen, opsi pemformatan yang berbeda, dukungan untuk lebih dari 100 fungsi, pemeriksaan ejaan. Menarik bukan?

3. Rekomendasi aplikasi spreadsheet, OpenOffice

Software ini juga bersifat open source dan cross platform. Anda dapat mengedit spreadsheet sesuai keinginan Anda. Keuntungan lain dari perangkat lunak ini adalah antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna.

Antarmuka perangkat lunak diisi dengan menu dan tombol bilah alat yang membuatnya lebih mudah. Selebihnya OpenOffice hampir sama dengan program Microsoft Excel.

4. Abacus

Selanjutnya adalah Abacus, aplikasi spreadsheet yang sangat kecil – hanya 2 MB! Kelebihan dari program ini adalah tidak memakan banyak memori. Cocok untuk yang suka software minimalis dan hemat tempat. Selain itu, Abacus juga mudah digunakan, sehingga merupakan perangkat lunak pengolah angka yang patut dipertimbangkan. Sayangnya, ini hanya tersedia untuk sistem operasi Linux.

5. WingZ

Aplikasi pengolah angka disebut dengan spreadsheet.

Bagi anda yang menyukai aplikasi freeware, software ini bisa menjadi pilihan anda. WingZ terbatas untuk penggunaan non-komersial dan tidak dapat dijual kembali. Software ini juga bersifat cross-platform yang artinya bisa digunakan di berbagai sistem operasi.

Selain aplikasi yang disebutkan di atas, ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengolah angka. Anda bisa menggunakan Lotus 123 yang cukup terkenal di tahun 1980-an. Ada Xxl yang dapat Anda jalankan di sistem operasi Unix.

Jika Anda memiliki anggaran terbatas dan membutuhkan fitur terlengkap, tidak ada salahnya mencoba WingZ. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fungsi, mulai dari Micro Add-In hingga kemungkinan pemrograman.

6. SPREAD32

SPREAD32 adalah alternatif Excel gratis lainnya untuk aplikasi pemrosesan angka. Aplikasi ini berisi lebih dari 300 fungsi dalam kategori matematika dan trigonometri, referensi, logika, teknik, dan keuangan, serta berfungsi dengan file spreadsheet standar seperti XLS, CSV, dan PXL.

Saat menganalisis atau mengatur sejumlah kecil data, spreadsheet gratis ini menyediakan hampir semua fitur penting, termasuk memfilter data, menyisipkan bagan, dan secara kondisional menyiapkan hingga tiga pengaturan pemformatan.

Jika pengguna perlu melakukan analisis data lengkap, SPREAD32 tidak disarankan karena tidak mendukung penggunaan data dalam jumlah besar. Alternatif Excel ini harus diunduh sebelum digunakan. Unduh SPREAD32.

7. Rekomendasi aplikasi spreadsheet, LibreOffice Calc

Saat Anda membuka LibreOffice Calc, Anda merasa seperti sedang melihat versi lama Excel. LibreOffice adalah aplikasi numerik sumber terbuka dan gratis, lahir sebagai cabang dari OpenOffice.

Aplikasi spreadsheet sederhana ini mencakup semua fitur yang Anda harapkan dari aplikasi spreadsheet modern lengkap dengan anggaran terbatas. LibreOffice Calc adalah alternatif yang bagus untuk Google Spreadsheet jika pengguna mencari sesuatu yang berfungsi di desktop Mac, Windows, atau Linux.

Antarmuka pengguna terlihat lebih biasa daripada antarmuka pita yang telah diadopsi Microsoft selama dekade terakhir. Pengguna dapat menyesuaikan seluruh antarmuka untuk hanya menampilkan fitur yang mereka inginkan.

Selain itu, ada juga satu set lengkap kontrol keyboard untuk menavigasi aplikasi dengan cepat. LibreOffice sangat intuitif dalam pendekatannya, dengan dukungan asli untuk file Excel dan sejumlah templat untuk menghemat waktu.

Meskipun merupakan aplikasi open source gratis, Calc menawarkan daftar fungsi yang didukung yang relatif lengkap. Dan selain fitur seperti pemformatan bersyarat dan tabel pivot, aplikasi ini juga memiliki alat yang disebut DataPilot.

Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengekstrak data mentah dari database dan menggunakannya kembali di spreadsheet mereka sendiri. LibreOffice Calc menangani kumpulan data besar lebih baik daripada program spreadsheet berbasis web, tetapi kurang dari Excel.

Pengguna juga dapat menggunakan LibreOffice Chart Wizard untuk membuat bagan dan grafik dari data. Selain itu, Calc menawarkan kemampuan kolaborasi waktu nyata. Namun, fitur ini kurang memuaskan jika dibandingkan dengan Excel atau Google Sheets. Unduh LibreOffice Calc.

Aplikasi pengolah angka disebut dengan apa di Android

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan sangat aktif, sangat diperlukan aplikasi pengolah angka yang tersedia di ponsel. Keuntungan menggunakan aplikasi pemrosesan numerik di Android adalah kesederhanaan antarmuka.

Anda dapat mengubah, menyisipkan, memanipulasi data Anda di mana pun Anda berada. Bahkan dalam keadaan sulit. Namun, beberapa orang khawatir tentang malware yang menyebar saat mengunduh aplikasi ini di Android. Jangan khawatir, kami akan merekomendasikan aplikasi pengunyah angka terbaik di Android untuk Anda.

1. WPS Office

Aplikasi bernama WPS Office ini sebenarnya merupakan alternatif populer bagi pengguna Windows. Sudah mendapatkan lebih dari 100 juta instal di Google Play Store saja, lho! Beragam fiturnya juga cukup keren untuk mendukung kebutuhan spreadsheet Anda, seperti integrasi dengan media penyimpanan cloud (Google Drive, DropBox, Evernote, OneDrive).

Selain itu, fitur spreadsheet memungkinkan Anda untuk menggunakan rumus dasar yang biasa digunakan oleh pengguna Excel dan juga menawarkan kemungkinan untuk membuat formulir dengan tema yang berbeda.

2. Rekomendasi aplikasi spreadsheet, Google Spreadsheet

Aplikasi dari Google ini siap membantu Anda mengedit, menyisipkan, atau memanipulasi data Anda di mana pun Anda mau. Keunggulan Google Sheets adalah mudah digunakan dan terintegrasi langsung dengan akun Google, dan Anda dapat mengakses file dari mana saja, tidak hanya melalui aplikasi.

Misalnya, file spreadsheet dibuat di HP. Setiap perubahan yang terjadi di ponsel Anda kini juga langsung tersinkronisasi ke cloud, sehingga memudahkan Anda yang malas menyimpan data dan memindahkannya antar perangkat. Praktis, bukan?

3. Polaris Office

Perlu lebih banyak fitur yang bisa diterapkan? Polaris Office bisa menjadi solusi untuk Anda. Meskipun berada di smartphone, aplikasi ini dapat memproses 300 rumus dan menampilkan lebih dari 20 diagram.

Polaris Office juga menyediakan fungsi komunikasi dalam aplikasi sehingga Anda dan kolega Anda dapat mendiskusikan apa yang perlu diubah sebelum dokumen dicetak atau dikirim ke pelanggan. Hasil spreadsheet Polaris Office ini juga dapat dibagikan dengan berbagai jenis layanan cloud, termasuk Polaris Drive, layanan penyimpanan cloud Anda sendiri.

4. Zoho Sheet

Kita sepakat bahwa Aplikasi pengolah angka disebut dengan spreadsheet ya. Masih mencari aplikasi spreadsheet yang tepat untuk Anda? Nah, ini dia Zoho Sheet, aplikasi spreadsheet mobile yang bisa menyederhanakan tugas pemrosesan angka yang rumit bahkan saat Anda sedang di luar kantor atau di rumah.

Zoho Sheet juga memungkinkan pengguna untuk memindai lembar dengan tabel untuk memudahkan pengeditan dalam aplikasi. Fitur yang cukup keren, bukan? Selain itu, ada asisten AI bernama Zia yang siap membantu Anda merekomendasikan grafik atau membuat tabel pivot untuk Anda yang menjadi analis data.

Tentu saja, fitur unik tidak berhenti di situ, karena Zoho Sheet juga menawarkan lebih dari 35 jenis diagram dengan diagram lingkaran dan batang.

Untuk memfasilitasi kolaborasi, aplikasi Zoho Sheet memberikan tingkat izin yang berbeda saat dibagikan, seperti hanya-baca, baca-tulis, dan sebagainya. Ingin mengekspor file spreadsheet ke format lain? Ini benar-benar! Aplikasi ini mendukung mengekspor file ke PDF, XLSX, CSV dan format lainnya.

5. Rekomendasi aplikasi spreadsheet, Office Suite

Seperti WPS, Office Suite menawarkan lebih dari sekadar aplikasi pemrosesan angka. Tidak perlu mengisi memori ponsel untuk mengunduh aplikasi secara terpisah.

Aplikasi ini menyediakan program mulai dari doc, pdf hingga spreadsheet. Perbedaan antara aplikasi ini dengan yang lain hanya pada antarmuka. Untuk memilih mana yang paling cocok untuk Anda, Anda bisa mencobanya sendiri.

Nah, itulah rekomendasi soal pengolah angka terbaik tahun ini. Dengan teknologi yang semakin canggih dan aplikasi yang semakin meluas, pasti pekerjaan kamu bisa selesai lebih cepat dan akurat dong.

Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan kemampuan Anda untuk mengaplikasikannya. Bagi Anda yang terbiasa mengutak-atik, aplikasi open source sangat cocok untuk Anda. Jika Anda anti ribet, pilihlah aplikasi yang simple dan simple. Semoga berhasil!

Kunjungi juga

Kode Transfer Bank BCA

Kode Transfer Bank BCA dan Cara Transfernya

Kode transfer Bank BCA dan cara transfernya. Percaya gak sih, bank yang paling populer di …