Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Tidak Berputar

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Tidak Berputar
Cara Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Tidak Berputar

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar. Bagaimana Anda memperbaiki mesin cuci dan pengeringnya sekaligus yang tidak mau berputar? Jika hanya 1 tabung, maka jika 1 rusak, yang lain juga bermasalah.

Memperbaiki Mesin Cuci Pengering yang Tidak Berputar – Tentunya semua orang sudah mengetahui bahwa mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang mudah rusak. Karena mesin cuci digunakan setiap hari untuk kegiatan mencuci.

Cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar

Terkadang bahkan beberapa orang menggunakan mesin cuci lebih dari sekali dalam sehari. Ada banyak jenis mesin cuci yang bisa kita temukan di pasaran mulai dari mesin cuci tabung tunggal hingga mesin cuci dua tabung. Ada juga mesin cuci dengan front loading dan top loading.

Merknya juga sangat beragam mulai dari Sanyo, Samsung, LG, Polytron, Akari, Panasonic, Sharp, Sanken dan masih banyak lainnya. Setiap merek memiliki fitur yang dapat diandalkan serta kelebihan dan kekurangannya.

1. Motor Pengering

Yang perlu anda ketahui adalah semua jenis mesin cuci baik 1 pipa maupun 2 pipa baik front loading maupun top loading baik itu Sanyo, Samsung, LG, Polytron, Akari, Panasonic, Sharp atau Sanken harus dilengkapi dengan fungsi pengeringan.

Prinsip pengoperasian mesin pengering pada mesin cuci adalah dengan menggunakan putaran motor. Jika motor lemah, mesin cuci pengering jelas rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Oleh karena itu, kita perlu memperbaikinya agar dapat bekerja dengan normal.

Masalah lain yang biasanya terjadi pada mesin cuci pengering adalah mati rasa, berdengung, dan putaran lambat. Nah, berikut ini kami bagikan ulasan lengkap tentang cara memperbaiki pengering otomatis yang tidak mudah berputar.

2. Periksa kabel dan ketegangannya

Langkah pertama saat mesin cuci pengering rusak dan tidak berputar adalah memeriksa tegangannya. Anda dapat menggunakan multimeter untuk memeriksa apakah tegangan pada mesin cuci normal atau tidak.

Jika tidak ada tegangan yang diterima dari motor mesin cuci, kemungkinan besar ada kabel yang putus. Biasanya penyebab kabel putus karena dimakan tikus. Oleh karena itu, temukan bagian kabel yang putus dan sambungkan kabel tersebut.

3. Sabuk rem pengering rusak/macet – Alasan pengering mesin cuci tidak berputar

Masalah ketiga yang mencegah mesin cuci pengering berputar adalah karena sabuk rem putus. Oleh karena itu, periksa sabuk rem mesin cuci pengering dengan menarik benang secara bergantian.

Jika kabel kendor, berarti Anda harus menggantinya dengan kabel baru. Tapi kalau kabel saklar bisa dicabut dan mesin bisa jalan lancar, berarti saluran rem hanya macet dan tidak perlu diganti.

4. Kapasitor rusak

Alasan keempat mengapa mesin cuci pengering tidak berputar adalah karena kondensor rusak. Jika kondensor mesin cuci rusak, biasanya dapat dikenali dengan sinyal macet, berdengung, dan berputar lambat.

Jika hal ini terjadi pada mesin cuci, gantilah dengan kondensor baru. Pastikan untuk mengganti kapasitor dengan nilai yang sama dengan kapasitor sebelumnya. Di bawah ini Anda akan menemukan informasi tentang harga kapasitor mesin cuci.

5. Mesin terbakar

Jika Anda telah menyelesaikan semua langkah sebelumnya tetapi mesin cuci pengering masih tidak berputar. Kerusakan itu kemungkinan disebabkan oleh mesin. Biasanya motor mesin cuci terbakar karena beberapa hal seperti tegangan yang tidak stabil, komponen internal yang rusak.

Jika motor rusak, maka harus diganti dengan motor baru atau diperbaiki oleh orang yang dapat memperbaiki motor listrik. Demikian informasi singkat tentang cara mengatasi mesin cuci pengering yang tidak mudah berputar untuk semua merk.

Penyebab mesin cuci tidak berputar atau berputar lambat

6. Ada kabel putus – Alasan pengering mesin cuci tidak berputar

Salah satu penyebab paling umum mesin cuci tidak mau hidup adalah sambungan kabel yang putus. Bahkan, kabelnya sendiri bisa putus, misalnya karena digigit tikus. Jika kabelnya putus, bisa dipastikan mesin cuci termasuk pengering tidak akan bisa berfungsi sama sekali.

7. Pintu mesin tidak tertutup dengan benar

Jika mesin cuci 1 selang tidak berputar, hanya dengungan dari alternator saat pengeringan, mungkin karena pintu mesin cuci tidak menutup dengan benar. Meski terlihat sepele, beberapa model mesin cuci tidak akan berfungsi jika pintunya tidak ditutup dengan benar.

8. Ada kotoran di mesin cuci

Kotoran di pintu pengering atau bahan lain yang dapat menumpuk juga dapat mencegah pintu mesin cuci menutup dengan benar. Alhasil, mesin cuci tidak akan berputar, hanya dengungan dinamo yang akan menangkap Anda.

9. Sabuk rem pengering rusak

Rem pengering digunakan untuk memastikan bahwa alternator pengering, yang sedang berjalan, berhenti terus-menerus saat pintu pengering dibuka. Namun, jika pita rem mesin pengering Anda putus, terkadang mesin cuci bisa berputar, terkadang tidak. Untuk mengatasinya, Anda harus mengganti sabuk rem ini dengan yang baru.

10. Alternator pengering rusak – Alasan pengering mesin cuci tidak berputar

Penyebab alternator berdengung tidak berputar

Kerusakan ini sendiri cukup umum, karena koil atau belitan alternator pendek atau putus. Sehingga pada akhirnya mesin cuci tidak bekerja dan hanya berdengung. Anda juga harus mengganti alternator dengan yang baru untuk memperbaikinya.

Penyebab lain dari dengung alternator yang tidak berputar adalah kerusakan pada alternator.

11. Motor alternator lemah

Alternator mesin cuci tanpa putaran biasanya cukup memungkinkan karena lemahnya daya yang dihasilkan oleh motor alternator di pengering. Hal ini membuat putaran yang dihasilkan lebih lambat. Penyebab lemahnya alternator sendiri terutama karena faktor usia sehingga menghadapi saat performa mesin menurun.

12. Terlalu dimuat / overload

Salah satu selang mesin cuci pengering tidak bekerja, hanya dengungan dapat terjadi karena beberapa masalah sepele seperti kelebihan beban. Beban yang berlebihan memperlambat putaran motor. Oleh karena itu, perlu untuk menentukan batas pakaian maksimum untuk mencegah mesin cuci hanya menjalankan dengungan alternator.

Kesimpulan cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar

Ada beberapa langkah memperbaiki mesin cuci yang tidak mau berputar. Tentu, sesuai alasan kerusakan seperti yang sudah disebutkan di atas. Tetapi jika penyebabnya adalah kerusakan serius, lebih baik membeli perangkat baru. Apalagi jika mesin cuci Anda sudah tua, karena biaya perbaikannya seharusnya tidak jauh berbeda dengan harga beli mesin cuci baru.

  • Bagikan