Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung
Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar Hanya Mendengung

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung. Dalam hal ini, saya akan mengomentari sebuah artikel Mesin cuci tidak berputar. Mesin cuci telah menjadi perangkat elektronik yang sama pentingnya dengan saat ini. Alasan utama orang membutuhkan mesin cuci adalah karena aktivitas dan pekerjaannya sehari-hari.

Berbagai jenis mesin cuci dapat kita temukan dengan mudah di hampir setiap rumah. Mesin cuci membantu membuat cucian lebih mudah. Apalagi pakaian berukuran besar membutuhkan banyak energi jika dicuci hanya dengan manual biasa.

Memiliki mesin cuci tidak lagi khawatir dengan cuci tangan, malah menghemat waktu dan tenaga. Mesin cuci dapat dibedakan menjadi 2 jenis tergantung dari jenisnya, yaitu mesin cuci 1 tabung dan mesin cuci 2 tabung. Sesuai dengan namanya, mesin cuci tabung tunggal adalah mesin cuci dengan satu kompartemen untuk mencuci dan menjemur.

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung

Sementara itu, ini memiliki keunggulan tersendiri untuk mesin cuci 2 pipa, antara tabung cuci dan pengering terpisah. Mesin cuci 2-pipa kadang-kadang disebut mesin cuci semi-otomatis. Semua mesin cuci perlu didorong untuk memiliki mesin yang berputar. Mesin cuci disebut mesin cuci, dan pengering juga disebut pemintal.

Prinsip kerja penggerak mesin cuci

Pada mesin cuci dan pengering terdapat kumparan yang terbagi menjadi kumparan utama dan kumparan bantu. Jumlah dan diameter kumparan ini tidak berbeda-beda, sehingga tidak terjadi perubahan sudut level antara tegangan dan arus.

Mesin cuci dirancang untuk belok kanan dan kiri, sehingga beban antara 2 jendela yang digunakan sama. Mesin hanya akan hidup ketika ada perubahan sudut kemudi.

Masalah dengan mesin cuci

Cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung.

Meski modern, mesin cuci merupakan perangkat elektronik yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan masalah. Masalah bisa dilihat di semua bagian mesin cuci. Masalah yang paling umum adalah mesin yang tidak berputar dan menjerit. Jika masalah ini terjadi, adalah mungkin untuk memverifikasi bahwa mesin tidak bekerja secara normal lagi.

Bagaimana cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung

Salah satu penyebab paling umum dari gigitan tikus adalah kerusakan kabel, tali rem, dan pemutus jam karena kontaminasi serangga. Yang paling serius adalah kenyataan bahwa mesin tidak menyala dan tidak terdengar suara bising. Jeritan yang diikuti dengan bau terbakar adalah tanda bahwa kapasitor telah rusak.

Apa yang dimaksud dengan kapasitor? Kapasitor adalah komponen elektronik yang digunakan untuk menyimpan dan melepaskan muatan listrik. Kapasitor 2 Pelat atau pelat logam yang dioperasikan secara elektrik ditumpuk secara paralel dan terbuat dari baja dan sebuah isolator dipasang di antara pelat untuk memisahkan muatan listrik.

Kapasitor bekerja dengan elektron yang terkandung di dalamnya. Jika elektron bermuatan maka akan terjadi perubahan tegangan karena elektron akan mengalir ke komponen lain yang diperlukan. Unit kapasitor ditunjukkan oleh sinyal F (Farad). Faraday adalah satuan besar dan dalam elektronik satuan biasanya direduksi menjadi F.

Kegunaan utama kapasitor adalah untuk menyimpan dan melepaskan arus dan tegangan listrik, menjadi pemancar arus AC yang mengalir, menjadi pemutus arus DC, dan untuk mengubah generator dan filter fisika dan frekuensi dalam rangkaian catu daya.

Mesin cuci tidak berputar

Kegagalan kapasitor untuk mengoperasikan arus listrik adalah salah satu alasan utama mengapa motor di mesin cuci tidak berjalan. 1 tabung kapasitor mesin cuci, dengan 2 tabung lainnya. Kapasitor pada mesin cuci 2 tabung biasanya terdiri dari 4 kabel yang berbeda. Satu bagian spin digunakan untuk menggerakkan mesin, nilainya 4µF-6µF. Nilai pada mesin cuci antara 8µ F-10µF pada tegangan 400 volt.

Kapasitor biasanya ganda, yaitu 1 kapasitor memiliki dua bagian. Kapasitas tunggal motor Spin adalah antara 4µ F dan 6µF dan yang lainnya untuk mesin cuci adalah antara tegangan operasi 400Vac antara 8µ F dan 10µF.

Kapasitor yang sudah lama digunakan dapat menurunkan nilai fungsionalnya dan jika sudah aus pasti akan tergantikan dengan yang baru. Kapasitor banyak dijual dengan harga 20-25 ribu dengan harga terjangkau di toko elektronik.

Tips selanjutnya untuk cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung.

Bagaimana cara mengganti kapasitor mesin cuci?

Pegangan terletak di kiri bawah mesin cuci. Ada yang berbentuk kuboid, ada yang berbentuk tabung. Untuk mengganti kapasitor, Anda perlu membuka penutup belakang mesin cuci.

Langkah-langkah mengganti mesin cuci, perhatikan ukuran micro kapasitor saat membeli yang baru, coba cari kapasitor yang nilainya sama, buka koil pada penutup belakang mesin cuci, potong 4 kabel penghubung. Pada kapasitor, jika tidak ada yang sama, cari nilainya dengan ukuran mikro kapasitor Pertama kapasitor, gunakan pisau untuk melepas serat pada kabel, sambungkan ke kapasitor baru, ingat ada 4 kabel (2 ) merah dan 2 biru), kabel merah dan biru dengan garis putih Digunakan untuk putaran motor, kabel merah dan putih lembut digunakan untuk mesin cuci dan, jika dipasang, mesin cuci dapat diputar kembali.

Inilah cara memperbaiki pengering mesin cuci tidak berputar hanya mendengung. Semoga bisa membantu.

  • Bagikan