Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Dol

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Dol
Cara Memperbaiki Resleting Tas yang Dol

Cara memperbaiki resleting tas yang dol. Tas beritsleting atau resleting memiliki fungsi yang sangat penting untuk penggunaan tas itu sendiri. Resleting tas berfungsi untuk menutup bagian tas yang berisi barang dagangan agar tidak mudah lepas atau jatuh. Namun bagaimana jika tas wanita kesayangan Anda rusak pada bagian resleting atau resletingnya? Berikut beberapa tips untuk memperbaiki resleting atau resleting dompet yang rusak.

Penyebab Resleting rusak

Sebelum mulai dengan cara memperbaiki resleting tas yang dol, kita sebaiknya tahu penyebab resleting rusak.

Ini, adalah resleting secara umum. Bukan hanya untuk tas saja.

Hampir setiap orang pasti pernah berurusan dengan resleting yang rusak di baju, celana, tas atau jaket mereka. Entah resleting yang tidak mau menutup, gigi yang lepas, atau resleting yang suka lepas sendiri karena kurang kencang. Jika demikian, biasanya barang yang resletingnya rusak dianggap tidak dapat digunakan dan oleh karena itu dibuang begitu saja. Sebenarnya masih bisa diperbaiki.

1. Resleting Macet atau Sulit Digerakkan

Ritsleting macet bahkan setelah ditarik kencang biasanya disebabkan oleh ritsleting atau kepala yang terjerat oleh benang tipis yang mengelilinginya atau karena gigi ritsleting yang mengering.

Mengecoh dengan menggosok lilin pada gigi ritsleting untuk melumasinya. Selain menggunakan stik lilin, Anda juga bisa mengoleskan grafit pada ujung pensil atau mengoleskan jelly.

2. Cara memperbaiki resleting tas yang dol karena Resleting longgar dan tidak mau disambung.

Ada dua penyebab kerusakan ritsleting ini, bisa jadi gigi ritsleting kotor dan slider bengkok atau kendor. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecilkan ukuran tas (jika masalahnya ada pada resleting di dalam tas). Jadi ikuti langkah-langkah ini:

Jika gigi resleting kotor: Buatlah larutan air sabun, kemudian rendam dengan kapas dan gosokkan pada gigi resleting. Kemudian bilas dengan air bersih.

Jika slide bengkok atau longgar: Gunakan tang hidung jarum tajam untuk mengencangkan kepala engsel yang longgar atau memperbaiki posisinya jika bengkok.

3. Resleting yang suka turun sendiri dan terbuka karena gigi resleting mulai aus, biasanya terjadi pada celana

Cara memperbaiki resleting tas yang dol jika gigi ritsleting aus. Penggeser yang terbuka sendiri secara alami perlu diganti. Pada kenyataannya, gigi engsel yang aus tidak dapat diperbaiki kecuali dengan menggantinya. Tapi Anda masih bisa mengakalinya!

Gunakan gantungan kunci yang bisa Anda beli di toko jahit atau beli gantungan kunci bekas. Kaitkan pengait ini di atas lubang geser, tarik ke atas dan masukkan lubang gantungan kunci ke dalam kancing celana Anda.

4. Gigi bawah ritsleting longgar atau hilang, yang mencegah penggeser berfungsi dengan baik

  • Tarik penggeser (gigi dekompresi) sepenuhnya ke bawah hingga penggeser di sisi kiri ritsleting terlepas.
  • Lepaskan juga ritsleting yang berbentuk seperti terowongan persegi.
  • Pasang penggeser lalu seret ke atas.
  • Tempatkan ritsleting kembali di ujung bawah gigi.
  • Jahit gigi resleting yang patah agar tidak mudah sobek.

5. Kerusakan pada braket engsel atas juga dapat terjadi, menyebabkan penggeser mudah mudah turun sendiri

Cara memperbaiki resleting tas yang dol:

Tarik ritsleting ke atas lalu balikkan baju atau celana sehingga bagian dalam ritsleting berada di luar.

  • Temukan jahitan yang menahan penahan ritsleting atas, cungkil dan tarik dengan tang untuk melepaskan penahan ritsleting atas.
  • Masih pada posisi yang sama, masukkan gigi kiri ke sisi kiri kepala engsel, lakukan hal yang sama ke sisi kanan.
  • Pegang bagian bawah ritsleting dengan satu tangan, sementara tangan lainnya menggerakkan kepala ritsleting ke tengah.
  • Balikkan kemeja atau celana ke depan dan letakkan penahan ritsleting atas di atas gigi atas di sisi kiri ritsleting. Kemudian tekan dengan tang dan kencangkan.
  • Jahit lapisan pembuka ritsleting yang ditutup dengan jarum dan benang.

Memang, memperbaiki resleting yang rusak ini membutuhkan kesabaran, apalagi jika ada fase menjahitnya juga. Namun tak ada salahnya mengaplikasikannya sebelum meminta penjahit untuk memperbaikinya. Jika Anda dapat menangani masalah kecil seperti ini sendiri, status Anda tidak jauh dari kata “mandiri”.

Cara memperbaiki resleting rusak

1. Dengan Lilin

Tas wanita model apapun, mahal atau murah, pasti rusak atau macet di area resleting atau resleting. Jika itu terjadi, manfaatkan candle. Ambil lilin dan gosokkan pada engsel gigi. Lakukan ini berulang kali karena tersangkutnya gigi ritsleting juga bisa disebabkan oleh dehidrasi.

Nah, wax di sini berguna sebagai pelumas yang baik untuk membuat ritsleting dompet wanita favorit Anda dapat digunakan kembali. Selain gigi ritsleting, Anda juga bisa menggosokkan badan pencuci ke rel atau rel ritsleting, lalu coba buka dan tutup berulang kali hingga ritsleting tas benar-benar mulus. Cara ini tentunya sangat sederhana dan cocok diterapkan pada engsel yang macet.

2. Pastel / Crayon

Cara memperbaiki resleting tas yang dol dengan craton tidak jauh berbeda dengan menggunakan lilin. Perlu Anda ketahui bahwa crayon atau krayon yang biasa digunakan anak-anak juga mengandung lilin. Anda dapat menggosok bagian ritsleting yang rusak atau macet dan mencoba membuka dan menutup ritsleting berulang kali hingga meluncur kembali dengan lancar.

3. Cara memperbaiki resleting tas yang dol dengan Lotion

Tidak ada lilin atau krayon? Wanita harus selalu memiliki lotion di tangan. Ya, kamu bisa menggunakan lotion yang biasa kamu pakai setiap hari untuk memperbaiki resleting yang rusak atau macet. Caranya adalah dengan mengoleskan lotion pada resleting yang rusak atau macet. Jika Anda memakainya perlahan dan mencoba membuka dan menutup ritsleting berulang kali sampai meluncur kembali dengan lancar.

Apakah Anda memiliki Vaseline di rumah? Selain manfaat kulit yang baik, ternyata petroleum jelly juga dapat membantu Anda mengatasi masalah resleting yang rusak. Dengan menggunakan kapas, Anda bisa mengoleskan petroleum jelly ke gigi kantong berritsleting.

Setelah itu, coba tarik perlahan resleting yang sudah diolesi petroleum jelly. Buka dan tutup ritsleting berulang kali untuk memastikan ritsleting tidak rusak atau dipasang kembali. Setelah Anda memilikinya, tas wanita favorit Anda siap digunakan kembali!

4. Minyak Goreng

Tips lain untuk memperbaiki resleting dompet yang rusak atau macet adalah dengan menggunakan yang ada di dapur. Apa itu? Ya, Anda juga bisa menggunakan minyak goreng. Mengoleskan minyak goreng pada kantong ziplock akan memudahkan untuk membuka dan menutup kembali ziplock. Hal ini karena minyak goreng berfungsi sebagai pelumas kantong resleting agar lebih mudah dipindahkan dan tidak tersangkut lagi.

Nah, mudah bukan? Namun cara di atas hanya berlaku untuk resleting tas yang rusak akibat macet, Beautynesian. Jika ritsleting tas rusak parah dan model tas apa pun yang Anda miliki, segera bawa ke bengkel tas untuk segera diganti ritsleting atau ritsletingnya.

5. Kapur Barus

Menggosok resleting dengan kapur barus bisa membuat resleting lebih licin saat direkakkan.

Bonus selain tas:

Cara memperbaiki resleting jaket yang rusak

Ini bisa sangat mengganggu karena kepala ritsleting sudah ditarik tetapi tidak pas (ritsleting). Penyebabnya bisa karena kotoran, gunakan trik colek dengan crayon atau wax.

Perbaiki ritsleting jaket yang rusak

Penyebab utama ritsleting rusak tidak menutup adalah bagian kepala penggeser yang lepas sehingga mencegah kepala ritsleting terhubung dengan baik ke kedua sisi ritsleting. Lihat tipsnya di bawah ini:

  • Ambil tang untuk mengencangkannya kembali.
  • Pasang caliper di kiri dan kanan head
  • Tekan perlahan sambil mencoba menggeser ritsleting.
  • Saat kedua sisi gigi mulai menyatu, hentikan penekanan.
  • Dengan cara ini kursor (header) dapat berfungsi kembali dengan baik.

Periksa juga apakah gigi resleting mulai bergerak, gunakan tang untuk mengembalikannya ke posisi awal. Dengan ritsleting jeans, ini biasanya terjadi karena bagian pengunci bawah telah dilepas. Sobat dapat mencoba menghasilkan poin yang dapat memblokir bagian bawah.

Perbaiki ritsleting yang selalu turun

Ada trik menarik untuk menyiasatinya, ambil saja seutas kawat melingkar dari gantungan kunci. Pasang ke penarik ritsleting dan gantung di kancing jeans setelah ditutup. Gantungan kunci juga dapat digunakan untuk menerima penarik ritsleting yang rusak.

Kesimpulan Cara memperbaiki resleting tas yang dol

Nah, itulah ikhtisar singkat tentang tips mengatasi dan memperbaiki resleting. Baik resleting saku, resleting jaket dan jeans yang rusak dan menjadi macet atau bisa juga dol. Semoga tip ini akan sangat berharga bagi pembaca lain yang sedang berjuang melawan masalah ini.

  • Bagikan