Cara Memperbaiki Sinyal Indosat Simak Mudahnya

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Sinyal Indosat
Cara Memperbaiki Sinyal Indosat

Cara memperbaiki sinyal Indosat. Pernah mengalami kartu indosat yang lambat untuk berinternet? Tentunya pernah. Tetapi, bagaimana cara mudah dan teruji untuk mengatasinya? Silahkan simak dibawah ini:

Cara mengatasi Indosat lambat tidak bisa berselancar internet – Anda adalah pengguna kartu Indosat yang sering mengalami masalah sinyal lemot yang menghalangi Anda untuk berselancar.

Jika YA, kami akan membahas cara memperbaiki masalah ini.

Koneksi internet lambat dari Indosat Ooredoo dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti hilangnya jaringan 3G, HSPA, 4G, gangguan sinyal jaringan dan banyak faktor yang mungkin tidak kita sadari.

Cara memperbaiki sinyal Indosat

Selain faktor teknis tersebut di atas, ada faktor lain yang mempengaruhinya, seperti waktu akses internet saat jam sibuk di daerah padat penduduk pengguna Indosat.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Akamai Technologies, koneksi internet di Indonesia jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Indonesia menempati urutan ke-6 dengan kecepatan internet rata-rata di Asia.

Cara Mengatasi Indosat Lemot?

Cara Mengatasi Paket, Sinyal, dan Jaringan Indosat Ooredoo Lambat 4G

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika ingin mengatasi masalah paket, sinyal dan jaringan indosat yang lemot meskipun sinyal dan jaringan sudah 4G.

Cara paling efektif dan terpenting untuk mengembalikan Indosat Internet menjadi normal dengan menggunakan dan memilih APN yang tepat dan cepat.

Cara memperbaiki sinyal Indosat di iPhone dan Android?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mengalami akses lemot dan lambat bahkan tidak menerima sinyal dan jaringan di smartphone Android atau iPhone Anda.

Metode ini sangat mirip. Anda tinggal menyesuaikannya secara perlahan selangkah demi selangkah.

1. Gunakan mode jaringan 3G/4G atau otomatis

Cara pertama mengatasi Indosat lemot adalah dengan menggunakan mode jaringan 3G/4G. Untuk ponsel yang dirilis sebelum tahun 2018, Anda dapat menggunakan fitur ini di menu Pengaturan ponsel Anda.

Meskipun pengguna HP dirilis setelah 2018, fitur ini telah dihapus. Solusinya pilih salah satu mode jaringan, baik 3G maupun 4G.

Hal ini dikarenakan tidak semua lokasi di Indonesia memiliki jaringan 4G yang baik dan stabil. Anda juga dapat menggunakan mode otomatis jika tidak ingin mengganggu. Menggunakan mode otomatis, ponsel akan secara otomatis mencari jaringan dan sinyal yang kuat dan stabil untuk diterapkan ke ponsel.

Dengan cara ini Anda dapat menghemat lebih banyak biaya. Tetapi mode jaringan yang dipilih adalah: 3G

2. Mode pesawat hidup dan mati

Cara memperbaiki sinyal Indosat

Setelah memeriksa apakah ada perbaikan jaringan atau tidak, Anda dapat melakukan reset jaringan. Untuk mengatur ulang jaringan, Anda dapat melakukannya dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat.

Ini akan secara otomatis memulihkan jaringan di telepon Anda atau Anda dapat mematikan dan menghidupkan telepon lagi.

Berikut cara mengatur ulang jaringan dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat:

  • Buka menu pengaturan.
  • Pilih menu Mode Pesawat.
  • Kemudian aktifkan mode pesawat.
  • Atau Anda juga dapat menggulir notifikasi lalu klik Airplane Mode / Airplane Mode.
  • Setelah Anda mengaktifkannya, matikan kembali hingga sinyal muncul kembali di ponsel.

3. Modifikasi Mode jaringan di HP – Cara memperbaiki sinyal Indosat

Buka Pengaturan > Pilih Jaringan Seluler > Jenis Jaringan Pilihan

Beralih ke 3G only / Pilih mode 3G atau 4G only jika lokasi dan gadget Anda sudah mendukung jaringan 4G secara otomatis.

4. Nonaktifkan dan mulai ulang paket data

Cara ini membuat HP mencari jaringa lain yang lebih stabil.

Mengatasi sinyal indosat yang hilang

Anda dapat melakukan reset jaringan dengan menonaktifkan kartu SIM. Berikut cara menonaktifkan kartu SIM.

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih menu Koneksi.
  • Kemudian buka menu manajemen kartu SIM.
  • Kemudian gulir untuk mengaktifkan dan menonaktifkan.
  • Sinyal di telepon kembali normal.

5. Aktifkan cache dan cookie di HP

Cara memperbaiki sinyal Indosat lain dengan mengaktifkan cache. Untuk mendapatkan akses cepat, Anda perlu mengaktifkan cache dan cookie di ponsel Anda. Cache berguna sebagai tempat untuk menyembunyikan atau menyimpan sementara.

Cara ini dilakukan untuk meningkatkan transfer data dengan menyimpan data yang telah Anda akses menggunakan cache sehingga ketika Anda mengunjungi situs tertentu yang Anda login, cache akan membantu Anda mengakses halaman tersebut lebih cepat.

6. Mulai ulang koneksi / Mulai ulang ponsel cerdas

Cara lain untuk memperbaiki koneksi internet yang lambat adalah dengan restart koneksi atau restart smartphone. Cara ini dilakukan untuk memperbarui koneksi internet di ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya dengan cara memutuskan sambungan (disconnecting) dari Internet kemudian menyambungkan kembali (reconnecting) melalui icon jaringan atau biasa disebut dengan tombol Data Pack.

Jika langkah-langkah sebelumnya masih belum berhasil dengan benar, Anda bisa melakukan force restart pada HP. Caranya adalah dengan menonaktifkan lalu mengaktifkan kembali gadget yang mengalami masalah koneksi internet lambat.

7. Cara memperbaiki sinyal Indosat lewat APN

Masalah sinyal yang hilang juga dapat disebabkan oleh pengaturan APN yang salah. Anda dapat mengembalikan pengaturan APN default dengan masuk ke menu Setting, lalu buka menu Connections, lalu buka menu Jaringan Seluler dan buka menu APN/Access Points.

Oh ya, jangan salah untuk mengubah pengaturan APN karena dapat menyebabkan sinyal atau jaringan internet tidak muncul dan menjadi lambat.

Jika terjadi kesalahan pada pengaturan APN, maka dipastikan koneksi internet tidak dapat terhubung atau ditolak oleh operator. Berikut cara cek APN di smartphone Android terbaru atau iOS iPhone.

  • Buka Pengaturan > Pilih Jaringan Seluler > Pilih APN
  • Isi beberapa pengaturan APN sebagai berikut:
  • Nama APN, misalnya Indosat Ooredoo
  • APN: Indosatgprs.
  • Nama Pengguna: Indosat (atau kosong saja).
  • Password: Indosat (atau biarkan kosong)
  • Untuk informasi, tekan *#*#4636#*#* > Pilih Phone Information > pilih menu yang muncul.

8. Akses internet di jam bebas

Akses jam bebas memberi solusi Cara memperbaiki sinyal Indosat.

Menggunakan internet di malam hari dapat meningkatkan kecepatan dengan sendirinya, karena aktivitas internet banyak orang di malam hari juga sangat minim, sehingga server akan berjalan lebih sedikit dan ini tentu akan membantu membuat kecepatan internet menjadi lebih kuat.

Banyak kasus mengklaim bahwa kecepatan internet mereka sangat lambat bahkan ketika mereka mencoba mengakses email atau membuka Google.

9. Ganti dengan Kartu Internet lainnya

Jika semua cara di atas sudah dilakukan, namun tidak ada perubahan kecepatan akses internet yang signifikan, Anda bisa mengganti kartu Indosat Anda dengan Kartu Perdana Internet lain. Di Indonesia, ada banyak paket perdana internet dengan harga terbaik. Rendah yang bisa Anda datangi ke tempat penjualan / konter terdekat.

10. Cek Kartu SIM Indosat Ooredoo

bagaimana memulihkan sinyal yang hilang ?

Jika melakukan metode di atas tidak dapat memulihkan sinyal yang hilang, Anda harus dapat memeriksa kartu SIM yang digunakan.

  • Buka tutup kartu SIM ponsel cerdas.
  • Kemudian periksa kartu SIM tembaga apakah masih dalam kondisi baik atau rusak. Jika kartu SIM rusak, Anda dapat mengganti kartu SIM dengan yang baru.

Jika tidak, maka Anda bisa mengecek hardware dari smartphone, bisa jadi sumber masalah sinyal yang hilang adalah IC sinyal yang rusak pada komponen ponsel yang mencegahnya bekerja secara maksimal.

11. Pilihan lain cara memperbaiki sinyal Indosat

Atau Anda bisa menghubungi Call Center Indosat Ooredoo untuk menanyakan penyebab sinyal hilang. Customer service akan membantu Anda mengatasi masalah kehilangan sinyal yang Anda alami, namun jika Anda ingin segera mendapatkan bantuan, Anda bisa menghubungi galeri Indosat Ooredoo terdekat di kota Anda.

  • Call Center Telp: (021) 3000 3000
  • Facebook: IM3 Ooredoo
  • Instagram: @im3ooredoo
  • Twitter: @im3ooredoo

Mengapa sinyal Indosat lambat?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan sinyal Indosat melambat. Dari rangkaian diatas telah kami jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan internet suatu ISP. Faktor-faktor tersebut antara lain: jaringan 4G atau jaringan berkecepatan tinggi yang tidak tercakup dengan baik, lalu lintas pengguna yang sangat padat, kurangnya infrastruktur jaringan di satu area.

Semoga apa yang telah dijelaskan dapat membantu anda yang sedang kesal karena kecepatan internet yang sangat lambat, coba terapkan cara diatas dan pastikan juga daerah anda memiliki jaringan BTS yang cukup untuk mengakses internet.

Itulah beberapa tips atau cara mengatasi koneksi internet Indosat Ooredoo yang lemot di setting smartphone yang bisa anda bagikan. Semoga bermanfaat~

Cara memperbaiki sinyal Indosat yang tidak terlihat / hilang 2020

Cara memperbaiki sinyal Indosat – Akhir-akhir ini sering kita jumpai masalah sinyal hilang. Penyebab hilangnya sinyal tidak hanya disebabkan oleh operator telepon seluler, tetapi hilangnya sinyal pada telepon seluler dapat disebabkan oleh kelalaian kami. Bagi Anda yang menggunakan provider Indosat Ooredoo, Anda akan sering menjumpai masalah tersebut.

Jika sinyal hilang karena perbaikan jaringan atau sedang dalam pemeliharaan, sinyal hanya akan hilang sementara. Ketika perbaikan jaringan Indosat selesai beberapa waktu kemudian, sinyal akan kembali normal seperti biasa.

Jika terjadi masalah kehilangan sinyal, justru akan mengganggu operasional kami saat menggunakan layanan Indosat Ooredoo. Misalnya saat Anda melakukan transfer pulsa ke sesama Indosat dan tiba-tiba sinyal turun, pasti Anda akan merasa kesal dan terganggu. Oleh karena itu, kami sebagai pengguna harus dapat menentukan penyebab hilangnya sinyal, bisa dari provider Indosat atau bisa juga karena kelalaian kami sebagai pengguna.

Kami tidak dapat menerima sinyal jika terjadi kerusakan pada handphone seperti kerusakan IC sinyal atau kerusakan pada kartu SIM Indosat Ooredoo. Jadi kami pengguna kartu SIM dan ponsel harus lebih berhati-hati saat menggunakannya, kelalaian kami dapat menyebabkan kerusakan pada ponsel atau kartu SIM.

Cara Mengatasi Indosat Lemot / Tidak Tampil/Hilang

Nah jika ada perbaikan jaringan oleh Indosat Ooredoo, anda bisa mengecek informasi perbaikan tersebut di media sosial Indosat seperti Twitter, Instagram dan Facebook. Biasanya, jika masalah sinyal hilang karena perbaikan, akan diumumkan di media sosial atau SMS.

Namun jika tidak ada, bisa jadi disebabkan oleh kerusakan pada ponsel atau pengaturan jaringan sinyal yang salah.

Kata Terakhir Cara Memperbaiki Sinyal Indosat

Demikian artikel yang dapat kami tayangkan tentang Cara Mengatasi Sinyal Indosat Ooredoo Hilang. Semoga bermanfaat dan bermanfaat bagi para pengguna kartu SIM Indosat Ooredoo dimanapun Anda berada.

  • Bagikan