Apa yang Dimaksud dengan HP

Apa yang Dimaksud dengan HP
Apa yang Dimaksud dengan HP

Apa yang dimaksud dengan HP? Adalah Handphone atau telephone genggam dalam Bahasa Indonesia. Merupakan alat telekomunikasi nirkabel. Alat komunikasi yang kemampuannya sama dengan telepon rumah. Tetapi bisa dibawa kemana – mana.

Ponsel pintar atau smartphone menjadi semakin populer setiap tahun. Padahal, saat ini semua orang sudah menggarap smartphone sebagai kebutuhan pokok. Mereka memiliki gadget yang satu ini untuk anak-anak SD dan dewasa.

Apa yang dimaksud dengan HP

Gadget ini menjadi salah satu alasan utama mengapa begitu banyak merek dan smartphone murah yang begitu populer. Sebagai pengguna smartphone, pernahkah Anda bertanya-tanya kapan ponsel pertama kali muncul? Jika pertanyaan ini muncul di benak, simak sejarah perkembangan ponsel dari dulu hingga sekarang.

Sejarah ponsel di tahun 70-an

  • Motorola DynaTAC

Ponsel pertama kali muncul di dunia, pada tahun 70-an, pada tahun 1973, Martin Cooper menjadi orang pertama yang memperkenalkan ponsel. Sosoknya merupakan salah satu yang terpenting dalam bisnis telekomunikasi di Amerika Serikat. Ya, benda canggih ini pertama kali muncul di New York. Motorola DynaTAC menjadi ponsel yang digunakan Cooper saat itu.

Berbeda dengan ponsel yang Anda gunakan saat ini, Motorola DynaTAC jauh lebih besar. Ukurannya yang besar membuatnya fleksibel saat dibawa bepergian. Bahkan, ponsel ini konon memiliki bobot hingga 1 kg lho. Ini sangat berbeda dengan ponsel yang beratnya kurang dari 200 gram.

Sejarah ponsel di tahun 80-an

  • Motorola DynaTAC 8000X

Sepuluh tahun setelah peluncuran Motorola DynaTAC, ponsel terbaru, Motorola DynaTAC 8000X, muncul pada tahun 1983. Berbeda dengan Motorola DynaTAC 1973, ponsel baru ini pertama kali diluncurkan secara resmi. Masyarakat dapat menggunakannya sebagai sarana komunikasi. Meskipun banyak perbaikan, ponsel ini masih memiliki berat sekitar 793 gram.

Baterai pada Motorola DynaTAC 8000X mampu bertahan hingga 8 jam. Sebagai ponsel pertama yang diperdagangkan, tidak mengherankan jika harganya sangat mahal, sekitar $ 4.000. Hal ini tidak mengherankan mengingat ponsel pada awal pesan mereka ditujukan hanya untuk kelas menengah ke atas.

BACA JUGA:   7 Cara Cek Laptop Second Sebelum Membeli

Apa yang dimaksud dengan HP.

Tidak hanya itu, pada tahun 1980-an Motorola terus mengupdate dan mengupdate produknya. Merek ponsel ini telah merilis ponsel baru yang ramah pengguna. Motorola MicroTak 9800X juga memiliki ponsel yang ringan. Jadi akan lebih nyaman jika Anda ingin membawanya dalam perjalanan.

Beratnya mencapai 300 gram, tetapi baterai Motorola MicroTAC 9800X hanya bertahan selama 30 menit. Meski performanya lemah dibandingkan ponsel yang sudah ada, kemunculan Motorola generasi baru masih disambut luas oleh masyarakat. Uniknya, ponsel baru ini juga memiliki antena plastik. Namun, kehadiran antena ini tidak memiliki fungsi yang berarti dan hanya manis.

Sejarah ponsel di tahun 90-an – Apa yang dimaksud dengan HP

  • Nokia 3210

Dibandingkan dengan ponsel tahun 70-an dan 80-an, ponsel yang terlihat di tahun 90-an tentu lebih canggih. Perusahaan telekomunikasi terus tumbuh dan memperbarui. Bahkan, untuk pertama kalinya, ponsel digunakan. Namun jangan harap bisa browsing web menggunakan ponsel ini.

Selain menggunakan dan menerima ponsel dari tahun 1992, Anda dapat mengirim pesan teks melalui SMS. Pada tahun yang sama, IBM Simon muncul, menjadikannya smartphone pertama di dunia. Anda dapat menggunakan smartphone ini untuk telepon, mesin faks, pager, dan personal digital assistant (PDA).

Pada tahun 1990-an, nama Nokia menjadi populer. Kehadirannya langsung menantang reputasi Motorola. Di tengah jalan, Nokia langsung merilis beberapa ponsel yang bisa Anda pilih. Nokia 3210 adalah salah satu smartphone terlaris di pasar. Tak butuh waktu lama, hingga 160 juta perangkat Nokia terjual di pasaran. Tentu tak sedikit masyarakat Indonesia yang terlibat dalam perilisan Nokia 3210 tersebut.

Sejarah ponsel di tahun 2000-an

  • Sharp J-SH04

Apa yang dimaksud dengan HP. Kata smartphone menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Tidak, kemunculan Sharp J-SH04 semakin menarik perhatian publik. Pasalnya, smartphone ini sudah dilengkapi dengan kamera. Ya, Sharp J-SH04 adalah ponsel pertama yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto. Tak hanya itu, ponsel ini memiliki berbagai fitur canggih di dalamnya, lho.

Misalkan merek ponsel lain tidak kalah rumitnya setelah Sharp J-SH04, salah satunya adalah BlackBerry 5810. Tidak seperti ponsel yang telah dirilis di masa lalu, ponsel ini sepenuhnya terhubung ke Internet. Bahkan, Anda dapat menggunakan ponsel ini secara maksimal hanya jika terhubung ke Internet.

BACA JUGA:   Cara Daftar Kartu XL Tanpa KK Valid

Apa yang dimaksud dengan HP.

Apple memperkenalkan smartphone populer tahun ini. Kemunculan merek smartphone mahal ini mendapat sambutan baik dari masyarakat, terutama kalangan menengah. Tidak, kemunculan iPhone menawarkan konsep baru, yakni smartphone layar sentuh. Konsep ini masih berbeda dengan ponsel merek lain yang mengusung konsep keyboard.

iPhone pertama

IKLAN. Dengan diluncurkannya iPhone pada tahun 2007, ponsel ini akan dapat menggunakan jaringan internet 3G. Tergantung koneksi jaringan 3G, pengguna iPhone akan bisa browsing dengan leluasa di dunia maya. Tak lama setelah iPhone diperkenalkan dengan sistem operasi iOS, HTC memperkenalkan perangkat Android baru. Sukses di merek ponsel lain telah menyebabkan dirilisnya smartphone berbasis Android.

Sejarah ponsel di tahun 2010-an – Apa yang dimaksud dengan HP

  • Blackberry

Percaya atau tidak, Di awal 2010, Blackberry menjadi hari terbaik. Bahkan, jika Anda hanya menggunakan salah satu dari alat ini, itu akan dianggap keren. Karena popularitasnya, Indonesia dianggap sebagai konsumen blackberry terbesar kedua di dunia. Sayangnya, perilisan perangkat iOS dan Android membuat BlackBerry kurang populer.

Akhirnya, BlackBerry tidak bisa bersaing dengan banyak smartphone baru. Konsep layar sentuh ponsel lebih menarik perhatian ketimbang Blackberry yang masih setia dengan model Kipad QWERTY. Bahkan, banyak orang yang menggunakan BlackBerry telah beralih ke perangkat berbasis iOS atau Android.

  • Smartphone – Apa arti HP

Kecepatan internet juga meningkat akhir-akhir ini. Pengguna smartphone dapat mengakses internet cepat melalui jaringan 4G. Namun, jaringan 4G hanya bisa digunakan dengan smartphone yang mendukungnya. Tidak hanya itu, hingga akhir 2010, semakin banyak perangkat yang mendukung jaringan 5G. Bisakah Anda menjadi orang pertama yang mengakses Internet di jaringan 5G?

Selain peningkatan baru-baru ini di layar teknis dan jaringan, smartphone baru juga menawarkan sejumlah manfaat di berbagai bidang. Teknologi fast charging, prosesor yang sangat cepat, dimulai dengan kapasitas baterai yang tahan lama dengan kapasitas RAM dan ROM yang besar.

Inilah artikel tentang apa yang dimaksud dengan HP? Bahwa sejarah ponsel tumbuh dari tahun ke tahun dan selalu meningkat. Teknologi baru apa yang akan tersedia dalam beberapa tahun ke depan? Mari kita tunggu saja!