Bumbu Rendang Daging Sapi 1 kg
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 kg. Sumber Gambar: Google.com

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg

Bumbu rendang daging sapi 1 kg atau resep rendang daging kali ini adalah seperti judulnya. Yaitu untuk membuat rendang dari 1 kg daging sapi. Tetapi pertama-tama, mari kita lihat beberapa tips cara memasak daging sapi!

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg

1. Gunakan daging sapi yang tepat

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Daging sapi
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Daging sapi. Sumber Gambar: Google.com

Ciri khas rendang adalah memasaknya dalam waktu yang lama, sehingga bumbu meresap dengan baik ke dalam daging. Jadi untuk membiakkan daging sapi, gunakan bagian daging yang kokoh seperti paha – terutama paha luar.

Hindari menggunakan bagian daging yang lunak seperti deep hash karena jenis ini akan mudah pecah jika Anda masak dalam waktu lama. Jadi, untuk rendang, biasa kita masak sekitar 4 jam.

 

2. Sebarkan daging dan bumbu secara merata

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Daging dan Bumbu
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Daging dan Bumbu. Sumber Gambar: Google.com

Untuk mendapatkan cita rasa yang maksimal sebaiknya dibuat bahan segar yang tidak terpakai dengan cara menggiling dan mencampur bumbu rendang.

Setelah halus, tuang santan dan rebus bersama bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah menambahkan minyak dan mengeluarkannya, itu ditambahkan untuk memasak sampai daging siap.

 

3. Gunakan santan secukupnya

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Santan
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Santan. Sumber Gambar: Google.com

Santan merupakan salah satu bahan utama dalam rasa manis rendang. Oleh karena itu, konsumsi santan yang cukup berperan penting dalam cita rasa rennet.

Biasanya perbandingan daging dan santan adalah 1:3, yaitu 1 kg daging sama dengan 3 santan. Jika Anda ingin membuat rendang pedas, Anda dapat menggunakan 250 gram cabai dan 4 santan untuk setiap 1 kg daging.

 

4. Masak Rendang dengan api kecil

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Kompor
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Kompor. Sumber Gambar: Google.com

Jadi cara memasak rendangnya adalah dengan menggunakan api kecil selama beberapa jam, agar bumbunya menyatu dengan baik dan dagingnya empuk. Jika Anda suka daging sapi kering, masak selama 5-6 jam.

Namun kalau Anda ingin memasak rendang basah, masak selama sekitar 4 jam. Jika Anda masak hanya 3 jam, Anda tidak akan mendapatkan rendang, tetapi campuran kaya jus kentang dan santan dan rempah-rempah.

Selama daging sapi Anda masak dengan bumbu, tidak perlu Anda aduk secara teratur untuk mencegah pembusukan. Namun, Rendang perlu Anda balik sesekali untuk menghindari gosong. Tentu saja, Anda harus berhati-hati dengan bentuk potongan dagingnya.

Namun, terkadang memasak makasan seperti rendang tidak semua orang mengetahui caranya. Jadi, ketahui juga kesalahan apa saja yang sering orang lakukan saat memasak rendang, agar Anda bisa menghindarinya.

Kesalahan Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg dan Memasaknya

1. Potongan daging yang salah atau sangat kecil

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Potongan Daging
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Potongan Daging. Sumber Gambar: Google.com

Ada dua hal yang bisa mengurangi kenikmatan makan Rendang: dagingnya berat atau dagingnya pecah-pecah. Rendang memasak banyak waktu, menjadikannya perpaduan yang luar biasa dari bahan-bahan lembut dan pedas.

Namun, potong daging menjadi 2-3 jari dan pilih daging paha agar tidak hancur saat Anda masak. Lalu bagaimana dagingnya bisa tetap kuat? Pertama-tama, Anda perlu memahami bahwa salah satu penyebab daging keras adalah cara memotong yang salah.

Cara memotong yang benar adalah dengan memotong daging berlawanan arah dengan arah uratnya. Dengan cara ini, maka daging menjadi lebih lembut saat Anda kunyah.

 

2. Konsumsi santan muda untuk resep rendang daging

Santan Kelapa Tua
Santan Kelapa Tua. Sumber Gambar: Google.com

Minyak yang rendang keluarkan selama persiapan rendang dapat membuat makanan lebih enak. Nah, jika daging yang akan Anda masak selama proses memasak kering, maka santan yang Anda gunakan mungkin terlalu sedikit.

Jadi, jika Anda ingin rendang Anda terasa lebih enak, maka gunakan santan kental dari santan tua. Santan jenis ini mudah Anda dapatkan di pasaran. Pastikan untuk mencampur santan dan bumbu lainnya dengan Maggi Magic Delicious Serbaguna agar lebih enak.

 

3. Jumlah bumbu yang Anda gunakan tidak tepat

Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Rendang Bumbu
Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg Rendang Bumbu. Sumber Gambar: Google.com

Salah satu bahan utama dalam membuat rendang yang lezat adalah rempah-rempah. Jadi selain memilih santan dari santan tua pastikan Anda memasukkan jumlah bumbu yang tepat.

Misalnya berapa banyak santan yang harus Anda ambil, berapa sendok makan gula, merica, dan bumbu lainnya yang Anda butuhkan.

Kemudian, tambahkan, misalnya, untuk menyiapkan 8-10 rendang, Anda membutuhkan 1 kg daging sapi, 3 hingga 4 ons santan, dan 1 kantong Maggi Magic untuk menciptakan rasa yang sempurna.

 

4. Masak menggunakan api yang sangat besar

Kompor Api Besar
Kompor Api Besar. Sumber Gambar: Google.com

Selain cara pemotongan daging yang salah, api yang besar juga menjadi salah satu penyebab sulitnya daging matang merata. Selain itu, memasak dengan suhu tinggi cenderung menyebabkan rendang terlalu cepat kering atau mudah gosong, namun bumbunya tidak terserap dengan baik.

Oleh karena itu, cara memasak rendang yang paling baik adalah dengan api kecil dalam waktu yang lama, yaitu 4-5 jam. Dengan cara ini rasa unik rempah dan santan berpadu dengan bumbu dan sedikit demi sedikit meresap ke dalam daging. Selain itu, dagingnya akan lebih empuk dan aroma manisnya perlahan akan keluar.

Resep Rendang Daging Padang

rendang-resep
rendang-resep. Sumber Gambar: Google.com

Bahan:

  • 1 kg daging sapi
  • 1 lembar daun kunyit ujungnya
  • 10 lembar daun jeruk purut
  • 2 buah asam permen/asam gelgol
  • 2 buah bunga utuh
  • 2 liter santan
  • 3 batang serai rusak
  • 4 butir kapulaga
  • 5 cm kayu manis
  • 5 sdm minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Gula untuk Anda cicip

Bumbu halus;

  • Bawang merah 10 siung
  • 25 gram jahe
  • 25 gram lengkuas
  • 250 gram cabai merah atau sebagai penyedap rasa
  • 4 pecan
  • Bawang putih 5 siung

Cara:

Pertama potong daging menjadi irisan tipis dengan panjang yang Anda inginkan untuk resep rendang daging. Kemudian cuci daging yang sudah Anda potong dengan air mengalir agar daging bebas dari kuman dan kotoran. Tiriskan dan sisihkan.

Cuci bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe, lengkuas dan juga lilin sangrai. Pastikan semua bumbu halus. Kemudian, panaskan wajan, beri sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum.

Selanjutnya, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, kayu manis, kapulaga, permen, dan lolipop utuh. Gerakkan secara merata hingga bahan mengering dan warnanya memudar.

Masukkan irisan daging sapi ke dalam bumbu, aduk rata hingga daging berwarna kecoklatan. selanjutnya, tuang santan dan aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jangan lupa tambahkan garam dan gula sesuai selera. Kemudian coba tes rasa.

Masak daging dengan api sedang hingga santan mendidih. Setelah santan mendidih, maka kecilkan api dan lanjutkan memasak hingga santan mengeluarkan minyak.

Kecilkan api lagi, kemudian  aduk hingga santan mengering dan minyak meresap ke dalam daging. Da, selesai, daging sapi yang lezat siap Anda sajikan dan juga Anda santap bersama keluarga.

Kesimpulan Bumbu Rendang Daging Sapi 1 Kg

Masakan Daging Sapi
Masakan Daging Sapi. Sumber Gambar: Google.com

Jangan ragu untuk mencoba resep daging sapi unik di atas yang sangat cocok untuk momen lebaran atau hari raya. Untuk resep  rendang daging sapi 1/2 kg bisa menyesuaikan bahan atau bumbunya saja.

Aku yakin Anda sama-sama pandai memasak. Jadi, Anda dapat mengukur bahan-bahan dengan cara tersendiri, misalnya, dengan menyiapkan 10 k atau 5 kg  rendang.

Kunjungi juga

Download GB Whatsapp Apk

Download GB Whatsapp Apk dan Cara Menggunakannya

Download GB Whatsapp Apk  dan cara menggunakannya dengan aman dan supaya tidak kena bannned. Juga, …