Cara Mudah Meredakan Emosi Amarah Dengan Cepat

  • Bagikan
Meredakan Emosi Amarah
Ilustrasi Meredakan Emosi Amarah

Amarah berasal dari kata marah yang merupakan suatu bentuk emosi manusia yang bila dilihat secara fisik. Amarah dapat mengakibatkan meningkatnya denyut jantung serta tekanan darah serta tingkat andrenalin. Jika dilihat dari ekspresi luar amarah dapat terlihat manakala terjadi perubahan pada bentuk raut muka. Bahasa tubuh serta respon psikologis. Amarah merupakan bentuk emosi yang berlebihan yang terjadi pada manusia dan merupakan sifat alami yang lumrah terjadi pada semua orang. Karena pada dasarnya manusia memang diciptakan dengan sifat amarah untuk dapat menjada diri dari hal yang bertentangan dengan diri di lingkungannya. Bagaimana cara Meredakan Emosi Amarah dengan cepat?

Pada hakikatnya setiap orang memiliki kemampuanyang berbeda beda dalam mengatasi amarah yang muncul pada diri mereka masing-masing. Hal tersebut erat kaitannya berdasarkan pendidikannya serta lingkungan sekitar. Namun ada beberapa tips ataupun cara yang mungkin anda dapat terapkan dalam meredakan amarah saat amarah itu terjadi pada anda. Berikut adalah beberapa Cara Meredakan Emosi Amarah Dengan Cepat.

Begini cara Meredakan Emosi Amarah dengan cepat

Cobalah untuk Diam dan Menenangkan Diri

Rileks dan sabar dalam Meredakan Emosi Amarah
Ilustrasi untuk rileks dan santai

Amarah merupakan sebuah siklus agresi dimana terdiri dari eskalasi,eksplosi,serta paska eksplosi. Dengan demikian ada baiknya anda mencoba untuk menenangkan diri anda ketika gejolak emosi mulai meningkan agar siklus agresi anda menjadi teratur. Hal ini dikarenakan dengan pikiran yang tenang ita dapat lebih berfikir logis untuk dapat memecahkan suatu masalah yang menjadi penyebab emosi kita meningkat. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam menenangkan diri disaat marah:

  • menarik nafas yang dalam dalam sembari memfokuskan pikiran kita pada masuknya nafas melalui hidung .
  • mencoba menghitung 1-10 dengan tenang dan santai dalam hati sambil memfokuskan pikiran kita.
  • coba untuk mengalihkan perhatian kita pada hal lain yang lebih menyenangkan yang merupakan bukan penyebab amarah kita muncul.

Mencoba memiliki sifat Empati

Empati
Ilustrasi memberi empati kepada orang lain

Terkadang atau seringkali marah yang terjadi disebabkan karna hal-hal dasar yang mungkin saja sangat sepele. Untuk menghindari hal sepele menjadi suatu masalah yang besar serta mendatangkan amarah maka diwajibkan untuk bersifat empati terhadap diri kita orang lain serta lingkungan kita. Karena empati adalah sebuah kondisi atau kemampuan dimana seseorang akan mampu merasakan apa yg dirasakan orang lain pada diri kita sendiri sehingga menimbulkan rasa peduli terhadap sesama.

Berfikir tentang Dampak Negatif akibat Amarah

Ilustrasi marah berlebih
Ilustrasi marah berlebih

Amarah dapat mengendalikan pikiran kita menjadi tidak logis yang mengakibatkan perubahan pada perilaku dalam mengambil sebuah tindakan dalam memecahkan masalah yang ada. Hal ini terkadang membuat orang gelap mata. Menjadi bringas bahkan tidak berperikemanusiaan sehingga akhirnya akan dapat menimbulkan kerugian untuk orang lain. Oleh karna itu sangat penting untuk kita tau apa dampak negatif yang terjadi jika kita di kontrol oleh emosi yang berlebihan saat marah sehingga timbul rasa takut dan sedikit atau banyak akan membuat amarah kita mereda.

Cobalah Memaafkan dan Melupakan

Ilustrasi memaafkan
Ilustrasi memaafkan

Salah satu yang membuat amarah muncul ialah sifat kita sendiri yang suka mengungkit ungkit permasalahan lama yang padahal sudah tidak pantas untuk di buka kembali hal ini dikarenakan diri kita yang belum dapat memaafkan. Oleh karena itu cobalah untuk memaafkan seseorang dan melupakan masalah tersebut. Hal ini terkadang memang terasa sulit namun sangat penting untuk anda lakukan jika anda tidak ingin berlarut dalam masalah yang sama. Ingatlah dunia begitu luas masih ada banyak rintangan baru di depan kita yang mungkin akan menghadirkan masalah baru nantinya. Bagaimana kita bisa melewati kehidupan yang berikutnya jika kehidupan yang berlalu saja anda belum bisa mengatasinya.

Berolahraga secara rutin dan teratur

Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga
Olahraga merupakan aktifitas penting yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan serta emosional kita. Karena disaat berolahraga tubuh kita akan menstimulasi zat zat kimia pada otak yang akan membuatnya menjadi rileks dan membuat perasaan bahagia. Dengan berolahraga dengan teratur maka InsyaAllah anda juga akan mampu mengendalikan emosi anda disaat amarah.
Demikianlah tips yang ada dapat lakukan agar anda dapat dengan mudah meredakan emosi amarah dengan cepat serta mengendalikan emosi anda disaat sedang dalam kondisi amarah, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Semoga bermanfaat.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.