Apa Perbedaan Teknik Pengolahan Makanan Dengan Cara Direbus Dan Dikukus

  • Bagikan
Apa Perbedaan Teknik Pengolahan Makanan Dengan Cara Direbus Dan Dikukus
Apa Perbedaan Teknik Pengolahan Makanan Dengan Cara Direbus Dan Dikukus

Apa perbedaan teknik pengolahan makanan dengan cara direbus dan dikukus. Seperti diketahui metode mengukus adalah memasak dengan menggunakan uap dari air yang direbus.

Uap panas ini lah yang pada akhirnya akan mematangkan makanan. Untuk merebus itu menggunakan air mendidih secara langsung untuk memasakkan makanan.

Keduanya sama-sama baik untuk memasak. Tetapi akan ada bedanya pada kandungan gizi. yaitu pada Makanan yang diolah dengan kedua cara tersebut.

Apa perbedaan teknik pengolahan makanan dengan cara direbus dan dikukus

Perbedaan teknik rebus dan kukus. Merebus adalah mematangkan dan melunakkan makanan dengan menggunakan air mendidih secara langsung. Makanannya akan masuk ke dalam air yang mendidih tersebut.

Untuk mengukus itu proses mematangkan bahan makanannya dan hanya menggunakan uap dari air yang mendidih.

Untuk menumis itu proses mematangkan makanan dengan tambahan sedikit minyak. Takaran makanan ini dimatangkan supaya layu dan matang dengan minyak tersebut.

Kemudian Apa perbedaan mengetim dan mengukus

Apa perbedaan teknik pengolahan makanan kukus dan tim. Mengetim adalah istilah asing. Atau, memasak dalam wadah berisi makanan yang direndam dalam air mendidih.

Teknik pengolahan makanan basah atau moist heat adalah mengolah bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk membuat makanannya matang.

Perbedaan teknik panas kering dan basah

Kalau untuk teknik pengolahan pangan panas kering adalah tidak menggunakan bahan dasar cairan.

Supaya makanan matang panci pengukus biasanya terdiri dari dua buah panci yang disusun. Panci bawah biasanya adalah air yang dididihkan. Kemudian panci yang di atasnya adalah panci yang dipakai untuk makanannya

Panci yang bagian atas biasanya akan ada lubang-lubang di bawah sehingga uap air panas yang mendidih tadi bisa masuk ke panci yang atas. Dan, bisa juga mematangkan makanan yang ada di situ.

Merebus disebut juga dengan boiling.

Boiling ini memasukkan makanan atau bahan padat ke dalam cairan yang sudah mendidih pada suhu yang tinggi. Suhu minimalnya adalah 100 derajat Celcius atau 212 derajat Fahrenheit.

Jadi teknik merebus ini adalah memasukkan bahan makanan pada tadi langsung ke dalam cairan yang mendidih.

Apa itu jenis teknik memasak teknik braising

Ada yang disebut sebagai teknik braising

Apa perbedaan teknik pengolahan makanan braising dengan rebus biasa. Adalah teknik merebus bahan makanan dengan sedikit cairan saja. Jadi jumlah cairannya adalah setengah dari bahan yang akan direbus tingginya pada panci.

Kemudian pancinya akan ditutup rapat dan apinya dinyalakan kecil perlahan.

Untuk mengetim adalah memasak bahan makanan yang tepat dipanaskan dalam air mendidih.

Bedanya dengan mengukus adalah panci yang sebelah atas tidak berlubang-lubang pada dasarnya.

Jika kita melihat resep masakan atau acara memasak maka sayuran bisa dimasak dengan kedua cara tersebut. Ada yang direbus ada yang dikukus.

Lebih sehat makanan rebus atau kukus

Untuk sayuran yang direbus maka sayuran ini akan terendam dalam air panas. Dan ada disana sampai sayurannya menjadi tidak keras lagi.

Resiko disini ada yaitu menghilangkan vitamin atau kandungan gizi yang lain pada sayuran. Untuk sayuran yang mengandung vitamin C. Misalnya brokoli, maka vitamin B dan C bisa larut dalam air. Apalagi jika merebusnya terlalu berlebihan terlalu lama. Maka kandungan sayuran tersebut bahkan bisa hilang semua.

Tetapi ada juga sayuran yang nutrisinya bertambah jika direbus. Misalnya terjadi pada wortel dan segini. Atau sayur yang kandungannya Justru lebih tinggi jika direbus.

Panci Kukus dan Rebus

Untuk mengukus sayuran maka sayurannya akan diletakkan di Wadah yang atas. Wadah bawah adalah untuk air yang dididihkan.

Sayuran tidak akan bersentuhan langsung dengan air tetapi hanya dengan uap nya saja.

Untuk mengukus ini harus ditutup dengan rapat supaya uap panasnya tidak menjalar ke mana-mana tetapi bisa terkonsentrasi pada sayurannya.

Kesimpulan apa perbedaan teknik pengolahan makanan dengan cara direbus dan dikukus

Secara umum sayuran lebih sehat jika dikukus. Vitamin-vitamin nya tidak akan terlarut dalam air apalagi air yang mendidih.

Bahkan kelebihan uap panas justru bisa mengeluarkan zat beracun pada sayuran. Misalnya mengeluarkan sisa pestisida.

Meskipun begitu mengukus sayuran jika tetap mengurangi vitamin. Meskipun pengurangannya tidak sebanyak jika direbus. Saat brokoli dikukus kandungan antioksidan bisa turun sekitar 11%. Tetapi, sisa kandungan masih sangat banyak.

Jika direbus misalnya kandungan antioksidannya akan hilang lebih banyak. Inilah jawaban dari apa perbedaan teknik pengolahan makanan dengan cara direbus dan dikukus. Nah jadi teman-teman silahkan memilih mana. Apakah merebus atau mengukus makanan dan sayuran teman-teman. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan