Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam
Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam

Cara Mengatasi Laptop Blank Hitam tapi Hidup

Cara mengatasi laptop blank hitam tapi hidup. Jika pernah mengalami laptop tiba-tiba layarnya blank hitam tetapi tetap hidup. Terkadang ada yang bingung Mengapa laptop yang menyala layarnya hitam dan tidak memperlihatkan apapun. Ada beberapa alasan dan solusi untuk masalah seperti ini.

Cara mengatasi laptop blank hitam tetapi tetap hidup secara aman

Ada setidaknya 12 cara mengatasi masalah seperti ini yaitu.

  • Mengecek layar LCD laptop

Salah satu masalah yang utama tentu saja beli adalah layarnya. Jadi semua bagian dari laptop berjalan dengan baik termasuk hardisk atau sistem operasi. Tetapi memang layarnya yang bermasalah sehingga tidak memunculkan gambar apapun.

Untuk mengecek Apakah layar yang bermasalah kita dapat menghubungkan laptop ke TV atau layar monitor eksternal. Kita bisa menggunakan kabel HDMI atau kabel VGA. Jika tampilan pada laptop muncul pada monitor eksternal masalahnya adalah pada layar laptop kita.

Tetapi jika gambar juga tetap tidak muncul maka mungkin masalahnya terletak pada hardisk atau sistem operasi. Atau bisa juga ada masalah pada laptop secara keseluruhan.

Jika masalahnya adalah layar kita bisa mengganti layar laptop secara langsung. Tetapi barangkali kita ingin mengecek juga beberapa hal yang lain yang berkaitan dengan layar laptop.

  • Cara mengatasi laptop hidup layar mati – cek kabel fleksibel LCD

Cara mengatasi laptop blank hitam selanjutnya dengan cek kabel dari mainboard ke layar. Antara laptop dan bagian papan yang papan utama ada kabel fleksibel. Kabel ini akan mengikuti putaran pada engsel layar laptop. Karena itulah kabel ini bergerak-bergerak dan akhirnya bisa juga rusak.

Tandanya pada kabel fleksibel rusak adalah layar hitam tetapi mungkin tidak hitam keseluruhan. Jika layar kita gerak-gerak kan. Layar kita buka tutup mungkin layarnya sekali-sekali akan menampilkan gambar meskipun gambarnya tidak jelas.

Jika tampilan pada layar seperti putus-sambung saat layarnya dibuka tuitup, kemungkinan kabel fleksibelnya rusak.

  • Kerusakan VGA

VGA atau kartu grafis juga bisa menyebabkan layar laptop hitam. Namun biasanya kerusakan VGA tidak akan langsung membuat layar laptop hitam. Yang sering terjadi adalah menampilkan gambar secara rusak. Atau menampilkan gambar dengan tidak jelas.

Biasanya muncul garis-garis merah hijau di layar dan bergaris. Layar bergaris ini semakin lama akan semakin memburuk dan akhirnya laptop menjadi hitam.

  • Atur resolusi layar

Jika kita melakukan setting resolusi layar lebih besar daripada kemampuan layar laptop. maka layar laptop bisa blank hitam. Karena resolusi sudah terlanjur kita setting terlalu tinggi kita harus masuk safe mode.

Kalau kita restart dengan Safe Mode maka resolusi layar akan kembali ke standar paling kecil. Biasanya untuk safe mode kita restart dan tekan tombol f8 berulang-ulang. Setelah itu kita bisa masuk ke pengaturan display. Kita pilih resolusi yang lebih rendah atau rekomendasi dari sistem. Kemudian kita restart kembali laptop.

Cara mengatasi laptop blank hitam ini sederhana. Jika ada orang ingin laptopnya menggunakan resolusi tertinggi dari Windows, tetapi layar laptop tidak mampu. layar bisa blank.

  • Cara mengatasi laptop hidup layar mati – Copot RAM dan baterai

Jika berbagai solusi di atas termasuk cara yang mudah dilakukan, yang kedua di sini adalah cukup teknis. Untuk pencatatan kita biasanya harus membuka casing laptopnya terlebih dahulu. Untuk membuka ini makanya kita harus lebih hati-hati supaya tidak memecahkan body.

Jika kita bisa membuka casing maka RAM bisa kita bersihkan dengan kuas kecil. Untuk baterai melepasnya lebih mudah karena biasanya letaknya luar. Jika baterai dan ram sudah kita pasang kembali maka laptop bisa kita Nyalakan.

  • Menghapus CMOS laptop

Memulainya kita harus masuk ke bagian BIOS. Masuk ke bagian bios biasanya dengan cara menyalakan laptop kemudian langsung tekan F2 dan Del secara bersamaan. Kemudian kita masuk ke tab save dan exit atau exit. Lalu pilih restore default atau load optimal default. Atau load setup defaults tergantung pilihan yang tersedia. Kemudian kita pilih yes dan Tekan enter.

Hasilnya adalah dia membuat pengaturan laptop seperti baru saat kita beli dari pabrik.

  • Melakukan reset Windows

Pilihan ini ternyata salah satu metode ampuh untuk mengatasi layar blank di laptop. Masuk ke setting dan recovery –> recovery –> reset this PC.

  • Install ulang laptop

Instal ulang laptop ini jika laptop kita ada indikasi tidak mampu menjalankan sistem operasi Windows. Maka kemungkinan sistem operasi ini error atau corrupt maka perlu instal ulang.

Tetapi disarankan untuk memilih Windows dengan versi yang lebih rendah supaya laptopnya lebih mudah bekerja.

  • Menghapus beberapa program di laptop

Virus apa program bisa juga menyebabkan layar laptop Blank. Bisa mengecek Apakah ada program mencurigakan yang tidak kita instal tetapi ada di laptop.

Kita masuk ke safe mode dan kemudian kita cek semua program yang ada. Jika ada yang merasa asing kita bisa uninstal programnya.

  • Mengedit file registry editor

Cara mengatasi laptop blank hitam selanjutnya adalah mengedit registry. File di registry editor ini kita bisa Hapus dengan masuk di safe mode. Kemudian tekan control + alt + Del secara bersamaan. Kemudian klik start Task Manager kemudian pilih new Tab atau Run. Akan muncul Create new Task.

Ketika regedit kemudian tekan tombol enter. Kemudian akan muncul jendela registry editor. Silakan memilih folder HKEY_CURRENT_USER.

Anda silakan masuk ke bagian software Microsoft Windows ke CurrentVersion ke Explorer. Silahkan mencari file yang bernama ExplorerStartupTraceRecorded. Kemudian silahkan hapus file tersebut dan restart laptop kembali.

  • Cara mengatasi laptop hidup layar mati – Membersihkan laptop

Kita bisa mulai membersihkan bagian dalam laptop dengan kuas atau penghapus pensil.

  • Yang terakhir mengganti layar laptop

Jika memang layar laptop terbukti sudah rusak Maka tentu harus diganti. Untuk menggantinya kita bisa pergi ke tempat servis laptop. Mengganti layar laptop ini bisa dilakukan sendiri. Tetapi, jika bingung lebih baik dilakukan oleh profesional.

Inilah artikel tentang cara mengatasi laptop blank hitam tetapi tetap hidup secara aman. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga

Adobe Lightroom Mod

Adobe Lightroom Mod Apk Link Unduh Aman Paling Update

Adobe Lightroom Mod Apk dan link unduhan yang aman paling update. Ketika memasuki alur kerja …