Penyebab Laptop Mati Tiba - Tiba
Penyebab Laptop Mati Tiba - Tiba

Penyebab Laptop Mati Tiba – Tiba dan Solusinya

Penyebab laptop mati tiba – tiba dan solusinya. Jika Laptop mati tiba-tiba maka mungkin kita akan panik. Saat ini laptop adalah perangkat yang sangat penting. Laptop biasa kita gunakan untuk bekerja belajar sampai berbisnis.

Penyebab laptop mati tiba – tiba dan solusinya

Laptop yang mati sendiri Memang bisa membingungkan. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Laptop mati sendiri. Penyebab laptop sendiri mulai dari masalah hardware hingga software. Tapi yang jelas memang menandakan bahwa ada masalah dengan laptop.

  • overheating

Solusi laptop mati mendadak karena kepanasan. Yang pertama terasa panas terlalu panas atau overheating bisa menyebabkan Laptop mati sendiri. Laptop yang terlalu panas ini bisa jadi karena laptop tersebut kotor atau barangkali kipasnya tidak berfungsi dengan baik.

Kita diharapkan untuk membuka dan membersihkan casingnya. Kemudian mengecek Apakah alat tersebut masih bekerja dengan normal atau ada kegagalan perangkat keras.

Perangkat keras yang tidak kompatibel bisa menyebabkan Laptop mati sendiri. Bisa juga karena pasangan perangkat keras yang didapat. Atau tentu saja karena perangkat kerasnya sudah rusak. Jika Anda bingung dengan masalah yang terjadi silakan pergi ke service laptop sekaligus memperbaiki kerusakannya.

  • RAM

RAM yang rusak dapat menyebabkan segala macam masalah. Jika RAM rusak Maka laptop bisa crash atau berhenti secara tiba-tiba. Jika masalah ini terjadi saat membuat program yang berat atau menjalankan program berat dan RAM bermasalah.

Bisa jadi memang TAM rusak atau barangkali bisa juga mungkin karena sekedar ram-nya kapasitasnya kurang besar.

  • Masalah baterai

Baterai drop atau rusak bisa jadi penyebab laptop mati tiba – tiba. Terutama setelah baterainya menjadi lemah. Semakin lama kita menggunakan laptop semakin sedikit sisa baterai yang tersisa. Belum lagi jika kita menggunakan game atau menggunakan software yang meminta daya besar. Misalnya software untuk edit video menggambar animasi 3 dimensi.

Software seperti ini akan mengambil daya sangat banyak karena itulah baterainya lebih cepat habis. Banyak game yang memerlukan voltase dari 100 watt tinggal 240 watt. Masalahnya kemampuan isi daya laptop hanya sekitar 90 watt atau kurang.

Laptop tiba-tiba mati sendiri maka kita bisa tahu bahwa game tersebut memang sangat berat. Solusi laptop mati mendadak adalah, mengganti baterai jika rusak. Dan, melakukan charge saat baterai 20%.

  • Pengisi daya rusak

Charger pengisi daya rusak jika menyebabkan masalah pada laptop. Arus yang akan sampai akan berkurang dan menyebabkan bisa merusak bahkan baterai laptop itu sendiri. Jika baterai sulit untuk terisi maksimal Ada kemungkinan kata pengisi dayanya rusak. Karena itulah Sebaiknya anda segera membeli charger yang baru.

  • Kesalahan sistem operasi

Kesalahan sistem operasi bisa menyebabkan Laptop mati tiba-tiba. Selain itu kesalahan juga pada driver apalagi jika kita sudah otak-atik. Apalagi jika anda senang bermain-main dengan BIOS maka kesalahan bisa menyebabkan Laptop mati.

Driver AMD catalyst suite, biasanya dikenal sering mengalami crash. Jika driver kita Crash maka akan ada catatannya. Kita bisa melihat di bagian file dump di bagian atas posting kerusakan.

  • Virus komputer

Virus komputer merupakan salah satu penyebab laptop mati tiba – tiba. Bahkan ada virus yang memang ditujukan untuk mematikan komputer secara tiba-tiba. Virus-virus tertentu biasanya Aktif saat kita melakukan hal tertentu juga di laptop.

Solusi yang paling mudah adalah dengan menginstal antivirus yang terkenal. Setelah anti-virus ter-install kita bisa melakukan scan untuk semua file yang ada di komputer.

Jadi penyebab laptop kotor bisa jadi dari debu yang menutupi hardware dan komponen – komponen penting dalam laptop. Tipe-tipe ini bisa menyebabkan kipas angin menjadi tidak maksimal. Bisa jadi tidak berputar dengan cepat. Bahkan kipas anginnya bisa Kehilangan tenaga dan menyebabkan laptop sangat panas.

Solusi laptop mati mendadak

Kita perlu membersihkan isi laptop bagian dalam laptop secara teratur berapa bulan sekali. Bahkan jika Anda menggunakan laptop anda di dalam ruangan. Kadang debu tetap bisa masuk ke dalam laptop dan menyebabkan kerusakan secara perlahan.

Kesimpulan penyebab laptop mati tiba – tiba

Pertama terasa adalah laptop menjadi sangat panas. Membersihkan laptop Tidaklah terlalu sulit kita bisa melakukannya sendiri. Tetapi memang membuka casing laptop itu memerlukan ketrampilan khusus.

Jika tidak hati-hati maka bisa menyebabkan body laptop menjadi tergores atau bahkan pecah. Jika anda ragu-ragu bagaimana cara memperbaikinya, maka silakan membawa laptop ke tempat servis. Bengkel laptop yang bagus akan membersihkannya dengan cara yang baik dan mereka juga bisa melepas penutup dan membersihkan debu dengan alat yang tepat. Inilah tips Penyebab laptop mati tiba – tiba dan solusinya. Terima kasih.

Kunjungi juga

Cara Agar Laptop Tidak Lemot

Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Bisa Kita Lakukan Sendiri

Cara agar laptop tidak lemot yang bisa kita lakukan sendiri. Baik Anda maupun perangkat Anda …