Cara Menyambungkan Proyektor Ke Laptop Lengkap

Cara Menyambungkan Proyektor Ke Laptop
Cara Menyambungkan Proyektor Ke Laptop

Mau Tahu Cara Menyambungkan Proyektor ke Laptop? Berikut Ini adalah Urutan-urutannya Secara Lengkap!

Cara menyambungkan proyektor ke laptop dan urutannya. Alat-alat elektronik memang berfungsi untuk memudahkan kita dalam melakukan segala kegiatan, contohnya saat kegiatan belajar mengajar, pasti disaat-saat tertentu kita membutuhkan alat yang disebut proyektor, gunanya tidak lain adalah untuk mempermudah kita dalam menerangkan materi kepada audiens. Namun, apakah anda masih bingung dengan cara menghubungkan proyektor ke laptop? kita akan bahas hal ini secara lengkap agar anda dapat mengetahui dan bisa mempraktekkannya. Simak penjelasan berikut ini :

Peralatan yang dibutuhkan untuk menyambungkan proyektor ke laptop

Sebenarnya anda hanya membutuhkan sedikit alat untuk cara menyambungkan proyektor ke laptop, anda hanya memerlukan beberapa perangkat utama dan perangkat pendukung, yaitu :

  1. Laptop yang memiliki port VGA atau HDMI
  2. LCD proyektor dan kabel powernya
  3. Kabel VGA atau HDMI
  4. Media datar atau disebut layar proyektor

Sebelumnya, anda harus bisa mengetahui dan memahami perangkat-perangkat di atas

  1. Cara menyambungkan proyektor ke laptop yang pertama. Laptop yang akan digunakan untuk disambungkan ke proyektor, setidaknya memiliki salah satu dari port VGA atau HDMI, biasanya laptop jaman sekarang telah menggunakan port HDMI (High Definition Media Interface) dan meninggalkan pendahulunya yaitu VGA (Video Graphics Array), sebagai teknologi pembaharu. Kedua port atau colokan ini biasanya berada pada sisi kiri laptop bersama port USB dan biasanya terdapat simbol atau tulisan kecil yang menunjukkan nama port tersebut.
  2. LCD proyektor dan kabel powernya, LCD proyektor atau lebih singkatnya proyektor adalah perangkat utama yang digunakan sebagai alat pemancar video, gambar atau data dari laptop atau komputer yang kita gunakan, biasanya memerlukan media lain yaitu layar proyektor atau dapat digantikan dengan kain atau tembok yang datar. Tidak lupa dengan kabel powernya sebagai penghantar listrik untuk proyektor tersebut.
  3. Kabel VGA atau HDMI, anda dapat membedakan secara mudah antara keduanya, karena bentuknya berbeda, kabel VGA memiliki port umumnya yang berjumlah 15 pin, sedangkan kabel HDMI dibuat lebih simpel serta mendukung video yang beresolusi HD.
BACA JUGA:   Contoh Sumber Energi Alternatif Adalah

Berikut ini adalah cara menyambungkan proyektor ke laptop, secara praktis dan lengkap

Setelah anda mengetahui dan mempunyai gambaran tentang perangkat yang digunakan, berikut ini adalah langkah-langkahnya

  1. Hidupkan Laptop terlebih dahulu, pastikan laptop memiliki baterai yang cukup dan siapkan tampilan yang  akan anda tampilkan di layar
  2. Sambungkan kabel power proyektor dengan sumber listrik dan tekan tombol On pada proyektor
  3. Atur cahaya proyektor supaya mudah dilihat
  4. Colokkan kabel VGA atau HDMI ke dalam port yang ada di laptop anda, jangan lupa colokkan juga pada port yang tersedia di proyektor anda
  5. Setelah semua telah aktif dan terhubung, biasanya proyektor akan otomatis menampilkan tampilan yang telah anda siapkan tadi. Jika belum maka tekan tombol Source pada proyektor dan pilihlah secara manual dengan remote proyektor tersebut.
BACA JUGA:   Maaf Anda Tidak Dapat Melihat atau Mendownload File ini Sekarang

Itu tadi langkah-langkah untuk menyambungkan proyektor ke laptop

Cara setting proyektor sesuai merk laptop

Pada umumnya untuk menampilkan tampilan laptop ke proyektor cukup mudah hanya terdapat sedikit perbedaan. ini cara mudahnya:

  1. Cara menyambungkan proyektor ke laptop lenovo dan sony, tekan Fn + F7
  2. Cara menghubungkan proyektor ke laptop hp dan Acer, tekan Fn + F6
  3. Cara koneksi proyektor ke laptop asus, tekan Fn + F8

Cara setting proyektor dari windows 7 dan 10

Setiap laptop yang memiliki windows berbeda misalnya windows 7 dan 10 hanya memiliki sedikit perbedaan dalam langkahnya. Misalnya pada windows 10 biasanya proyektor telah otomatis menampilkan tampilan dari laptop sedangkan dalam windows 7 kita perlu mengakses control panel, selanjutnya klik connect to a projector, lalu pilih settingan yang anda inginkan.

Itu tadi adalah langkah-langkah cara menyambungkan proyektor ke laptop, cukup mudah bukan? Hanya membutuhkan beberapa perangkat berupa perangkat utama yaitu laptop yang memiliki port VGA atau HDMI, LCD proyektor dan kabel powernya serta kabel VGA atau HDMI, jangan lupakan perangkat pendukung berupa layar proyektor atau dapat digantikan dengan kain yang polos atau tembok yang datar.