Cara Download Gmail di Laptop dan PC

  • Bagikan
Cara Download Gmail di Laptop dan PC
Cara Download Gmail di Laptop dan PC

Cara download gmail di laptop dan PC. ada banyak smartphone, layanan google umumnya sudah terpasang secara otomatis berupa aplikasi bawaan. Beberapa layanan google yang dimaksud diantaranya browser google, google maps, google drive, google play music, serta google mail.

Agar Lebih Praktis, Begini Cara Download Gmail di Laptop

Khusus untuk google mail atau gmail, keberadaan aplikasi ini pada smartphone akan sangat memudahkan pengguna dalam mengakses email pribadinya. Sebab, dengan terpasangnya gmail pada perangkat, pengguna bisa mendapatkan notifikasi instan di layar smartphone kala menerima pesan masuk. 

Sayangnya, keunggulan ini tidak tidak tersedia pada laptop atau PC. Sebab, gmail bukanlah aplikasi bawaan pada kedua perangkat tersebut, sehingga pengguna umumnya harus mengakses website gmail sebelum bisa menggunakannya. Hal ini tentu dirasa merepotkan serta tidak sepraktis penggunaannya pada ponsel.

Meski demikian, gmail sendiri ternyata dapat diunduh dan dipasang pada laptop, agar memiliki fitur yang menyerupai smartphone.

Untuk mengetahui bagaimana cara download gmail di laptop, anda bisa menyimak artikel berikut hingga tuntas.

Cara Memasang Gmail di Laptop

Ketimbang memasang, akan lebih tepat bila metode unduh gmail untuk PC atau laptop ini disebut dengan sinkronisasi akun gmail.

Mengapa? Sebab anda sama sekali tidak akan mengunduh gmail dalam bentuk aplikasi seperti yang terdapat pada smartphone. Alih-alih, anda akan melakukan sinkronisasi akun gmail pada aplikasi Mail yang terdapat pada laptop maupun PC.

Mohon diingat, aplikasi Mail yang dimaksud hanya terdapat pada windows 10, sehingga metode ini pun hanya bisa digunakan oleh pengguna versi windows tersebut.

Adapun cara untuk melakukan sinkronisasi akun gmail adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi mail pada windows 10

Pengguna laptop dapat mencari aplikasi Mail melalui kolom pencarian. Pada windows 10 versi terbaru, kolom pencari berada di sebelah kiri bawah layar, atau tepat di sebelah kanan dari tombol menu utama.

Anda cukup mengetik mail, dan windows akan secara otomatis menemukannya. Buka aplikasi tersebut dengan cara mengklik opsi open yang ada.

  • Pilih akun google

Setelah aplikasi terbuka, anda dapat memilih akun email yang akan disambung dengan aplikasi Mail. Proses ini dinamakan sinkronisasi akun.

Terdapat beberapa pilihan sinkronisasi akun, mulai dari akun Microsoft Office Outlook, Office 365, Google, Yahoo, serta iCloud. Ada juga pengaturan lanjutan bila anda ingin memilih akun secara custom.

Sebagai cara download gmail di laptop, tentu anda harus memilih opsi Google untuk dilakukan sinkronisasi.

  • Isi username, password, serta persetujuan akses dan kelola gmail

Sebagai langkah terakhir untuk cara Memasang Gmail di Laptop, Anda tinggal mengisi data lengkap akun gmail berupa username dan password. Serta, menyetujui akses kelola akun.

Setelah memilih akun google pada tahap sebelumnya, layar laptop akan menampilkan pesan berupa connecting to a device. Itu artinya, aplikasi Mail sedang menghubungkan google agar tertaut dengan aplikasi.

Jika sudah selesai, anda akan diminta untuk mengisi alamat email. Isilah dengan alamat yang ingin anda tautkan.

Pada jendela berikutnya, akan muncul perintah untuk memasukkan kata sandi atau password dari email tersebut. Masukkan password email, dan jika anda lupa password gmail, cukup kunjungi situs Google untuk mendapat password baru. 

  • Ijin aplikasi

Setelahnya, sebuah jendela notifikasi akan muncul. Isinya berupa persetujuan anda untuk memberi izin aplikasi dalam mengakses gmail, kontak pada gmail, serta kalender. 

Pada tahap ini, anda disarankan untuk mengizinkan aplikasi melakukannya agar proses sinkronisasi dapat berjalan dengan baik. Caranya, anda cukup mengklik opsi “Allow” pada jendela notifikasi.

Selesai. Kini akun gmail anda sudah tersinkronisasi dengan aplikasi Mail pada laptop. Untuk membuka gmail, kini anda cukup mengetuk ikon Mail pada laptop tanpa harus membuka browser. Sekarang, cara download gmail di laptop sudah selesai.

Keuntungan sinkronisasi akun gmail

Ada beberapa keuntungan yang didapat bila anda melakukan download gmail desktop dengan cara diatas.  

Pertama, tentunya anda tidak perlu repot untuk membuka browser untuk mengakses gmail. Cukup mengetuk aplikasi Mail, dan akun gmail yang telah tertaut akan otomatis terbuka.

Selain itu, anda juga akan mendapat notifikasi instan layaknya smartphone ketika mendapat pesan masuk. Notifikasi tersebut akan muncul lewat aplikasi Mail yang sudah terpasang.

Kesimpulan cara download gmail di laptop

Demikian tadi cara memasang gmail di laptop yang bisa anda lakukan. Anda dapat mencoba trik ini untuk mempermudah berbagai pekerjaan.

  • Bagikan