Cara Booting Laptop Lenovo dengan Mudah
Cara Booting Laptop Lenovo dengan Mudah

Cara Booting Laptop Lenovo dengan Mudah

Cara Booting Laptop Lenovo yang mudah. Hallo gaes, kalian tentu sudah tidak asing bukan dengan istilah booting pada laptop ? Terlebih bagi kalian para pecinta gawai, baik itu smartphone, komputer, atau laptop. Pasti kalian sudah pada tahu apa itu yang dimaksud booting pada laptop.

Booting merupakan Sebuah proses pemuatan awal saat kita sedang menghidupkan laptop. Melalui proses ini, nantinya sistem yang terinstal di laptop kalian akan dapat dimuat secara sempurna. Jika laptop kalian gagal booting, sudah pasti pengoperasian tidak dapat dilanjutkan.

Ini Dia Beberapa Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo dengan Mudah dan Cepat

Dalam proses booting  diperlukan sebuah sistem operasi untuk menjembatani hardware dan software yang ada di dalam perangkat tersebut. Sistem ini umum dikenal dengan istilah BIOS (Basic Input Output System).

Nah, perihal masuk ke dalam BIOS, karena di alam semesta ini terdapat berbagai macam merek dan tipe laptop, cara bootingnya pun juga berbeda-beda. Dalam kesempatan ini, saya akan memberitahu cara booting salah satu merek laptop kenamaan yang banyak digunakan oleh orang Indonesia, yaitu laptop Lenovo. Agar tidak penasaran, yuk langsung masuk ke pembahasan cara booting laptop lenovo dengan mudah dan cepat !

  1. Melalui Tombol Fungsi Fn

Booting laptop lenovo dapat dilakukan melalui tombol Fungsi Fn yang tersedia pada keyboard. Kendati demikian, tidak semua tipe laptop lenovo dapat booting melalui satu tombol yang sama. Berikut merupakan cara booting laptop lenovo di beberapa tipe :

  1. Laptop Lenovo ThinkPad

Seri ini merupakan seri yang sengaja dihadirkan untuk para profesional. Kualitas yang apik membuat laptop ini digemari oleh  kalangan pekerja profesional dan pebisnis. Dimensi ideal dan bobot yang ringan memudahkan mobilitas mereka dalam hal menyelesaikan pekerjaan. Untuk melakukan booting dalam seri ini, pengguna cukup dengan menekan tombol fungsi Fn + F1 yang ada pada keyboard.

  1. Laptop Lenovo IdeaPad

Seri IdeaPad merupakan seri yang dirancang khusus untuk mencapai performa maksimal dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan harga yang sangat bersahabat, tidak jarang para kalangan pelajar, mahasiswa, dan pemburu laptop dengan harga terjangkau mengincar seri ini sebagai teman untuk melakukan aktivitas. Nah, cara booting laptop lenovo pada seri ini kalian hanya perlu menyalakan laptop kemudian tekan tombol fungsi F1 yang ada pada keyboard ketika logo lenovo muncul pada layar.

  1. Cara Booting Laptop Lenovo g40

Lenovo g40 ini tersedia dalam berbagai tipe, seperti g40-70,g40-80,dan g40-40. Seri ini merupakan salah satu seri laptop entry level dengan kualitas baik yang ada di kelasnya. Bodinya yang slim dan dibalut dengan warna silver, membuat laptop ini tampil tak kalah menawan dengan seri lain. Untuk dapat melakukan booting pada seri ini kalian cukup menyalakan laptop kemudian menekan tombol fungsi Fn + F2 ketika muncul logo lenovo pada layar.

Bagaimana, sudah menemukan cara booting laptop lenovo yang mudah dan cepat? Jangan lupa tekan berkali-kali sampai kalian dapat mengakses BIOS laptop, beberapa saat kemudian kalian akan mendapati sistem BIOS muncul pada layar laptop Lenovo. Jika sistem BIOS sudah muncul, gunakan tombol pada keyboard sebagai tombol navigasi di sistem BIOS.

Tombol Navigasi BIOS laptop Lenovo

Untuk menjalankan BIOS kalian dapat memanfaatkan tombol yang ada pada keyboard laptop lenovo. Kalian dapat menggunakan tombol up & down sebagai tombol navigasi atas dan bawah. Left & right bisa kalian gunakan sebagai tombol navigasi kiri dan kanan. Tombol enter dapat digunakan sebagai tombol eksekusi. Untuk membatalkan perintah kalian dapat menggunakan tombol Esc, sedang untuk menyimpan pengaturan dan keluar gunakan tombol F10.

Oh ya gaes perlu diingat ! Kalian tidak disarankan untuk mengupdate BIOS dengan cara sembarangan. Jika cara yang sembarangan itu kalian lakukan, akan berakibat fatal dan sangat berbahaya untuk perangkat yang kalian miliki. Cara Update BIOS pada beberapa tipe laptop lenovo ini tidak diperuntukkan bagi kalian  yang masih awam ya. Bagi para awam, alangkah baiknya menghubungi ahli  agar tidak terjadi kerusakan pada laptop. Mereka lebih paham cara booting laptop lenovo yang aman.

Selamat Mencoba !

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …