Keyboard Laptop Hp Tidak Berfungsi Dengan Baik

  • Bagikan
Keyboard Laptop HP Tidak Berfungsi
Keyboard Laptop HP Tidak Berfungsi

Keyboard laptop hp tidak berfungsi bisa mengganggu mobilitas pengguna laptop ketika sedang menggunakannya. Ada berbagai faktor yang menyebabkan keyboard laptop hp menjadi tidak berfungsi. Ketika sudah mengetahui penyebabnya, maka bisa dicari solusi untuk bisa memperbaikinya. Ada berbagai cara untuk memperbaiki keyboard laptop hp yang tidak berfungsi.

Penyebab Keyboard Laptop HP Tidak Fungsi

Ada berbagai penyebab yang menyebabkan keyboard laptop hp mati. Umumnya, penyebab ini dibedakan menjadi 2 jenis yaitu penyebab internal dan penyebab eksternal. Selain itu bisa juga dibedakan dari penyebabnya melalui hardware dan software. Laptop yang tidak berfungsi harus segera diperbaiki agar tidak merusak komponen laptop yang lainnya.

Berikut ini adalah penyebab keyboard laptop hp error :

  1. Penuh Debu

Keyboard laptop hp yang penuh dengan debu bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena debu yang terkumpul bisa mengganggu kerja laptop. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda rutin melakukan pembersihan keyboard laptop dari debu. Pembersihan ini bisa dilakukan secara berkala untuk mencegah debu masuk ke dalam laptop dan menyebabkan laptop menjadi tidak berfungsi.

  1. Terdapat Sisa Makanan

Sisa makanan yang masuk kedalam laptop juga bisa membuat keyboard laptop tidak berfungsi. Jika Anda sering ngemil sambil bermain laptop hal tersebut perlu diwaspadai karena bisa membuat sisa makanan menempel pada laptop. Dampaknya, keyboard laptop bisa terganggu kinerjanya dan menyebabkan keyboard laptop menjadi tidak berfungsi. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan bermain laptop sambil makan.

  1. Gangguan Pada Hardware

Contoh gangguan hardware pada keyboard laptop hp yang menyebabkannya tidak berfungsi adalah pada bagian bantalannya. Bantalan laptop kemungkinan sudah longgar sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Anda bisa melakukan pemeriksaan kepada laptop untuk mengetahui apakah bantalan keyboardnya masih bekerja dengan baik atau sudah longgar. Jika tidak bisa melakukannya bisa menggunakan bantuan service laptop.

  1. Gangguan Pada Software

Gangguan pada software juga bisa menyebabkan keyboard laptop hp menjadi tidak berfungsi. Seperti misalnya software laptop yang digunakan tidak cocok dengan keyboard. Hal in bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi. Oleh sebab itu, pastikan Anda menggunakan software yang sesuai untuk keyboard agar bisa digunakan dengan baik.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP Error

Laptop hp Anda keyboardnya mati? Tidak perlu khawatir karena kini sudah ada solusinya. Ada berbagai cara yang bisa untuk Anda terapkan untuk memperbaiki keyboard laptop hp yang tidak berfungsi. Dengan menggunakan cara-cara ini bisa membuat keyboard menjadi berfungsi kembali.

Berikut ini adalah cara perbaikan keyboard laptop hp yang tidak berfungsi :

  1. Cek Num Lock

Salah satu penyebab keyboard laptop menjadi tidak berfungsi adalah karena kesalahan pengguna. Salah satunya adalah karena mengaktifkan Num Lock. Ketika Num Lock aktif maka keyboard tidak bisa berfungsi seperti sebelumnya. Oleh sebab itu, pastikan Num Lock pada keyboard dalam keadaan mati.

  1. Restart Laptop

Kesalahan pada sistem juga bisa menjadi penyebab keyboard laptop menjadi tidak berfungsi. Anda bisa memperbaikinya dengan cara melakukan restart pada laptop. Ketika melakukan restart, laptop akan melakukan pemulihan dan salah satunya adalah pada laptop.

  1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP, Driver Keyboard

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi adalah karena driver yang digunakan. Perbaiki driver laptop untuk bisa membuat keyboard menjadi berfungsi kembali. Pastikan Anda menggunakan driver yang sesuai dengan keyboard laptop Anda agar bisa kembali digunakan.

  1. Bersihkan Keyboard

Penyebab keyboard laptop hp error salah satunya bisa disebabkan karena keyboard laptop yang kotor. Seperti misalnya kotor karena debu atau terkena sisa makanan. Ada baiknya untuk melakukan pembersihan pada keyboard laptop secara berkala untuk bisa mencegah keyboard tidak berfungsi.

  1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP, Periksa Konektor Laptop

Anda bisa melakukan pemeriksaan bagian dalam laptop dengan cara memeriksa bagian konektornya. Konektor yang rusak bisa menyebabkan keyboard menjadi tidak berfungsi. Jika konektor rusak, ada baiknya untuk langsung diperbaiki agar keyboard laptop bisa berfungsi kembali dengan baik.

  1. Lepas Baterai Laptop

Anda bisa mencoba untuk menggunakan cara ini. Matikan laptop dan lepas baterai laptop. Kemudian, nyalakan kembali untuk bisa menggunakan laptop. Jika cara ini berhasil maka keyboard laptop bisa digunakan kembali.

  1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop HP terakhir, Ganti Keyboard Bawaan Laptop

Jika keyboard laptop hp tidak bekerja apabila sudah dilakukan berbagai cara diatas, maka langkah terakhir adalah mengganti keyboard bawaan laptop.

  • Bagikan