Tips  

Membuat Aplikasi Android Dengan Python Efektif

membuat aplikasi android dengan python
membuat aplikasi android dengan python

Pernahkah anda merasa penasaran bagaimana aplikasi android dibuat? Pasti pernah. Apakah anda pernah mendengar membuat aplikasi android  dengan python? Mungkin untuk orang awam sangat sulit untuk mengerti apa itu python. Terlebih kata ini biasanya akan dipahami oleh seorang programer yang ahli tentang komputer. 

Persiapan Membuat Aplikasi Android Dengan Python

Cara membuat aplikasi android dengan pemrograman python mungkin terdengar sedikit asing.  Hal ini karena cara ini harus menggunakan beberapa persyaratan khusus. Alasan dari persyaratan pembuat aplikasi android dengan python adalah bahasa yang digunakan python berbeda dari bahasa formalnya. Untuk itu pembuatannya juga harus ditangani oleh orang yang lebih ahli dan profesional. 

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Python

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Python memang terdengar asing, namun keberadaannya sudah sangat lama dan digunakan oleh para programer.  Secara sederhana aplikasi python adalah sebuah bahasa pemrograman untuk mengembangkan sebuah web. Tidak hanya untuk mengembangkan web python juga bisa digunakan untuk menyederhanakan otomatisasi dan algoritma. 

Pengembangan aplikasi python terus berlanjut sampai sekarang ini. Hal ini karena dalam penggunaanya aplikasi tersebut sangat berguna untuk memperjelas kode dan meringkas hasil pemrograman.  Untuk itu membuat aplikasi android dengan python bisa menjadi solusi terbaik. 

BACA JUGA:   Cara Meng HD Kan Foto

Kegunaan Aplikasi Python

Aplikasi ini memiliki kegunaan yang lebih banyak dibandingkan  dengan bahasa pemrograman lainnya. Tidak hanya sekedar mengembangkan sebuah web, melainkan beberapa data lainnya. 

  1. Python untuk mengembangkan IoT

Sebagai aplikasi yang memiliki kegunaan yang cukup banyak dan fleksibilitas yang canggih python digunakan untuk pengembangan internet of things. IoT adalah sebuah sistem yang mengatur benda atau peralatan elektronik lain untuk saling berkomunikasi dengan bantuan internet.  Dalam hal ini internet perlu pengembangan untuk melaraskan mobilitas dari banda tau peralatan tersebut. 

  1. Bahasa pemrograman python bisa digunakan untuk pengembangan data

Selain untuk IoT, kegunaan python adalah untuk mengatur dan membersihkan data.  Hal ini karena bahasa pemrograman dalam python termasuk bahasa terbaik yang bisa digunakan. Belajar dan menggunakan aplikasi ini akan lebih meringkas analisis data dengan bantuan algoritma. 

  1. Python untuk pengembangan mesin learning

Data yang dikembangkan akan membantu mesin learning agar berjalan dengan lancar. Pengguna aplikasi python ini akan membantu  pengembangan mesin learning. 

Belajar Membuat Aplikasi Android Dengan Python

Persiapan pembuatan aplikasi android dengan python ada beberapa persiapan yang harus dilakukan.  Hal ini karea biasanya kalau  membuat aplikasi android tanpa python harus mempelajari beberapa  aplikasi lain dan hal ini akan membuang banyak waktu. Dengan menggunakan python segala hal yang anda butuhkan sudah tersedia di dalam aplikasi ini. Sebelum itu siapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Anda harus mengetahui aturan dasar aplikasi python 3
  2. Menyiapkan editor seperti  visual code studio, teks editor, dan pycharm.
  3. Menyiapkan pustaka kivy.
  4. Menggunakan bulldozer, sistem ini akan lebih cocok karena memiliki support dari kivy.
  5. Persiapan terakhir adalah emulator.
BACA JUGA:   Aplikasi Edit Foto Aesthetic

Beberapa persiapan di atas harus anda lakukan untuk membuat aplikasi android dengan python.  Kalau salah satu sistemnya tidak ada maka anda belum tentu bisa membuatnya. 

Berikut Beberapa Contoh Membuat Aplikasi Android Dengan Python

 Sekarang ini segala aktivitas yang anda lakukan tidak lepas dari yang namanya android. Baik dalam melakukan  sosialisasi, berbelanja, dan mendengarkan musik.  Di bawah ini ada beberapa contoh aplikasi android yang dibuat menggunakan python. 

  1. Aplikasi yang pertama adalah Instagram, aplikasi ini bisa anda gunakan untuk membagikan foto, video, bahkan aktivitas yang sedang anda lakukan. Aplikasi ini dibuat menggunakan python.
  2. Mendengar nama aplikasi Spotify pasti tidak asing lagi. Aplikasi ini digunakan untuk mendengarkan musik. Cara pembuatan Spotify juga menggunakan python. 
  3. Aplikasi youtube adalah salah satu aplikasi yang sangat terkenal sekarang ini. Melalui youtube anda bisa melihat segala konten atau video yang dibuat oleh creator. 

Dari penjelasan di atas pasti anda sekarang sudah paham bukan bagaimana aplikasi python ini bekerja. Segala aplikasi yang anda gunakan sehari-hari kemungkinan proses pemrogramannya menggunakan python.  Sehingga anda bisa menggunakannya dengan mudah.