cara mengatasi temperatur mobil naik
cara mengatasi temperatur mobil naik

Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik dengan Tepat

Cara mengatasi temperatur mobil naik lebih tepat dan aman bagi mesin. Mempunyai mobil harus dibarengi juga dengan perawatan ekstra demi kenyamanan dan kondisi kendaraan tetap prima. Kadangkala kita sering lupa memberikan perawatan sehingga mobil lebih cepat mengalami gangguan.

Pentingnya Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik

Meski harus merogoh kocek agak dalam tetapi merawat mobil adalah suatu kewajiban bagi para penggunanya, sebab semakin lama dibiarkan akan makin merusak kendaraan terutama pada bagian mesinnya. Cara mengatasi temperatur mobil penting jika kita sedang dalam perjalanan dan mesin mobil overheat.

Tak Usah Panik, Inilah Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik

Pernah mengalami temperatur mobil mendadak naik dengan cepat dan panasnya tak menentu? Jangan panik. Artikel ini akan membahas cara mengatasi temperatur suhu naik yang dapat Anda lakukan.

Penyebab Kenapa Temperatur Naik

Temperatur naik akan menyemburkan uap panas yang membumbung tinggi dari mesin. Tentu jika hal ini terjadi siapapun bisa mengalami kepanikan karena takut hal buruk akan makin menimpa mobil.

Kenaikan yang tiba-tiba ini bisa disebabkan beberapa hal diantaranya.

  • Jenis Air Radiator

Air radiator biasa beberapa pengguna mobil hanya diisi ulang menggunakan jenis air yang pada umumnya seperti air sumur. Namun justru hal ini dapat membuat mobil mengalami kenaikan suhu sebab jenisnya tak sesuai.

Gunakanlah cairan pendingin khusus untuk radiator, jangan menggunakan air biasa.

  • Overheat

Masih berhubungan dengan radiator, apabila air radiator dalam tangki habis dan kita lupa mengisinya akan menyebabkan mobil menjadi overheat. Air berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin kendaraan.

  • Kualitas Oli

Oli mempunyai peran dalam mengatasi terjadinya kenaikan suhu berlebih. Salah satu pilihan cara mengatasi temperatur mobil naik adalah menggunakan oli dengan kualitas baik. Oli yang kurang baik akan membuat gesekan antar komponen pada mesin sering terjadi.

  • Korosi Pada Radiator

Korosi pada radiator terjadi karena penggunaan jenis air yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Kandungan air yang pada umumnya terdapat logam dapat membuat radiator menjadi korosi dan bocor.

  • Kipas Tidak Berfungsi

Seperti yang diketahui, kipas punya fungsi untuk mendinginkan udara sekitar kita, sama halnya dengan kipas pada mesin mobil.

Kipas yang rusak, tidak berfungsi dengan semestinya akan membuat suhu mesin lebih cepat naik drastis karena proses pendinginan suhu tidak berjalan dengan baik. Anda harus memeriksa kipas juga karena bisa berbahaya.

Cara Mengatasi Temperatur Suhu Mesin Naik

Ketika Anda sedang berkendara lalu mobil mengalami overheat dan mengeluarkan uap panas jangan langsung panik, berikut cara mengatasi temperatur suhu mesin naik secara tiba-tiba.

  • Segeralah Menepi dan Matikan Mesinnya

Jika Anda mulai melihat kepulan uap putih, segeralah menepi dan cari yang agak jauh dari keramaian dan matikan mesinnya.

Mematikan mesin berguna untuk menurunkan suhu dan makin menghindari kerusakan pada komponen mesin.

  • Membuka Kap Mesin

Segera buka kap mesin untuk mengeluarkan uap panas, jangan dibiarkan terperangkap sebab komponen mesin lainnya akan terkena imbasnya.

Bukalah kap mesin secara hati-hati, daerah sekitar radiator akan memancarkan panas dan bisa melukai Anda bila tak sengaja menyentuhnya.

  • Jangan Membuka Tutup Radiator

Salah besar apabila Anda membuka tutup radiator. Ketika kondisinya sedang panas, radiator bisa memancarkan uap dan airnya dalam tekanan yang tinggi tentunya ini sangat membahayakan keselamatan Anda.

  • Periksa Tabung Radiator

Radiator yang kekurangan air menjadi salah satu penyebab terjadinya temperatur suhu mobil naik. Setiap tabung terdapat indikator penunjuk batas ketinggian air.

Selalu periksa apakah air dalam radiator masih dalam batas wajar atau sudah mulai berkurang isinya. Air yang kurang dari batas indikatornya akan menyebabkan mobil lebih cepat rusak.

  • Cek Oli Mobil

Sebelum terjadinya kenaikan suhu, mobil dilengkapi dengan lampu indikator jika oli akan habis. Anda harus rajin mengecek oli agar terhindar dari overheat, dan pastikan pilih oli dan jumlahnya yang sesuai.

  • Konsultasi ke Bengkel jika Cara – Cara Cara mengatasi temperatur mobil Naik diatas gagal

Salah satu cara mengatasi temperatur mobil naik adalah berkonsultasi ke bengkel. Anda dapat sekalian melakukan perawatan mesin kendaraan dengan ahlinya agar tidak mengalami kesalahan di kemudian hari.

Para reparator akan memberikan saran terbaik untuk tiap jenis kendaraan beserta langkah apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu kendaraan overheat.

Biaya untuk Cara – Cara Mengatasi Temperatur Mobil Naik

Memang akan mengeluarkan banyak biaya, namun hal ini lebih baik dilakukan daripada didiamkan yang mana semakin lama justru akan merusak kendaraan Anda.

Itulah sekilas penjelasan cara mengatasi temperatur suhu mesin naik yang kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa selalu rawat kendaraan demi kenyamanan Anda sendiri.

Kunjungi juga

Mobil Murah 2022

Daftar Mobil Murah 2022 dari Merk Ternama

Mobil murah 2022 dari merk ternama. Menemukan mobil murah adalah salah satu pilihan terbaik untuk …