Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air
Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air

Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air Dalam Tanah

Keberadaan aplikasi Android yang bisa digunakan untuk mencari sumber air dalam tanah tentu bukanlah hal yang aneh. Meningkatnya peran digitalisasi di berbagai bidang tak luput dari perkembangan riset akan kebutuhan masyarakat. Akibatnya muncul berbagai macam aplikasi dengan banyak manfaat seperti aplikasi Android untuk mencari sumber air.

Pembuatan aplikasi ini tentu tidak lepas dari apa yang dilakukan oleh pengembang guna mewujudkan salah satu peran aplikasi mobile dalam membantu masyarakat. Dengan adanya kecanggihan teknologi dan jaringan, memungkinkan developer dapat mencari celah dari kecanggihan tersebut guna menemukan inovasi baru.

Daftar Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air Dalam Tanah

Jika anda membutuhkan salah satu aplikasi Android untuk mencari sumber air di sekeliling tempat anda, mungkin beberapa jenis di bawah ini bisa dicoba.

  • Water Live – Water NSW

Seperti namanya, aplikasi Android yang pertama ini bekerja dengan cara menyalurkan informasi dari pusat pemantauan air NSW. kemudian dialihkan ke jaringan aplikasi Water Live secara real-time. Di dalam aplikasi ini berisi data yang cukup akurat mengenai ketersediaan di suatu wilayah tertentu. Tidak hanya mendeteksi ketersediaan air, lebih dari itu. Aplikasi bernama Water Live ini juga akan menampilkan tingkat/kadar air yang tersedia, seperti flow rate, water level, water volume, hingga daily rainfall. Cara kerja aplikasi ini dengan menampilkan suatu peta wilayah tertentu dan akan memberikan petunjuk berupa simbol-simbol sesuai dengan informasi ketersediaan air. Beberapa tandanya meliputi warna hijau untuk daerah kaya akan air, orange untuk daerah cukup air, hitam untuk daerah langka air, bendera untuk daerah kurang air.

  • EarthEcho Water Challenge – mWater

Sama halnya dengan aplikasi di atas, dalam aplikasi ini juga terhubung secara langsung oleh EartEcho International sehingga bisa memberikan informasi detail tentang seputar ketersediaan air. Bedanya aplikasi ini melibatkan suatu komunitas tertentu di berbagai wilayah untuk bisa saling berbagi informasi seputar air di daerahnya masing-masing. Untuk itu dalam aplikasi Android yang satu ini dilakukan pemetaan serta monitoring terhadap sumber daya air tanah. Sebelum ditampilkan ke layar aplikasi, informasi yang diperoleh akan dilakukan observasi untuk menghasilkan berita yang akurat. Untuk melengkapinya aplikasi EarthEcho Water Challenge – mWater juga menampilkan tingkat polusi, organisme di sekitar lokasi, dan beberapa informasi lain seputar tempat sumber mata air tersebut.

  • Water Detector Simulator

Salah satu aplikasi Android terbaik ada pada Water Detector Simulator ini. Aplikasi ini mampu mendeteksi titik-titik sumber air serta menampilkan tingkatan dari kualitas air tersebut.  Lebih dari itu aplikasi ini juga akan menentukan keaslian dari sumber air yang dideteksi. Untuk melengkapi fitur dalam aplikasi ini, dibekali pula alat untuk mengecek kedalaman sumber air yang ada di suatu wilayah tertentu. Bagi pengguna yang ingin mengetahui kualitas air, aplikasi ini juga telah mendukung fitur tersebut. Tak hanya itu, proporsi air di daerah atau lokasi sekitar bisa dideteksi hanya melalui aplikasi ini.

Sayangnya tidak semua perangkat smartphone bisa menginstal aplikasi yang satu ini. Hal ini dikarenakan aplikasi Water Detector Simulator membutuhkan sensor magnetik agar bisa berfungsi dengan baik. artinya hanya smartphone yang telah memiliki fitur sensor magnetik yang bisa memanfaatkan aplikasi satu ini.

  • mWater Explorer

Aplikasi Android untuk mencari sumber air yang tak kalah menarik adalah mWater Explorer. Sama halnya dengan beberapa aplikasi di atas, aplikasi ini juga menampilkan pemetaan air di suatu wilayah tertentu. Secara fitur mungkin tidak berbeda jauh dengan aplikasi Water Detector Simulator. Sebab di dalamnya juga mampu memberikan informasi tentang kualitas air hingga tingkat kedalamannya. Aplikasi bernama mWater Explorer ini dapat membantu setiap penggunanya dalam melakukan pemantauan sumber air di sekitar lokasi tempat tinggal. Dalam kurun waktu tertentu aplikasi ini bisa memberikan informasi penambahan atau berkurangnya suatu volume air pada tempat yang telah dituju.

  • mWater Surveyor

Memiliki kemiripan dengan mWater Explorer di atas, aplikasi Android untuk mencari sumber air ini dibekali fitur yang berfungsi melacak suatu keberadaan sumber mata air di suatu wilayah. Namun untuk kelengkapan data yang dimiliki, bisa dibilang mWater Surveyor lebih unggul dari mWater Explorer. Fitur lengkap dalam satu paket aplikasi mWater Surveyor meliputi sistem air yang tersedia, komunitas setempat, hingga fasilitas umum dibidang pengadaan/pengendalian air.  Ketika pemuda berada di suatu wilayah tertentu, pengguna bisa mencari sumber air yang bisa dikonsumsi hanya dengan memanfaatkan aplikasi ini.

  • H2O Finder

Aplikasi untuk mencari sumber air yang memiliki tampilan antarmuka cukup simple adalah H2O finder. Berbeda dari beberapa aplikasi di atas, sedangkan aplikasi ini sendiri dikhususkan untuk menemukan sumber air dalam bentuk fasilitas publik yang bisa digunakan secara gratis. Jangkauan H2O finder telah melebar ke berbagai negara di seluruh dunia, tidak menutup kemungkinan juga wilayah tempat tinggal Anda. Karena terhubung dengan fasilitas publik, maka dengan aplikasi ini anda bisa menyetel filter untuk mencari beberapa kategori seperti stasiun pusat air, air minum dan air umum, dan lain sebagainya.

Demikian daftar aplikasi Android untuk mencari sumber air yang bisa anda download dan gunakan di smartphone. mengingat semua aplikasi di atas memiliki perbedaan dalam hal fitur, Anda bisa memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

Kunjungi juga

Jeno NCT

Fakta Menarik Jeno NCT Apa Aja Sih?

Jeno NCT fakta menariknya apa saja. Jeno NCT adalah seorang penyanyi, penari, dan juga rapper Korea …