Cara Daftar Pemadam Kebakaran dan Syaratnya

  • Bagikan
cara daftar pemadam kebakaran dan syaratnya
cara daftar pemadam kebakaran dan syaratnya

Cara daftar pemadam kebakaran tidaklah terlalu sulit. Silahkan melihat beberapa persyaratan dibawah. Fireman atau pemadam kebakaran termasuk profesi yang berisiko tinggi di dunia. Pemadam kebakaran harus berani, tidak takut pada api, tidak phobia ketinggian, bisa berenang, dan juga berani pada ruangan yang gelap. Meski begitu, fireman adalah pekerjaan yang paling mulia, bila Anda ingin bergabung menjadi salah satunya. Wajib memahami Syarat menjadi seorang pemadam kebakaran.

Lantas, Apa Saja Tugas Pemadam Kebakaran Itu ?

Beberapa orang mungkin bertanya, apa saja yang dilakukan seorang fireman, apakah hanya memadamkan api saja? Nah, ternyata seorang pemadam memiliki banyak tugas yang harus dilaksanakan ketika terjadi bencana.

Para petugas harus selalu sigap selama 24 jam. Bila terjadi kebakaran mereka akan berada di garda terdepan untuk melindungi nyawa seseorang. Selain itu, petugas juga dituntut untuk melakukan penyelamatan, mencegah kebakaran semakin meluas, hingga menekan kerugian dari kebakaran tersebut.

Ingin Menjadi Pemadam Kebakaran ? Begini Cara Daftar dan Syaratnya

Fireman tidak hanya menangani kebakaran di pemukiman penduduk, pom bensin, dan perkantoran saja, melainkan juga bertugas di unit kebakaran bandara atau pelabuhan. Petugas juga melakukan evakuasi bencana alam, seperti korban banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan masih banyak lagi. Tak jarang, mereka juga membantu menyelamatkan hewan. Karena itulah, cara daftar pemadam kebakaran penting untuk diketahui.

Lalu, mengevakuasi pohon tumbang, pertolongan bagi korban kecelakaan, dan pertolongan untuk keadaan darurat lainnya. Mereka juga melakukan sosialisasi mengenai penanganan kebakaran dan mendeteksi potensi kebakaran. Tujuannya agar masyarakat paham mengatasi masalah darurat yang terjadi maupun mencegah sumbar api semakin melebar sebelum pemadam datang ke lokasi.

Bahkan, beberapa petugas pemadam melakukannya dengan sukarela tanpa mendapat upah sepeser pun. Dengan tugas yang berisiko tinggi, seorang fireman tetap bekerja tanpa pamrih. Tugas pemadam kebakaran tidak semudah yang dilihat kan? karena itulah, cara daftar pemadam kebakaran tidaklah ringan.

Syarat Menjadi Seorang Pemadam Kebakaran

Seorang fireman, harus mempunyai kesiapan mental dan berani dalam menangani bencana yang sedang terjadi. Jika berminat, Anda bisa menyiapkan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Terdapat dua syarat, yaitu umum dan khusus.

  1. Syarat umum menjadi petugas kebakaran, yaitu pria dan wanita, minimal pendidikan SMA/SMK/STM (bisa semua jurusan), sehat jasmani dan rohani, maksimal usia 25 tahun, memiliki berat badan proposional, tidak buta warna, berani (tidak takut api, ketinggian, dan binatang), memiliki sikap disiplin, jujur, dan pria harus memiliki tinggi badan 160 cm, sementara wanita 155 cmn.
  2. Syarat khusus, yaitu memiliki sertifikat mapala, sertifikat SAR, mempunyai sertifikat pramuka, memiliki SIM B1 (untuk driver atau supir), sertifikat Pemuda Peduli Siaga Bencana, fotokopi KTP, fotokopi SKCK, surat keterangan sehat dari rumah sakit atau puskesmas, pas foto dengan latar belakang merah, surat pendukung lainnya, dan surat lamaran ditulis tangan.

Cara Mendaftar Menjadi Petugas Pemadam Kebakaran

Apabila kedua syarat umum maupun khusus sudah lengkap, langkah selanjutnya adalah memahami cara daftar pemadam kebakaran. Berikut langkah-langkah cara daftar pemadam kebakaran.

  1. Pertama, persiapkan semua dokumen syarat yang diperlukan. Selanjutnya, Anda bisa langsung mendatangi Kantor Dinas Pemadam Kebakaran sesuai domisili untuk melakukan pendaftaran.
  2. Periksa kembali mengenai dokumen tersebut, jangan sampai ada yang tertinggal atau salah. Bila sudah benar, berikan berkas kepada petugas pendaftaran.
  3. Untuk ke tahap selanjutnya, Anda akan mengikuti beberapa tes, seperti psikotes.
  4. Bila hasil tes dinyatakan lolos. Tahap berikutnya adalah melakukan interview atau wawancara.
  5. Cara mendaftar pemadam kebakaran selanjutnya, akan dilakukan test Medical Check Up (MCU). Untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.
  6. Jika semua tahap tes dinyatakan lolos dan berjalan lancar. Maka, Anda akan mendapat panggilan untuk mulai bekerja. Akan tetapi, Anda masih harus menjalani masa training

Cara Daftar Pemadam Kebakaran Lainnya

Sebelum mendaftar, ada beberapa syarat menjadi seorang pemadam kebakaran lainnya.ย Anda harus mengikuti serangkaian tes psikologi, tes fisik, tes kompetensi mengenai soal materi pengetahuan umum, tes peralatan pemadam kebakaran, tes numerik, sinonim, hingga anomim.

Beberapa tesnya memang cukup sulit, Anda bisa mempersiapkannya terlebih dahulu. Dengan banyak belajar dan rutin melatih olah fisik. Dengan begitu, Anda bisa lolos menjadi seorang fireman. Kira-kira, itulah syarat yang harus dipenuhi dan cara daftar pemadam kebakaran. Bagaimana, Anda sudah siap menjadi bagian dari profesi paling mulia ini ?

  • Bagikan