Persyaratan Buat SKCK
Persyaratan Buat SKCK. Sumber Gambar: Google.com

Persyaratan Buat SKCK Offline dan Online Lengkap Terbaru 2023

Persyaratan buat SKCK lengkap secara offline dan online. Yuk, buat SKCK online terbaru 2023 biar kamu gak ribet-ribet lagi! Penting nih buat kamu yang butuh surat ini buat macem-macem keperluan.

Persyaratan Buat SKCK

Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres
Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres. Sumber Gambar: Google.com

Tetapi jangan khawatir, bikin SKCK enggak susah kok, bisa kita lakuin online lagi. Kalau kamu masih bingung gimana cara bikin SKCK atau bahkan belum pernah bikin, tenang aja. Berikut ini ada cara bikin SKCK yang mudah dan bisa kamu ikutin.

Jadi gini guys, SKCK itu singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Isinya tentang rekam jejak hukum seseorang yang baik-baik aja, gitu loh. Nah, surat ini penting banget buat nyiapin administrasi macem lamaran kerja, lanjutin sekolah, dan lain-lain.

Gampang banget bikin SKCK sesuai aturan Kapolri No 18 tahun 2014. Tinggal minta pengurusan sama lembaga berwenang, misalnya Polsek (Kepolisian Sektor), Polres (Kepolisian Resor), atau Polda (Polisi Daerah) setempat.

Satu surat SKCK berlaku sampai 6 bulan setelah terbit y. Oh iya, ada biayanya nih. Buat bikin SKCK baru, ada biaya Rp 30.000 plus biaya pembuatan dokumen sidik jari. Ini bisa kamu bayar langsung atau lewat bank tergantung online atau offline.

 

Persyaratan Buat SKCK  dan Fungsinya

1. Tingkat Polsek

Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres
Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres. Sumber Gambar: Google.com

Jadi, SKCK ternyata punya banyak fungsi yang berguna banget, guys. Sebelum kamu mulai bikin surat ini, penting buat kamu tahu dulu fungsi-fungsinya nih. Yang pertama, bikin SKCK di Polsek.

Kalau kamu bikin SKCK di Polsek, fungsi-fungsinya antara lain. Pertama, melamar kerja di swasta di tingkat kecamatan. Jadi calon kepala desa. Jadi calon sekretaris desa atau aparat desa.

Kemudian, bisa juga untuk pindah alamat. Lanjutin pendidikan di lingkup kecamatan. Juga, keperluan lain di tingkat kecamatan. untuk fungsi lebih tinggi lagi, maka bisa meminta SKCK di tingkat lebih tinggi.

 

2. Tingkat Polres

Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres
Persyaratan Buat SKCK SKCK Polres. Sumber Gambar: Google.com

Persyaratan buat SKCK di Polres. Cara bikin SKCK di Polres, dan fungsi-fungsinya ada sebagai berikut. Pertama, jadi calon anggota legislatif tingkat kabupaten/kota. Melamar jadi PNS. Melamar jadi anggota TNI/Polri.

Jadi calon pejabat publik. Punya senjata api. Melamar kerja di swasta di tingkat kabupaten/kota. bisa juga untuk jadi calon kepala daerah tingkat kabupaten/kota. Serta, untuk Pass Bandara Soetta.

Kemudian, bisa untuk lanjutin pendidikan di luar kabupaten/kota. Jadi calon penerima penghargaan. Keperluan lain di tingkat kabupaten. Melamar kerja BUMN di tingkat kabupaten/kota.

 

3. Tingkat Polda

SKCK Polda
SKCK Polda. Sumber Gambar: Google.com

Persyaratan buat SKCK di Polda. Nah, kalau kamu bikin SKCK di Polda, fungsi-fungsinya meliputi. Melamar kerja di swasta di tingkat provinsi dan nasional. WNI yang mau kerja di luar negeri. Menjadi notaris atau bisa juga jadi calon pejabat publik.

Lanjutin pendidikan di provinsi lain. Jadi calon anggota legislatif tingkat provinsi. Jadi calon kepala daerah tingkat provinsi. Adopsi anak untuk pemohon WNI. Persyaratan administrasi sebagai tenaga ahli anggota legislatif.

Jadi calon pejabat publik tingkat provinsi dan nasional. Dapet visa buat WNI yang mau ke luar negeri. Dapet paspor buat WNI. Serta, berbagai keperluan lain di tingkat provinsi. Plus, melamar kerja BUMN di tingkat provinsi dan nasional.

Jadi, sebelum kamu buat SKCK, pastikan kamu tahu dulu fungsi-fungsinya ya, guys!. Jadi, kalau kamu butuh SKCK buat urusan di Mabes Polri, berarti ini level yang tinggi banget ya.

 

Persyaratan Buat SKCK Apa Saja

1. Untuk WNI

Persyaratan Buat SKCK SKCK Online
Persyaratan Buat SKCK SKCK Online. Sumber Gambar: Google.com

Fungsinya makin serius dan penting. Dari pencalonan presiden sampe naturalisasi kewarganegaraan bisa pake SKCK ini. Kamu juga bisa buat urusan tinggal di luar negeri atau kerja di sana.

Nah, kalau kamu mau bikin SKCK baru, jangan lupa siapin syarat-syaratnya ya. WNI harus bawa fotokopi KTP/SIM, KK, sama akta kelahiran. Plus pas foto 4×6 sebanyak 6 lembar. Selain itu, juga formulir pendaftaran SKCK yang bisa kamu ambil di kantor polisi.

Kemudian, juga dokumen sidik jari. Kalau WNA sih lebih kompleks, karena ada syarat tambahan kayak dokumen identitas dan izin tinggal. Tetapi, tenang aja, asal kamu siapin semuanya dengan benar, prosesnya pasti lancar.

 

2. Untuk WNA

SKCK
SKCK. Sumber Gambar: Google.com

Kalau buat WNA (Warga Negara Asing) yang pengen bikin SKCK, ada beberapa persyaratan buat SKCK. Jadi, ada dokumen yang harus kamu siapin nih. Pertama, fotokopi identitas diri, bisa paspor atau dokumen resmi lainnya.

Surat pengantar dari tempat kerja atau sponsor, biar jelas kalau kamu emang butuh SKCK buat urusan kerja atau keperluan lainnya. Fotokopi paspor, tentu saja.

Kemudian, kalau punya, juga perlu fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Kalau kamu kerja di Indonesia, juga perlu fotokopi Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing (IMTA) dari Kementerian Ketenagakerjaan RI. Namun, jangan lupa juga fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) yang kamu peroleh dari Kepolisian.

Yang terakhir, tentu saja, dokumen sidik jari dan pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Jadi, ya gitu syaratnya buat bikin SKCK buat WNA. Jangan lupa cek lagi ya, agar ga ada dokumen yang kurang atau salah.

 

Cara dan Persyaratan Buat SKCK

1. Offline

Perpanjangan
Perpanjangan. Sumber Gambar: Google.com

Nah, kalo buat bikin SKCK secara offline, sebenernya gampang banget. Cuma butuh waktu sekitar 30 menit lah. Namun nggak termasuk antrian dan pembuatan dokumen sidik jari ya. Kalo kamu mau bikin SKCK offline, ikuti aja langkah-langkah berikut:

Datang ke Polsek, Polda, Polres atau Mabes Polri yang sesuai dengan keperluan SKCK kamu. Kemudian isi formulir di loket pendaftaran. Selanjutnya buat dokumen sidik jari kamu.

Setelah itu, serahkan dokumen persyaratan yang dibutuhin ke bagian pembuatan SKCK. Petugas bakal ngecek kelengkapan persyaratan SKCK kamu. Jangan sampai ada yang kurang ya!

Siapin uang Rp 30.000 buat bayar penerbitan SKCK kamu. Tunggu sebentar aja sampe namamu mereka panggil buat ambil SKCK yang udah jadi. Namun ingat, lama atau cepatnya proses pembuatan SKCK tergantung dari jumlah antrian yang ada.

Jadi, kalo kamu pengen cepet, mending datengnya lebih pagian deh. Oh iya, pembuatan SKCK cuma bisa pemohon lakukan di hari kerja mulai dari jam 8 pagi sampe jam 3 sore ya. Jadi, Sabtu Minggu libur.

 

2. Online

Persyaratan Buat SKCK SKCK Online
Persyaratan Buat SKCK SKCK Online. Sumber Gambar: Google.com

Yang, mau tau cara bikin SKCK online? Simak deh langkah-langkahnya berikut dan persyaratan buat SKCK. Pertama nyalain laptop atau hp terus buka situs skck.polri.go.id. Klik menu “Form.Pendaftaran” di halaman utama.

Isi semua data diri yang diminta di formulir, jangan sampe ada yang kelewat ya! Di bagian “Satwil”, pilih jenis keperluan SKCK sesuai yang kamu butuhin. kemudian upload foto terbaru kamu.

Jangan lupa juga upload hasil scan sidik jari dan dokumen lain yang kamu perlukan. Nanti kamu bakal dapet bukti pendaftaran dan nomor resi pembayaran yang harus kamu bayar lewat BRI.

Nah, terakhir kamu tinggal ambil SKCK-nya di Polsek/Polres/Polda dengan bawa bukti pendaftaran dan bukti pembayarannya. Jadi, gampang banget kan? Tetapi jangan lupa satu hal ini ya,

Meskipun proses bikin SKCK bisa pemohon lakukan online, kamu tetap harus datang ke Polres buat bikin sidik jari dan ngambil SKCK-nya yang udah jadi. Tetapi, prosesnya memang lebih otomatis.

 

Syarat Perpanjang SKCK

Perpanjangan
Perpanjangan. Sumber Gambar: Google.com

Nah, kalau SKCK kamu udah kedaluwarsa gara-gara masa berlakunya cuma 6 bulan dari tanggal penerbitan, jangan khawatir, karena kamu masih bisa perpanjang kok. Cukup ikutin persyaratan dan langkah-langkah berikut.

Pertama, bawa SKCK lama kamu yang udah mendapat legalisir. Fotokopi KTP atau SIM. Juga, fotokopi Kartu Keluarga. Fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir. 6 lembar pas foto terbaru ukuran 4×6 berwarna. Selanjutnya, isi formulir perpanjangan SKCK di kantor polisi

Namun seperti juga persyaratan buat SKCK, selain bisa offline, perpanjangan SKCK juga bisa kamu lakuin online dengan cara yang mirip kayak bikin SKCK baru. Pertama buka situs skck.polri.go.id. Klik menu “Form.Pendaftaran”.

Isi semua data diri kamu yang perlu di formulir. Kemudian pilih jenis keperluan SKCK yang kamu butuhin. kemudian upload foto terbaru kamu. Namun, jangan lupa juga upload hasil scan sidik jari dan dokumen lain yang kamu perlukan.

Setelah itu kamu bakal dapet bukti pendaftaran dan nomor resi pembayaran yang harus kamu bayar lewat BRI. Terakhir, tinggal kamu datang ke Polsek/Polres/Polda buat ngambil SKCK baru kamu.

Ini kamu lakukan dengan bawa bukti pendaftaran dan pembayarannya. Jadi, gampang banget kan? Jangan sampe ada step yang kelewatan ya, biar perpanjangan SKCK kamu lancar jaya!

Link SKCK Online:

SKCK POLRI

Kunjungi juga

Link Download TikTok

Link Download TikTok dan Aplikasi Pengunduh Terbaik

Link download TikTok dan aplikasi pengunduh terbaik. Ada beberapa alasan mengapa TikTok telah menjadi terkenal dan …