Tulisan Kecil Diatas
Tulisan Kecil Diatas. Sumber Gambar: Google.com

Tulisan Kecil Diatas dan Cara Membuatnya

Tulisan kecil diatas dan cara membuatnya tanpa aplikasi. Guys, kali ini kami mau bagi-bagi tutorial nih tentang cara bikin tulisan kecil di atas huruf di Android. Kalian pasti udah tau lah ya.

Jadi, ini tulisan kecil di atas huruf biasanya dipake buat nulis angka pangkat gitu. Tapi enggak cuma itu aja, kalian juga bisa tulis huruf abjad kecil di atas huruf lain sesuai keinginan.

Tulisan Kecil Diatas

Tentang Tulisan Kecil Diatas
Tentang Tulisan Kecil Diatas. Sumber Gambar: Google.com

Oh iya, kalo kalian suka main game kayak Free Fire atau Mobile Legend, biasanya kan suka bikin nickname atau username pake tulisan kecil di atas huruf.

Nah, kami mau kasih tau nih caranya bikin tulisan kecil di atas huruf di Android tanpa ribet pake aplikasi tambahan. Cekidot ya, biar makin jelas!

Sekarang kami mau share tutorial nih tentang gimana cara buat tulisan kecil di atas huruf tanpa aplikasi di Android. Kalo kalian udah pernah bikin angka pangkat, pasti udah tau dong gimana caranya.

Tapi kalo buat tulisan kecil lainnya juga bisa kok. Di era teknologi sekarang ini, kalian bisa bikin tulisan kecil di atas huruf di komputer ataupun HP.

Nah, gue mau kasih tau nih cara bikin tulisan kecil di atas huruf di Android dengan mudah dan tanpa ribet.

Gampang banget kok, kalian cukup buka browser di HP Android kalian, contohnya Google Chrome. Trus kunjungi situs bernama Superscript Generator.

Setelah itu, tinggal ketik kata atau tulisan yang mau kita ubah jadi versi kecil di atas huruf. Abis itu, copy aja hasil tulisannya yang udah jadi kecil.

Kalo kalian enggak mau ribet buka browser berulang-ulang, kalian juga bisa pake aplikasi keyboard yang ada jenis huruf bertipe superscript.

Pasti pada tau dong aplikasi keyboard FancyKey Keyboard. Kalian tinggal install dulu aplikasinya, terus ikuti aja cara-cara yang udah kami jelasin di artikel tersebut.

Nah, udah gampang kan? Kalian bisa bikin tulisan kecil di atas huruf di Android dengan mudah banget.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kalian ya. Kalo berhasil bikin tulisan kecil di atas huruf, jangan lupa share ke temen-temen kalian ya.

 

Tentang Tulisan Kecil Diatas

Superscript
Superscript. Sumber Gambar: Google.com

Nah, jadi teks kecil-kecil ini bisa kita manfaatkan untuk berbagai keperluan dan aplikasi. Ada dua jenis pemformatan utama yang biasa orang pakai.

Yang pertama yaitu superskrip dan subskrip. Nah, perbedaan keduanya adalah di posisi teks kecilnya, superskrip ada di atas teks. Ini yang kecil. Sementara subskrip ada di bawah teks di sekitarnya. Yang besar.

Teks superskrip biasanya lebih kecil dari teks lainnya dan terletak persis di atas teks yang lebih besar. Jarak antara teks superskrip dan teks di sekitarnya tergantung pada penggunaannya dan jenis huruf yang kita pakai.

Kadang-kadang, jika jenis huruf tidak mendukung superskrip, desainer atau pengetiknya bisa memperbesar jenis huruf untuk membuatnya lebih menonjol. Superskrip sudah orang pakai sejak awal abad ke-20.

Alternatif dari superskrip ini bisa jadi simbol tanda sisipan, terutama pada saat menulis persamaan matematika, seperti contohnya 23 = 8 yang bisa kita tulis sebagai 2^3 = 8.

Buat kamu yang suka ngetik, superskrip juga bisa kita sebut sebagai teks superior. Sedangkan subskrip yang ada di bawah teks di sekitarnya kita sebut sebagai teks inferior.

Ada beberapa jenis huruf yang bisa menyediakan opsi superskrip dan subskrip yang pengguna tempatkan pada posisi yang berbeda tergantung kebutuhan penggunaannya.

Ada beberapa cara yang umum untuk menggunakan superskrip yang sering kita temukan, di antaranya adalah.

 

Fungsi Tulisan Kecil Diatas

2. Simbol merek dagang dan hak cipta

Merk
Merk. Sumber Gambar: Google.com

Ini berguna ketika kita menulis tentang suatu produk atau perusahaan yang memiliki hak atas kekayaan intelektualnya.

kita mungkin perlu menggunakan simbol superskrip untuk merek dagang, hak cipta, atau merek dagang terdaftar.

Namun, kita tidak perlu menulis simbol tersebut setiap kali kita menyebutkan nama merek dagang atau hak cipta. Biasanya, cukup kita tulis saat pertama kali kita sebutkan saja.

 

3. Catatan akhir dan catatan kaki

Catatan Kaki
Catatan Kaki. Sumber Gambar: Google.com

Dalam penulisan akademis, sering kali kita menggunakan catatan akhir dan catatan kaki.

Ini berguna untuk memberikan informasi tambahan tentang topik yang kita bahas atau mengutip sumber yang kita gunakan.

Superskrip dapat kita gunakan untuk menempatkan nomor catatan kaki atau catatan akhir di dekat teks yang membutuhkan informasi tambahan.

 

4. Simbol Kimia dan Matematika

Tulisan Kecil Diatas Simbol Kimia
Tulisan Kecil Diatas Simbol Kimia. Sumber Gambar: Google.com

Dalam penulisan ilmiah, tulisan kecil diatas atau superskrip dan subskrip sering kita gunakan. Salah satu contohnya adalah saat menulis simbol kimia.

Misalnya seperti untuk menunjukkan muatan ionik suatu bahan kimia atau nomor massa.

Dalam penulisan matematika, superskrip kita gunakan untuk menunjukkan eksponen atau angka pangkat angka lain. Contohnya adalah 22 = 4 atau 53 = 125.

Kemudian, angka urut. Angka ordinal kita gunakan untuk menguraikan posisi satu item dalam urutan atau daftar, seperti pertama atau kedua.

Dalam beberapa gaya pemformatan, angka ordinal dapat kita tulis dengan superskrip, tetapi panduan gaya bahasa Inggris tidak merekomendasikannya.

 

5. Nilai moneter

Menulis Nilai Uang
Menulis Nilai Uang. Sumber Gambar: Google.com

Dalam beberapa kasus, bagian sen dari nilai moneter dapat kita tulis dalam superskrip atau tulisan kecil di atas. Dan kita juga dapat menggarisbawahi bagian sen dari nilainya.

Simbol yang menunjukkan jenis mata uang yang pengguna gunakan dapat muncul sebagai superskrip sebelum angka.

Namun, penggunaan superskrip dalam nilai moneter tidak selalu pengguna sarankan dalam semua panduan gaya penulisan.

Kunjungi juga

erp cloud

Penjelasan Cloud ERP Keuntungan, Risiko dan Solusi Populer

Cloud ERP adalah sistem perencanaan sumber daya perusahaan berbasis cloud. Ini menawarkan banyak keuntungan bisnis …