Begini Ciri Ciri Bearing Kompresor AC Mobil Rusak

  • Bagikan
kenali kompresor ac mobil rusak
kenali kompresor ac mobil rusak

Mengalami Kerusakan Bearing Kompresor AC?

Pada masa kini, sarana transportasi sudah menawarkan jenis dan brand yang beragam. Dari transportasi umum yang menuntut penggunanya untuk berdesakkan di jam-jam sibuk, hingga transportasi pribadi yang sering kali membuat gundah di kala macet melanda. Salah satunya mobil, sebuah alat transportasi yang sudah banyak dimiliki oleh masyarakat kita. 

Mobil memiliki beberapa ukuran, yang disesuaikan dengan kebutuhan pengendaranya. Tapi di samping itu, ada satu komponen yang tidak bisa diabaikan dan dilupakan, yaitu AC. Ac atau pendingin udara ini, dinilai sebagai satu hal yang esensial dalam kendaraan itu sendiri. Terlebih ketika cuaca terik dan pancaran sinar matahari menyeruak ke dalam mobil, AC akan membantu menurunkan temperatur udara agar jauh lebih normal. 

Tentunya, komponen yang satu ini juga perlu mendapatkan bagian perawatan mobil. Karena jika tidak, bisa berpotensi menimbulkan gangguan-gangguan, seperti AC tidak dingin. Penyebab AC tidak dingin sendiri pun banyak macamnya, namun tetap berporos pada evaporator/blowernya. Lantas, apa saja sih ciri-ciri AC mobil rusak yang bisa dikenali, dan bagaimana penanganannya? Mari kita simak bersama! 

Kenalilah Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Rusak

Pada artikel kali ini, mari kita mengintip ciri ciri adanya kerusakan pada AC mobil anda. Secara umum, kerusakan disebabkan pada bagian evaporator maupun bearing kompresor, yang notabene juga komponen terpenting dalam AC mobil anda. 

Mengapa kompresor angin cukup rentan dan perlu mendapatkan perawatan? Kompresor merupakan penggerak yang bertugas untuk menjadi cooling agent atau dengan bahasa lain memberi penekanan pada agen dingin. 

Ciri ciri kompresor rusak sebenarnya sangat mudah diidentifikasi, bahkan oleh orang awam sekalipun. Salah satu ciri cirinya adalah udara yang dihembuskan tidak menghasilkan hawa dingin sama sekali. 

Selain itu, masih ada beberapa ciri ciri bearing kompresor AC mobil rusak yang bisa anda kenali. Misalnya, ketika mulai menetes air dari sisi AC secara berkesinambungan, munculnya bunyi aneh, dan pengaturan AC yang lebih sulit dari biasanya. Ketika anda suka melihat tanda-tanda tersebut, ada baiknya anda langsung memeriksakannya ke bengkel terdekat. Hal tersebut berguna untuk mencegah kerusakkan yang lebih parah, atau merembet lebih jauh ke komponen AC atau mobil yang lain. 

Penanganan Gejala Bearing Kompresor AC Mobil Rusak Yang Bisa Dilakukan

Lantas, apa yang harus dilakukan jika pemilik mobil sudah melihat ciri ciri bearing kompresor AC mobil rusak? Tak perlu khawatir, bahwasanya cara penanganan pada kasus ini cukup sederhana dan tidak begitu kompleks. Anda tetap bisa menggunakan kompresor lama, dengan bearing yang sudah diganti ataupun diperbaiki.

Tapi sangat riskan rasanya jika anda hanya memperbaiki bagian bearing tanpa menggantinya. Karena jika hanya diganti, biasanya korslet atau kendala masih bisa terjadi sesekali dan kompresor menjadi tidak tahan lama. Sangat direkomendasikan untuk segera menggantinya, agar kerusakan tidak semakin menyebar. 

Untuk penyebab kerusakan bearing kompresor sendiri, paling umum disebabkan oleh adanya karat. Karena adanya itu, bearing kompresor AC mobil menjadi tidak bisa bergerak. Pembongkaran kompresor AC merupakan cara yang paling efektif dalam situasi ini. Jika dirasa masih bisa dipakai tanpa diperbaiki, anda bisa mencoba membersihkannya. Dalam beberapa kasus, mengganti oli juga bisa menjadi cara yang cukup efektif. Tentunya akan sangat tidak nyaman kan, jika kompresor AC menghembuskan hawa yang panas kering dan terus menerus menghasilkan suara bising, bahkan rembesan air AC yang menganggu? 

Kesimpulan Artikel

Pada dasarnya, komponen dari suatu alat itu memiliki fungsi spesifikasinya masing-masing. Ada baiknya kita selalu memperhatikan hal-hal tersebut. Karena jika dalam kesatuannya terdapat satu kendala, tentunya bisa menghambat kinerja komponen yang lain dan malah memperburuk kerusakkan. 

Itu sebabnya, penting bagi anda untuk bisa mengidentifikasi cici ciri bearing kompresor AC mobil rusak lebih dini, agar bisa mengambil tindakan preventif. Demikianlah informasi mengenai kompresor AC yang bisa penulis berikan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian, ya! Jangan lupa berikan ulasan! 

  • Bagikan