Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci

  • Bagikan
cara membuka mobil yang terkunci
cara membuka mobil yang terkunci

Seringkah Anda mengalami kebiasan buruk meninggalkan kunci mobil di dalam mobil dalam keadaan mobil tertutup? Mungkin saja Anda akan khawatir, panik, atau justru melakukan tindakan yang merusak mobil Anda. Selain itu, ada faktor lain yang bisa menyebabkan pintu mobil Anda terkunci dari dalam, seperti motor penggerak pada mobil Anda sudah berkarat, ada banyak kotoran yang menumpuk pada handle mobil, ada bagian pintu yang rusak akibat terkena benturan sehingga menyebabkan letak tuas menjadi rusak. Jika Anda mengalami hal seperti ini, bersikap tenanglah karena pasti ada cara buka pintu mobil yang terkunci tanpa merusak mobil Anda. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam:

Cara-cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci Tanpa Merusak Mobil

  • Menggunakan dengan tali

Cara buka pintu mobil yang terkunci bisa menggunakan tali yang kuat dan tidak mudah putus, salah satunya tali sepatu dengan cara membuat tali simpul yang kuat di bagian tengah. Lalu, perlahan masukan ujung tali melalui celah kecil biasanya di pinggir pintu. Setelah tali berhasil masuk kedalam mobil, lanjutkan dengan mengganjal dan menahan pada sudut pintu, lekatkan simpul tali pada tuas kunci pintu mobil Anda yang terkunci kemudian tarik perlahan supaya tidak merusak tuas kunci. Tarik sampai ke atas sampai pintu mobil berhasil terbuka. 

  • Membuka mobil dengan gantungan baju

Gantungan baju juga bisa menjadi alternatif untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Pada mobil yang menggunakan kunci manual tentu akan lebih mudah membuka dengan gantungan baju atau hanger. Dengan cara, Anda bisa meluruskan lebih dulu gantungan baju, lalu tekuk salah satu pada ujung kawat yang digunakan sebagai pengait. Setelah itu, masukkan ujung kawat gantungan baju melalui celah di antara jendela dengan lapisan karet pintu. Pastikan posisi kawat masuk ke dalam mobil, gerakan pengait agar bisa menjangkau tuas kunci manual mobil. Lakukan berulang sampai ujung pengait mencapai tuas kunci dan terlihat bergerak, kemudian tarik ke atas hingga pintu mobil terbuka. 

  • Menggunakan penggaris

Alternatif lain cara buka pintu mobil yang terkunci bisa menggunakan penggaris besi yang tipis. Caranya, lepaskan karet yang ada di bawah samping kaca lalu masukan pada pengait kunci, Anda tidak perlu khawatir karena karet pada kaca mobil bisa mudah dipasang dan dilepas lagi. setelah itu, perlahan masukkan penggaris pada celah kaca pintu mobil, jangkau titik pada panel kunci dengan menggerakkan panel kunci, lalu tekan handle pintu sehingga seperti layaknya pegas yang bisa naik turun. Ulangi penekanan handle pintu sampai pintu mobil berhasil dibuka. Cara ini bisa juga dilakukan pada mobil yang sudah memiliki teknologi keyless.

  • Menggunakan bola tenis

Cara ini bisa dilakukan pada mobil yang mempunyai lubang kunci manual. Cara menggunakan bola tenis, Anda bisa melubangi bola tenis dengan lubang kecil. Anda bisa melubangi dengan obeng yang sudah panas sebagai pompa yang berfungsi untuk mendorong udara pada lubang kunci. Kemudian, letakkan bagian lubang bola tenis pada lubang kunci, lalu tekan dengan kuat dan cepat sampai bola tenis berbentuk gepeng.  Jika gagal, tetap tekan dengan lebih kuat dan cepat bola tenis supaya lubang udara mampu mendorong lubang kunci mobil. Lakukan berulang kali sampai tekanan bola tenis berhasil menggerakkan lubang kunci sampai pintu mobil terbuka. 

  • Menggunakan tangkai atau besi

Cara selanjutnya bisa menggunakan tangkai atau besi untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Caranya, ambil tangkai atau besi yang berukuran panjang fungsinya sebagai pendorong tombol kunci mobil. Pada mobil matic atau pun Innova, biasanya cukup mudah untuk membuka celah pintu mobil bagian atas, setelah berhasil membuka celah pintu mobil segera ganjal dengan benda, masukkan besi dan tekan tombol pada gagang pintu mobil sampai pintu berhasil terbuka.

Itulah tadi cara membuka pintu mobil yang terkunci yang bisa Anda praktikkan, jika suatu hari Anda mendapatkan kendala pintu mobil yang terkunci dari dalam. Sehingga Anda tidak perlu lagi repot-repot memanggil ahli kunci, Anda bisa melakukan sendiri tanpa mengeluarkan biaya apapun dan tanpa harus merusak mobil Anda.

  • Bagikan