banner 728x250

Penyebab dan Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci

  • Share
Atasi Remote Mobil Tidak Mengunci
Ilustrasi Atasi Remote Mobil Tidak Mengunci

Remote control merupakan salah satu bagian dari perangkat mobil yang memiliki peran penting dalam hal keamanan. Tanpa adanya perangkat ini, sistem keamanan mobil tidak dapat dikendalikan dengan baik. Begitu pula ketika terjadi masalah tertentu, bisa jadi remote mobil tidak bisa mengunci yang mengharuskan Anda untuk segera memperbaikinya.

Sebagian besar orang belum mengetahui bagaimana kinerja remote mobil. Akibatnya, ketika terjadi masalah tertentu biasanya orang akan langsung menggantinya dengan yang baru. Padahal, ada beberapa penyebab yang bisa Anda atasi sendiri ketika remote mobil tidak bisa mengunci.

Penyebab Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci

Remote mobil yang tidak berfungsi dengan baik telah menjadi permasalahan umum yang sering dialami oleh pengendara. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir ketika remote mobil tidak bisa mengunci. Sebab Anda bisa mengatasinya dengan mudah meskipun belum pernah mencoba sebelumnya.

1. Daya baterai habis

Remote merupakan salah satu alat elektronik yang membutuhkan penyuplai energi dari daya baterai. Artinya, baterai juga berpeluang menjadi salah satu faktor penyebab ketika remote mobil tidak bisa mengunci.

Untuk mengetahui apakah baterai masih memiliki daya atau tidak yaitu dengan cara melihat lampu indikator pada remote tersebut. Ketika lampu indikator tidak menyala ketika ditekan, maka sudah pasti daya baterai habis dan Anda harus menggantinya. Berbeda jika remote mobil tidak bisa mengunci namun lampu indikator hidup, tentu ada masalah lain yang perlu diatasi.

2. Adanya frekuensi yang mengganggu

Di beberapa wilayah tertentu, remote tidak bisa berfungsi dengan baik meskipun dalam keadaan normal, termasuk masalah remote mobil tidak bisa mengunci. Begitu juga komponen yang terpasang pada mobil. Hal ini bisa disebabkan karena mobil berada di daerah yang tinggi akan gelombang elektromagnetik. Akibatnya frekuensi yang ada mengganggu kinerja remote dan komponen mobil.

Sebagai contoh, tempat umum yang dapat mengganggu bahkan menyebabkan kunci mobil tidak bisa mengunci adalah area atau kawasan di sekitar tower telekomunikasi. Gelombang elektromagnetik menyebabkan receiver yang tertanam di mobil tidak dapat terhubung dengan remote control. Oleh sebabnya remote mobil tidak bisa mengunci karena receiver sulit menangkap sinyal perintah yang diberikan.

Baca juga:  Perkiraan Harga Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

3. Receiver remote di mobil rusak

Jika Anda telah memastikan remote dalam keadaan baik serta tidak berada di kawasan gelombang elektromagnetik, besar kemungkinan penyebab remote mobil tidak bisa mengunci muncul dari kondisi receivernya. perangkat ini merupakan komponen yang terpasang di mobil sehingga dapat menangkap gelombang serta memberi sinyal pada remote.

Jika receiver dalam keadaan rusak, maka apapun yang berkaitan dengan sistem keamanan mobil atau fungsi-fungsi tertentu yang dapat dikendalikan menggunakan remote juga akan ikut bermasalah, bukan hanya remote mobil tidak bisa mengunci.

4. Terdapat masalah pada remote

Penyebab lain mengapa remote mobil tidak bisa mengunci adalah karena memang sudah dalam keadaan rusak. Untuk mengetahuinya, pasang baterai yang masih memiliki daya cukup kemudian tekan tombol utama. Apabila lampu indikator tidak menyala maka Anda bisa memastikannya jika kondisi remote mati total.

Biasanya, intensitas penggunaan remote yang terlalu sering dan melampaui batas wajar akan lebih cepat usang. Kerusakan ini mulanya ditAndai dari tombol kunci yang relatif keras dan kadang tidak berfungsi melainkan harus ditekan berulang-ulang. Dampak  kerusakan akan meluas seiring bertambahnya intensitas penggunaan, termasuk kendala remote mobil tidak bisa mengunci.

Setelah mengetahui beberapa hal yang menyebabkan remote mobil tidak bisa mengunci di atas, Anda tentu dapat mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasinya. Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan fungsi lock pada remote tersebut.

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Bisa Mengunci

Jika mengalami masalah dimana remote mobil tidak bisa mengunci, Anda harus mengetahui faktor penyebab terlebih dulu untuk menentukan langkah yang tepat sebelum mencoba mengatasinya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan fatal akibat tindakan pencegahan yang kurang tepat.

1. Akibat remote mobil yang bermasalah

Terdapat dua faktor kemungkinan yang menyebabkan remote mobil tidak bisa mengunci. Faktor tersebut dikarenakan masalah pada suplai daya atau kondisi perangkat kerasnya. Untuk mengatasi masalah yang disebabkan akibat faktor ini bisa diatasi melalui cara berikut.

Memperbarui atau mengganti baterai

Apabila baterai menunjukkan daya habis seperti tAnda-tAnda yang dijelaskan di atas, langkah selanjutnya Anda tinggal menggantinya. Namun perlu dicatat bahwa tidak semua baterai meskipun dalam keadaan baru memiliki power daya yang cukup. Sehingga meskipun telah dipasang pada remote mobil belum tentu mampu menyuplai energi yang cukup.

Baca juga:  Cari Tahu Penyebab Mobil Matic Posisi Tidak Mau Jalan

Mengecek kondisi perangkat keras

Kondisi perangkat keras yang sudah usang atau bahkan rusak sangat mungkin menjadi penyebab utama mengapa remote mobil tidak bisa mengunci. Cara mencegahnya, bongkar remote tersebut untuk mengetahui masalah fisik seperti konsleting atau kerusakan tombol di bagian perangkat kerasnya. Jika Anda tidak mampu memperbaikinya, mungkin Anda harus menggantinya dengan remote baru yang kompatibel.

Harga penggantian remote mobil sendiri berada pada kisaran 300-700 ribu tergantung kelas dan kualitasnya. Biasanya dengan harga tersebut sudah termasuk ongkos pemasangan. Sehingga Anda tidak perlu susah payah memasangnya sendiri melalui pengaturan yang cukup ribet. Namun sebelum itu, alangkah baiknya jika Anda menanyakan terlebih dulu mengenai masalah remote mobil tidak bisa mengunci. Sehingga pihak bengkel bisa memberikan tindakan yang tepat untuk mengatasinya.

2. Akibat komponen mobil yang bermasalah

Berbeda dengan masalah yang diakibatkan oleh kerusakan sistem di dalam mobil itu sendiri. Ada dua hal kemungkinan yang menjadi cikal bakal remote mobil tidak bisa mengunci, yaitu masalah di bagian receiver dan sistem keamanan mobil.

Mengecek kondisi receiver remote

Perangkat receiver merupakan komponen yang tidak kalah penting dalam sistem keamanan mobil. Fungsinya adalah untuk menangkap gelombang elektromagnetik, sehingga receiver dapat menerima perintah dari remote control untuk kemudian diteruskan ke sistem keamanan mobil. Dengan demikian, receiver menjadi salah salah satu faktor yang dapat menyebabkan remote mobil tidak bisa mengunci.

Untuk mengatasi masalah yang terdapat komponen ini sendiri sendiri terbilang cukup ribet. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki pemahaman cukup di bidang ini, sangat disarankan agar membawanya ke bengkel.

Mengecek sistem keamanan mobil

Meskipun sangat jarang ditemui masalah ini, namun sistem keamanan juga berpotensi menjadi sumber masalah yang mengakibatkan remote mobil tidak bisa mengunci. Selain itu, mendeteksi masalah ini juga terbilang sulit jika hanya mengAndalkan fungsi remote. Sehingga tidak ada cara yang lebih efektif dibanding membawanya ke tempat servis.

Kendala remote mobil tidak bisa mengunci bukanlah masalah yang jarang ditemui. Mengingat fungsinya yang terus digunakan setiap kali menggunakan mobil, tidak menutup kemungkinan masalah remote akan sering terjadi. Alhasil, setiap pemilik kendaraan harus mengetahui bagaimana cara kerja dan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah kerusakan ini.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *