banner 728x250

Mengenal Lebih Dekat Jenis-Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

  • Share
Jenis Mobil Di Jual Di Indonesia
Jenis Mobil Di Jual Di Indonesia

Pesatnya perkembangan industri otomotif tanah air telah mendorong munculnya berbagai jenis mobil yang ada di Indonesia. Tak heran, pangsa pasar dalam hal penjualan mobil terus mengalami peningkatan yang cukup drastis dari tahun ke tahun. Hal ini dibarengi oleh semakin besarnya minat masyarakat terhadap kendaraan roda 4.

Untuk mengidentifikasi mobil apa saja yang bisa ditemukan di pasar otomotif lokal, penjelasan tentang jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia berikut ini mungkin dapat menjadi bahan referensi.

9 Jenis Mobil yang Ada di Indonesia

Tak banyak yang tahu berapa jenis mobil yang dipasarkan di industri otomotif lokal. Beberapa model yang cukup banyak digemari seperti MPV, SUV, dan sedan. Varian tersebut merupakan 3 model paling diminati dari berbagai jenis mobil yang ada di Indonesia saat ini.

  1. Mobil MPV

Innova
Ilustrasi Innova : cermati.com

Nama MPV merupakan kepanjangan dari Multi Purpose Vehicle, yang mana saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat lokal. Dari semua jenis mobil yang ada di Indonesia, MPV mendominasi angka total penjualan mobil nasional. Hal ini tak lain disebabkan oleh kabinnya yang lega serta sesuai untuk kebutuhan keluarga.

Secara fisik mobil MPV berbentuk semi kotak yang tegas dan mewah. Dengan 3 baris bangku pada bagian interiornya, mobil MPV sering dijadikan sebagai pilihan favorit keluarga. Beberapa diantara varian MPV dari sekian jenis mobil yang ada di Indonesia yaitu Innova dan Alphard dari Toyota, Wuling Cortez CT, dan Honda Odyssey.

  1. Mobil SUV

Mobil SUV
Ilustrasi Mobil SUV: Otomaniac.com

Dari sekian banyak jenis mobil yang ada di Indonesia sekaligus telah dipopulerkan dalam berbagai ajang, SUV menjadi pesaing baru MPV yang telah berhasil menarik banyak minat konsumen. Akibatnya, dominasi MPV dalam penjualan mobil di Indonesia tidak menutup kemungkinan dihambat oleh SUV.

Ada beberapa keunikan yang dimiliki mobil SUV dibanding jenis lain. Satu di antara keunikan tersebut terletak pada sisi ground clearance yang tinggi. Sedangkan jenis mobil yang ada di Indonesia untuk varian SUV sendiri dicontohkan oleh Toyota Fortuner, Suzuki XL7, Toyota Rush, serta Honda BR-V dan HR-V.

  1. Mobil Sedan

    Mobil Sedan
    Ilustrasi MObil Sedan : Inews.com

Melanjutkan dari jenis mobil yang ada di Indonesia selain MPV dan SUV, yaitu sedan. Mobil yang identik dengan atap rendah, kap dan bagasi yang masing-masing menjorok ke depan dan belakang ini menjadi salah satu karakteristik mobil mewah. Meskipun demikian, mobil sedan juga diunggulkan dalam dalam hal kenyamanan bagi para pengendaranya.

Karena lebih menitikberatkan pada kenyamanan dan kemewahan desain, mobil sedan hanya dapat menampung 4-5 penumpang. Dibanding MPV dan SUV serta semua jenis mobil yang ada di Indonesia, popularitas mobil ini kian redup mengingat tipe masyarakat yang lebih menyukai mobil keluarga.

Saat ini, beberapa mobil yang mempresentasikan kelas sedan dimiliki oleh Honda City dan Toyota Vios. Karena tergolong mewah, brand ternama BMW hingga Mercedes Benz seringkali menciptakan mobil sedan dalam pabrikannya.

  1. Mobil Sport

    Mobil Sport
    Ilustrasi Mobil Sport : Akurat.co

Satu lagi jenis mobil yang ada di Indonesia yaitu mobil sport. Meskipun tidak banyak yang memilikinya, namun popularitasnya justru melebihi semua jenis mobil di atas. Hal ini dikarenakan mobil sport mengusung teknologi yang sangat lengkap dan canggih untuk memberikan kenyamanan berkendara. Tak heran jika harganya terlampau jauh ketimbang semua jenis mobil yang ada di Indonesia.

Contoh varian mobil sport yang dipasarkan di Indonesia seperti Honda Civic R dan Toyota Supra GR. Keduanya tidak lebih banyak diminati ketika diperbandingkan dengan jenis mobil yang ada di Indonesia lainnya.

  1. Mobil Hatchback

    Mobil hatchback
    Ilustrasi Mobil hatchback : Otodrift

Salah satu varian mobil yang mirip dengan mobil sedan adalah hatchback. Dari seluruh jenis mobil yang ada di Indonesia, mobil hatchback terbilang trendy dan cocok untuk semua kalangan pengendara. Terlebih dengan gayanya yang elegan serta memberikan kesan sportif, mobil hatchback kerap direkomendasikan bersamaan dengan jenis-jenis lainnya.

Adapun contoh mobil yang termasuk dalam kategori jenis mobil hatchback telah dicontohkan oleh berbagai merk ternama, meliputi Honda Jazz, Toyota Yaris, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Baleno. Masing-masing brand yang mengisi pasar otomotif di Indonesia ini kerap memperkenalkan mobil hatchback sebagai mobil unggulannya.

  1. Mobil Station Wagon

    Station Wagon Honda
    Ilustrasi Station Wagon Honda

Salah satu jenis mobil yang ada di Indonesia ini secara fisik mungkin tidak terlihat berbeda jauh ketika dibandingkan dengan mobil hatchback. Konsep yang dikembangkan keduanya relatif sama, terutama untuk bagian eksteriornya. Hanya saja perbedaan terletak pada dimensinya yang relatif lebih memanjang untuk mobil station wagon.

Mobil station wagon banyak diperkenalkan oleh berbagai brand ternama, bahkan sekelas BMW dan Mercedes Benz juga tidak jarang menciptakan mobil dengan model station wagon ini. Sedangkan jenis mobil yang ada di Indonesia sendiri terdapat Toyota Corolla DX hingga Chevrolet Estate.

  1. City Car

    City Car
    Ilustrasi City Car : Otosia.com

Mobil lain yang juga mirip dengan mobil hatchback yaitu city car. Satu jenis mobil yang ada di Indonesia ini terlihat lebih ringkas dan kecil. Sesuai namanya, mobil ini cocok untuk kawasan perkotaan dengan lalu lintas yang padat. Oleh karenanya, bentuk kubikasinya cenderung dibatasi agar dapat membuat konsep mobil yang minimalis.

Adapun city car yang menjadi salah satu rekomendasi jenis mobil yang ada di Indonesia ini hanya memiliki kapasitas mesin maksimal 1.200 cc. Beberapa contoh mobilnya adalah Honda Brio dan Daihatsu Ayla yang keduanya sudah banyak dipakai ole

  1. Mobil Convertible

    Mobil Convertible
    Ilustrasi Mobil Convertible

Berbeda dengan deretan mobil sebelumnya, mobil convertible merupakan jenis mobil yang ada di Indonesia namun terbilang sulit untuk menemukannya. Penyebab utamanya adalah harga untuk mobil convertible per unit yang sangat mahal. Belum ditambah  jenis atap yang buka tutup sehingga tidak begitu disukai karena materialnya dikenal rentan terhadap kerusakan.

Meskipun tidak terlalu banyak jenisnya, namun mobil convertible masuk dalam deretan termahal dari semua jenis mobil yang ada di Indonesia. Contoh mobil convertible yang dijual di Indonesia adalah Mercedes Benz C 200 dan Mazda MX-5.

  1. Mobil Pickup

    Pickup Carry
    Ilustrasi Pickup Carry

Jenis mobil yang familiar di kalangan masyarakat Indonesia, yaitu pickup. Secara umum, mobil ini diperuntukkan untuk mengangkut barang. Dari fungsi kusus yang dimilikinya, mobil pickup memiliki perbedaan desain interior dan eksterior dari semua jenis mobil yang ada di Indonesia. Menariknya, mobil ini tidak pernah mengalami perubahan yang cukup signifikan dari pembaharuan setiap tahunnya. Meskipun demikian peminatnya masih terbilang tinggi.

Mobil pickup terdiri dari dua jenis kendaraan, masing-masing mobil dengan kabin tuggal serta kabin ganda. Kabin tunggal hanya mampu memuat penumpang 2 orang dengan kapasitas tampungan barang yang lebih luas. Berbeda dengan kabin ganda yang dapat menampung 4-5 penumpang namun tidak memiliki kapasitas daya tampung yang lebih besar.

Contoh mobil pickup dengan kabin tunggal yaitu Suzuki Carry yang hingga kini masih menjadi primadonanya jenis mobil yang ada di Indonesia. Sedangkan contoh untuk mobil pickup dengan kabin ganda sendiri yaitu Toyota Hilux dan beberapa jenis lainnya.

Sesuai dengan jenis-jenis mobil yang ada di Indonesia di atas, anda dapat menjadikannya sebagai rujukan dalam menentukan jenis mobil apa yang cocok sesuai kriteria anda.

banner 160x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *