Ukuran Poster Digital
Ukuran Poster Digital. Sumber Gambar: Google.com

7 Ukuran Poster Digital Standar dan Aplikasinya

Ukuran poster digital standar apa saja dan aplikasinya. Panduan ukuran poster, semua yang perlu Anda ketahui. 7 ukuran poster standar dan aplikasinya untuk masing – masing ukuran.

Poster telah orang gunakan selama berabad-abad. Poster pertama di dunia kita sebut “milis” – lembaran yang orang cetak hanya di satu sisi, yang mereka gunakan untuk komunikasi komersial dan umum.

Maju cepat ke awal tahun 1870-an dan kita melihat bahwa poster adalah alat periklanan dan juga sebagai alat komunikasi massa utama di kota-kota Amerika dan Eropa.

Ukuran Poster Digital

posters-40x60 Solopress.com
posters-40×60 Solopress.com. Sumber Gambar: Google.com

Sepanjang sejarah, poster telah menjadi salah satu alat yang paling efektif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. poster juga merupakan alat bagusuntuk  mempengaruhi keputusan masyarakat.

Apakah itu propaganda masa perang di awal abad ke-20 atau cara menjual barang dan jasa. Jadi, poster selalu menjadi pilihan populer untuk iklan. Bahkan, hingga era digital sekarang.

Karena tujuan setiap poster berbeda, ukurannya juga berbeda. 40″x60″, 27″x40″, 24″x36″, 18″x24″, 16″x20″, 11″x17″, 8.5″x11″ (terbesar ke terkecil)) adalah merupakan Ukuran Poster Standar .

 

Cara Memilih Ukuran Poster Digital

Ukuran Poster dalam CM
Ukuran Poster dalam CM. Sumber Gambar: Google.com

Ukuran poster akan bergantung pada ruang lingkup, anggaran, konten yang ada, dan juga banyak faktor lainnya. Jika Anda ingin, katakanlah, membuat beberapa ratus poster, maka poster ukuran kecil mungkin merupakan cara yang tepat.

Poster pemasaran, misalnya, berukuran lebih kecil. Poster yang lebih kecil lebih murah daripada yang lebih besar dan lebih mudah kita buat, meskipun juga kita pesan dalam jumlah besar.

Di sisi lain, jika Anda berencana memesan hanya 10 hingga 20 poster untuk Anda pajang di lokasi yang menonjol, maka poster besar mungkin cocok untuk Anda. Jadi bagaimanapun, bahwa poster besar itu mahal karena ukuran kertas yang besar.

8,5 x 11 inci adalah ukuran poster dari aplikasi pembuat poster Picmaker dan merupakan ukuran poster umum terkecil. Ukuran poster ini paling baik untuk distribusi di jalan, help desk / meja bantuan, dll.

Sekarang mari kita lihat apa itu ukuran poster standar dan kapan menggunakannya. Ini untuk memastikan Anda memenuhi sasaran kampanye sambil tetap sesuai dengan anggaran Anda.

 

Daftar Ukuran Poster Digital

1. Poster 40″ x 60″ (1016 x 1524 mm)

Ukuran Poster Digital 40x60
Ukuran Poster Digital 40×60. Sumber Gambar: Google.com

Juga kita kenal sebagai poster halte bus atau kereta bawah tanah, poster ini orang pajang di panel kaca dan biasanya kita temukan di halte bus dan tujuannya untuk pengguna pajang di luar ruangan.

Ukurannya biasanya 40″ x 60″ meski bisa kita regangkan ke ukuran yang lebih besar. untuk konten layar seringkali bervariasi, tetapi mencakup ilustrasi berwarna yang menarik.

Poster biasanya orang cetak pada kertas matte atau glossy. Kertas berlapis yang kita gunakan untuk mencetak poster dengan ukuran ini meningkatkan kecerahan warna jika kita bandingkan dengan kertas tanpa lapisan.

Jadi, ukutan ini cocok untuk film, acara, iklan, dan juga poster promosi. Poster dengan tipografi yang besar dan berani serta visual yang menarik untuk menarik perhatian orang.

 

2. Poster 27″ x 40″ (686 x 1016 mm)

poster 27 X 40 inchi
poster 27 X 40 inchi. Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah ukuran standar untuk poster film dan biasanya dalam format vertikal. Ini adalah poster satu lembar (poster 40″ x 60″ dua sisi) biasanya orang pajang di luar bioskop untuk mempromosikan film-film terbaru.

Mirip dengan poster halte bus, poster ini juga pengguna cetak di atas kertas dan Anda dapat memilih antara hasil matte dan glossy. Namun selain film promosi, poster juga dapat kita tempatkan di pusat perbelanjaan.

Juga di area lalu lintas tinggi di mana orang dapat melihat sekilas informasi yang kita tampilkan. Jadi, ini juga termasuk poster untuk orang lihat secara sekilas karena ukurannya.

 

3. Poster 24″ x 36″ (609,6 x 914,4 mm)

Ukuran Poster Digital Poster 24 x 36 (609,6 x 914,4 mm)
Ukuran Poster Digital Poster 24 x 36 (609,6 x 914,4 mm). Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah ukuran standar untuk poster besar dan merupakan pilihan populer bagi pengiklan untuk menarik perhatian audiens mereka dengan pesan atau karya seni yang menarik.

Poster dalam ukuran ini biasanya terlihat di pusat perbelanjaan, pameran, trotoar, acara, dan konser, hanya untuk beberapa contoh saja. Ini juga adalah poster yang besar 60 CM X 90 CM.

Salah satu keuntungan utama dari poster ini adalah bahwa informasi yang ditampilkan dapat dengan mudah orang lihat dari jarak jauh (misalnya saja dari jarak 10 hingga 15 meter).

Poster ini sangat cocok untuk menampilkan desain yang rumit, tentu karena ukurannya. Juga, cocok untuk ilustrasi, tipografi yang berani hingga ilustrasi minimalis. Dan juga masih banyak lagi.

 

4. Poster 18″ x 24″ (457 x 610 mm)

Ukuran Poster Digital Poster 16 x 20 (406,4 x 508 mm)
Ukuran Poster Digital Poster 16 x 20 (406,4 x 508 mm). Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah poster berukuran sedang yang cocok untuk kampanye iklan dalam dan luar ruangan, iklan kecil, poster promosi selebriti, dan juga lainnya. Dimensi memungkinkan tampilan berbagai gambar.

Juga bisa menampilkan grafik, dan teks tebal, sementara informasi poster dapat kita lihat dari jarak dekat dan dari jarak 2-5 meter. Ukuran tampilan ringkas dan konten melimpah.

Ini berarti bahwa poster berukuran 18″ x 24″ juga cocok untuk promosi di dalam toko dan juga papan buletin di sekolah dan perguruan tinggi. Jadi, ini untuk ukuran dalam ruangan.

 

5. Poster 16″ x 20″ (406,4 x 508 mm)

Ukuran Poster Digital Poster 16 x 20 (406,4 x 508 mm)
Ukuran Poster Digital Poster 16 x 20 (406,4 x 508 mm). Sumber Gambar: Google.com

Ukuran ini biasanya orang gunakan dalam poster cetak yang tujuannya adalah untuk menarik perhatian audiens dengan pesan yang berdampak. Poster 16″ x 20″ dapat kita gunakan untuk mempromosikan acara dan produk.

Lokasi penempatan di papan buletin, sebagai tanda jendela. Atau untuk juga untuk keperluan dekoratif seperti memajang foto liburan keluarga, karya seni, dan lainnya.

Jadi, ini termasuk poster ukuran besar namun untuk dalam ruangan. Jadi, mudah untuk orang lihat di papan pengumuman namun bukan poster yang cocok untuk luar ruangan.

 

6. Poster 11″ x 17″ (279 x 432 mm)

Poster 11 x 17 (279 x 432 mm)
Poster 11 x 17 (279 x 432 mm). Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah poster berukuran kecil, juga terkenal sebagai kertas akuntansi dan tabloid. Ukuran ini tidak memakan banyak ruang dan sangat cocok untuk kita pajang di dalam ruangan.

Ruangan lounge, ruang tunggu, dan juga kamar mandi adalah beberapa lokasi ideal untuk poster berukuran ini. Jadi 11″ x 17″ adalah termasuk ukuran poster biasa.

Agar poster menjadi efektif, desainnya harus menggabungkan palet warna yang sederhana, tipografi yang berani, banyak ruang negatif, dan ilustrasi yang jelas.

Jika elemen desain ini kita perhatikan, informasi pada poster dapat terlihat dari jarak 2-5 kaki. Ukuran dan sifat poster-poster ini berarti bahwa mereka harus kita tempatkan setinggi mata penonton dan orang yang lewat.

 

7. Poster 8,5″ x 11″ (215,9 x 279,4 mm)

Poster Meja
Poster Meja. Sumber Gambar: Google.com

Ini adalah poster terkecil, juga kita kenal sebagai poster A4 dan poster pamflet. Yang ideal untuk menampilkan iklan di ruang kecil. Poster-poster ini biasanya terlihat di meja bantuan, galeri seni, dan papan pesan publik.

Poster dalam ukuran ini paling cocok untuk: iklan, mentransfer informasi, jadwal pertukaran dan juga publikasi kebijakan perusahaan. Karena ukuran poster kecil, penting untuk menjaga agar teks tetap minimal.

Namun, perlu melengkapinya dengan gambar yang sesuai untuk memastikan keterbacaan dan keterlihatan bagi orang yang lewatm jika kita tempatkan di meja atau tempelkan di tempat tertentu.

 

Ukuran Poster Digital dan Tip Desain

1. Buat itu bisa dibaca dari kejauhan

Ukuran Poster Digital Display Poster
Ukuran Poster Digital Display Poster. Sumber Gambar: Google.com

Agar poster Anda dapat membantu mencapai tujuan kampanye Anda, Anda harus menerapkan beberapa prinsip desain utama yang akan membuatnya menonjol di mata publik.

Poster Anda tidak akan dapat melakukan tugasnya jika informasi yang tercetak di atasnya tidak dapat orang baca. Tidak hanya mudah kita baca dari dekat saja, tetapi juga jarak jauh.

Jadi informasi pada poster juga harus mudah terbaca dari jarak beberapa meter atau beberapa belas meter. Namun, bagaimana Anda bisa mencapai ini? Anda perlu mengaturnya.

Atur informasi pada poster menggunakan judul, isi teks, dan huruf kecil. Judul: Orang-orang akan tertarik pada poster Anda karena judulnya memikat mereka, atau mereka akan mengalihkan perhatian ke hal lain karena judulnya tidak menarik bagi mereka.

Meskipun Anda perlu memastikan judul Anda jelas dan menarik, namun pastikan font yang Anda pilih dapat orang lewat baca dan menarik perhatian pembaca Anda.

Teks isi: Di bagian ini, Anda harus menentukan “apa”, “kapan”, dan “di mana”, jika ada. Ini akan membantu pembaca memahami fokus utama poster Anda dan betapa pentingnya bagi mereka.

Rincian ini akan memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah mereka harus bertindak berdasarkan informasi penulis. Tulisan kecil: Teks ini harus kecil dan membantu pemirsa memahami hal-hal lain yang perlu mereka ketahui saat melihat poster Anda.

 

2. Pertimbangkan akomodasi

Poster 11 x 17 (279 x 432 mm)
Poster 11 x 17 (279 x 432 mm). Sumber Gambar: Google.com

Penempatan poster bergantung pada dimensinya (termasuk rasio aspek), tetapi penting untuk mengetahui audiens target Anda dan di mana poster dapat paling efektif dalam mempromosikan kampanye Anda.

Mengetahui di mana menempatkannya juga merupakan kunci untuk mendesain poster Anda menjadi visual dan menarik. Artinya, skema warna, elemen desain, dan tipografi akan ditentukan oleh lokasi poster Anda.

 

3. Buat berbagai ukuran poster

Ukuran Poster
Ukuran Poster. Sumber Gambar: Google.com

Anda tidak boleh membatasi diri untuk mencetak poster hanya dalam satu ukuran, meskipun tujuan kampanye dan kasus penggunaan Anda memerlukan ukuran tertentu dengan penyelesaian penempatan sebelum pencetakan.

Jika memungkinkan, buat salinan poster Anda secukupnya dalam ukuran yang Anda pilih. Kemudian buat poster yang sama dalam dua atau tiga ukuran berbeda untuk audiens target Anda di berbagai saluran dan situs web.

Jadi, yang perlu kita lakukan, buat poster berukuran 8,5″ x 11″ untuk selebaran dan selebaran jalanan. Buat thumbnail untuk dibagikan dengan milis Anda

Sesuaikan poster Anda sesuai dengan pedoman saluran sosial target Anda. Namun, pastikan juga ada cukup ruang. Artinya, Anda perlu menyediakan ruang yang cukup antara elemen desain dan teks.

Hal ini penting untuk meningkatkan keterbacaan informasi poster. Ini berarti Anda harus menyediakan spasi di antara setiap baris teks dan karakter individu.

Pikirkan tentang pilihan font dan elemen desain Anda sebelum menentukan jarak yang tepat di antara keduanya. Spasi yang tepat akan sangat meningkatkan dampak visual poster Anda.

Dan, juga membuatnya lebih mudah orang baca dari jarak jauh. Jadi, menarik perhatian pada pandangan pertama itu penting. Juga menarik dengan cara yang baik, dan mudah diingat.

 

4. Berani dalam pilihan font Anda

Ukuran Poster Digital Restaurant
Ukuran Poster Digital Restaurant. Sumber Gambar: Google.com

Ya! Bersikaplah fleksibel dengan pilihan font Anda dan jangan ragu untuk memilih dua atau tiga font jika itu membantu menciptakan efek visual yang mendorong tindakan yang Anda inginkan dari audiens.

Anda dapat memilih font yang lebih besar, lebih lebar, dan lebih berani asalkan memancarkan nada yang tepat ke poster Anda dan membuat informasinya mudah orang baca.

Pilihan font poster Anda juga bergantung pada apa yang Anda jual, apakah itu acara promosi, peluncuran produk atau layanan, atau yang lainnya. Apakah formal, atau tidak. Juga stylingnya.

 

Kesimpulan Tentang Ukuran Poster Digital

Poster 18 x 24 (457 x 610 mm)
Poster 18 x 24 (457 x 610 mm). Sumber Gambar: Google.com

Poster adalah alat promosi populer yang membantu pengiklan mengarahkan tindakan yang Anda inginkan kepada audiens. Sejak awal sebagai bentuk utama periklanan, poster telah membantu mencapai kesuksesan dalam berbagai kampanye.

Ini juga termasuk propaganda masa perang selama Perang Dunia I, kampanye politik dalam beberapa dekade terakhir, dan juga masih banyak contoh lainnya.

Poster tersedia dalam berbagai ukuran, tetapi pengiklan juga memiliki opsi untuk membuat poster dengan ukuran khusus. Namun, beberapa ukuran poster standar adalah 40″ x 60″, 27″ x 40″, 24″ x 36″, 18″ x 24″, 16″ x 20″, 11″ x 17″, 8,5″. 11″.

Poster ini membantu mempromosikan film, acara seperti festival musik dan pertunjukan seni, iklan produk dan layanan, dan juga dapat digunakan untuk tampilan estetika di rumah atau di tempat kerja.

Desainer perlu memastikan poster mereka dapat terbaca dari jarak jauh. Juga mempertimbangkan tentang penempatan sebelum mendesain dan kemudian mencetak.

Desainer perlu membuat ukuran yang berbeda untuk mereka promosikan melalui saluran yang berbeda. Selain itu, juga menyediakan jarak yang memadai, dan berani memilih font.

Kunjungi juga

CV Online Gratis PDF

Alat Pembuat CV Online Gratis PDF Terbaik 2023

CV online gratis PDF dengan pembuat resume terbaik. Pembuat resume online terbaik di tahun 2023. …