Tempat Wisata Kuningan
Tempat Wisata Kuningan. Sumber gambar: Google.com

Tempat Wisata Kuningan Terbaru yang Trend di Instagram

Tempat wisata Kuningan terbaru yang trend di Instagram. Kabupaten Kuningan adalah Kabupaten di perbatasan jawa Barat dan Jawa Tengah. Di sebelah timur kota Cirebon. Kabupaten ini merupakan yang tertua ketiga di jawa Barat.

Tempat Wisata Kuningan

Tempat Wisata Kuningan Kabupaten Kuningan Jabar
Tempat Wisata Kuningan Kabupaten Kuningan Jabar. Sumber gambar: Google.com

Kabupaten Kuningan memiliki banyak sekali cerita rakyat yang berkaitan dengan sejarah pembentukannya. Pada 1 September 2022, Kabupaten Kuningan merayakan hari jadinya yang ke-524.

Menurut postingan dari situs resmi Kabupaten Kuningan, daerah tersebut pernah menjadi pemukiman dengan kekuatan politik penuh sebagai sebuah negara. Hal ini bisa kita lihat dalam sejarah Parahyangan.

Kerajaan Kuningan pertama kali berdiri setelah penobatan Seuweukarma sebagai raja yang kemudian mendapatkan gelar sebagai Rahiyang Tangkuku yang berkedudukan di Saunggalah.

Saat itu, kerajaan Kuningan berhasil meluaskan kekuasaannya hingga ke tanah Melayu. Meski sempat terhambat perkembangannya, Kerajaan Kuningan yang pada saat itu menganut agama Hindu bangkit kembali pada tahun 1175.

Kuningan kemudian masuk ke dalam wilayah Kerajaan Sunda yang juga kita kenal dengan nama Pajajaran. Kini, Kabupaten Kuningan merupakan kabupaten tertua ketiga di Jawa Barat.

Karena wilayah yang banyak memiliki medan berbeda, maka Kuningan merupakan salah satu daerah di Jawa Barat di Indonesia yang terkenal dengan banyak tempat wisata menarik.

Beberapa daerah di Kuningan terletak di ketinggian sedangkan Sebagian di dataran rendah. Perbedaan ini menghasilkan alam yang berbeda dan indah. Berikut beberapa tempat wisata di Kuningan yang wajib kita kunjungi:

 

Tempat Wisata Kuningan Terbaru yang Trend di Instagram

1. Talaga Remis

Talaga Remis
Talaga Remis. Sumber gambar: Google.com

Destinasi wisata Kuningan pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Telaga Remis. Tempat wisata ini terletak di tengah hutan dengan pemandangan yang menakjubkan.

Air di sana juga benar-benar jernih dan Anda akan merasakan kesejukan khas pegunungan. Laguna teduh nan asri ini terletak di Desa Kadeula, Dusun Binakarya Pesawahan sekitar 30 km barat laut pusat kota Kuningan atau 20 km barat daya Cirebon.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik bus umum Jakarta – Cirebon dan turun di Pasar Cilimus, lalu dilanjutkan dengan angkot jurusan Pasawahan. Di kawasan wisata ini, terdapat jalan setapak yang bisa kita susuri melingkari danau.

Anda juga dapat bersantai dan menikmati rimbunnya pepohonan di Cottage tepi danau dan restoran. Namun, jika ingin menjelajahi danau, ada juga perahu kayuh yang bisa pengunjung sewa.

Untuk biaya berwisata kemari tidak perlu terlalu mahal. Anda tidak perlu khawatir karena hanya akan terkena biaya Rp 5.000 untuk tiketnya. Jadi, mengajak keluarga juga masih terhitung murah.

 

2. Desa Wisata Setianegara

Desa Setianegara
Desa Setianegara. Sumber gambar: Google.com

Setianegara bagian selatan berbatasan dengan desa Linggarjati, sebelah timur dengan desa Lingga Indah, sebelah utara dengan desa Sibereum, dan sebelah barat dengan hutan lindung di Gunung Chiremay.

Desa Setianegara sering orang sebut dengan Gunung Deukeut yang berarti desa yang paling dekat dengan gunung. Kawasan hutan Setianegara memiliki keanekaragaman flora dan fauna, serta alam yang indah dan megah.

Kawasan hutan ini memiliki pemandangan yang indah dan lingkungan yang asri. Potensi wisata di desa berhutan Setianegara, antara lain potensi agrowisata. Misalnya pada saat ini sedang orang kembangkan produk agrowisata menanam apel, raspberry, dan nilam.

Kawasan hutan desa Setianegara dapat menjadi objek wisata edukasi di bidang vulkanologi, ekologi, konservasi alam, hidrologi, geografi, geologi, perdata dan juga untuk pertanian.

Hutan desa Setianegara adalah tempat yang harus wisatawan kunjungi bagi mereka yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan belajar tentang flora dan fauna Kabupaten Kuningan.

Nah, jika Anda berencana berwisata ke Kuningan dan ingin menikmati keindahan alam yang luar biasa, maka hutan pedesaan Setianegara menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi.

 

3. Gunung Ciremai

Tempat Wisata Kuningan Gunung Ciremai
Tempat Wisata Kuningan Gunung Ciremai. Sumber gambar: Google.com

Faktanya, Gunung Ciremai ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat yang tingginya mencapai 3.078 mdpl. Selain ketinggiannya, ia juga terletak di tiga wilayah Kabupaten.

Salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Ciremai adalah melalui Kuningan, setelah sebelumnya kita telah membahas jalur pendakian melalui Apuy Majalengka.

Hamparan pemandangan alam yang sangat mempesona seakan menarik para petualang dari seluruh penjuru tanah air untuk menaklukkan gunung ini. Di tempat ini anda bisa menikmati keindahan matahari terbit, keindahan bunga edelweiss, kawah gunung berapi dan masih banyak lagi.

 

4. Telaga Biru Cicerem

Telaga Biru Cicerem
Telaga Biru Cicerem. Sumber gambar: Google.com

Ini adalah sebuah danau besar dengan air biru kehijauan. Sifatnya bersih transparan seperti kaca dan siapa pun akan terkagum-kagum melihatnya. Wisatawan juga bisa melihat ikan-ikan yang hidup di dalamnya. Demikian juga bebatuan di bagian bawah terlihat sangat jernih dan nyata.

Di sekitar danau ini tumbuh pepohonan yang begitu rimbun. Seolah menutupi wilayah danau dan melindunginya dari dunia luar. Terlihat beberapa dahan pohon menyentuh permukaan air. Yang membuat pemandangan ini semakin indah dan menenangkan.

Bebatuan tersebut tertata rapi di tepian danau sehingga para wisatawan bisa berkunjung ke tepian danau. Namun, bentuk dan posisi batu tersebut masih mempertahankan tampilan alaminya, sehingga terlihat natural. S

ehingga keindahannya terjaga dan pemandangannya tetap asri. Beberapa lokasi pengambilan gambar juga pengelola tempatkan tepat di pinggir,. tujuannya agar tidak mengganggu keindahan pemandangan danau.

Melihat danau yang biru dan transparan ini, Anda pasti ingin terjun ke dalamnya. Air di danau ini sangat dingin namun juga sangat menyegarkan, apalagi jika berenang di siang hari.

Wisatawan pengelola perbolehkan berenang di danau, tetapi hanya di pantainya. Pengelola juga memasang jaring pengaman untuk mencegah wisatawan masuk terlalu jauh ke tengah danau.

Karena kedalamannya bertambah menuju ke tengah danau. Jadi, telaga ini mencapai kedalaman 18 meter. Tentunya akan sangat berbahaya bagi wisatawan jika berenang terlalu jauh. Meski air di danau ini relatif tenang.

 

5. Kebun Raya Kuningan

Kebun Raya Kuningan
Kebun Raya Kuningan. Sumber gambar: Google.com

Pembangunan Kebun Raya Kuningan sebagai objek wisata sebenarnya telah Pemda mulai pada tahun 2014, namun entah mengapa Kebun Raya Kuningan tutup setelah buka pada tahun 2015.

Pada tahun 2017, wisata Taman Kuningan kembali berlanjut. Kurang dari sebulan kemudian, Kuningan Gardens kembali tutup karena lonjakan jumlah wisatawan yang tajam. Mulai tahun 2018, Kebun Raya Kuningan buka kembali.

Pemerintah Kabupaten Kuningan telah menyatakan bahwa Kebun Raya Kuningan menjadi fokus utamanya. jadi, selain sebagai tujuan ekowisata, juga sebagai kawasan konservasi bagi Kabupaten ini.

Menurut beberapa sumber, tempat wisata ini merupakan kebun raya terbesar dan terluas di Indonesia. Kebun raya yang berada di atas lahan seluas 156 hektar ini memiliki 23.000 jenis tumbuhan.

Tumbuhan khasnya memiliki daun dan bunga berwarna kuning, itulah sebabnya kebun raya ini orang sebut juga taman kuning. Kebun Raya Kuningan adalah objek wisata pertama di Indonesia. Saat itu Pemda buat secara eksklusif dalam bentuknya yang paling murni.

Sebab, kebun raya lain di Indonesia pada umumnya sebagai tempat wisata merupakan peninggalan kolonial. Untuk kebun raya ini, merupakan kebun raya baru yang pembuatannya oleh Pemerintah di Indonesia.

 

6. Desa Wisata Cibuntu

Tempat Wisata Kuningan Desa Wisata Cibuntu
Tempat Wisata Kuningan Desa Wisata Cibuntu. Sumber gambar: Google.com

Tempat wisata ini ini merupakan sebuah desa wisata yang terletak di Provinsi Kuningan, Jawa Barat. Desa ini merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang terkenal karena memiliki banyak tempat wisata yang menarik.

Di desa wisata Cibuntu, Anda juga bisa menikmati pemandangan indah dengan hamparan sawah dan perkebunan teh hijau yang tak ada habisnya. Ini karena tempatya juga bagus di ketinggian.

Selain itu, terdapat juga banyak wisata alam menarik seperti air terjun dan sungai yang bisa pengunjung jadikan tempat bersantai dan menikmati hawa sejuk. Selain itu, Desa wisata Chibuntu juga memiliki beberapa objek wisata budaya yang menarik.

Misalnya seperti rumah adat tradisional yang bisa Anda kunjungi. Selain itu, banyak juga tempat untuk wisata kuliner yang terkenal dengan masakan Kuningan yang enak. Tentu, semua mesti Anda coba juga.

Desa Wisata Cibuntu adalah tempat yang harus wisatawan kunjungi bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam dan belajar tentang budaya dan adat istiadat masyarakat Kuningan.

Nah, jika Anda berencana untuk berwisata ke Kuningan, maka desa wisata Cibuntu menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Ini adalah tempat indah yang tidak akan mengecewakan Anda.

 

Kesimpulan Tentang Tempat Wisata Kuningan

Taman Kota Kuningan
Taman Kota Kuningan. Sumber gambar: Google.com

Selain tempat yang terkenal dengan Perundingan Linggarjati, maka Kabupaten Kuningan juga terkenal memiliki bayak tempat wisata yang Indah. Tentu, selain di kota, wisata alam di sini sangat menonjol.

Semua ini karena alam yang berupa ketinggian juga banyak terdapat di sini. Jadi, digung, kebun teh, hingga mata air dan air terjun juga banyak terdapat di tempat ini. Plus, ada juga wisata buatan yang mengacu kepada alam.

Kunjungi juga

Wisata Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah Terkenal yang Cocok Untuk Instagram

Wisata Jawa Tengah yang terkenal dan cocok untuk Instagram dan liburan keluarga. Jawa Tengah merupakan salah …