Masakan Ayam
Masakan Ayam. Sumber gambar: Google.com

Resep Masakan Ayam Nusantara Lezat Terpopuler Tahun Ini

Masakan ayam memang tidak ada habisnya. Banyak sekali pilihan yang bis akita lakukan. Misalnya saja yang terkenal yaitu opor ayam dan juga ayam goreng. Namun, tentu saja variasi masakan ayam sangat banyak.

Masakan Ayam

Ayam Kecap
Ayam Kecap. Sumber gambar: Google.com

Ayam juga merupakan makanan yang mengandung protein tinggi. Kemudian hampir semua orang juga menyukainya. Jadi, membuat masakan ayam untuk dijual juga termasuk ide bisnis kuliner yang mudah kita terapkan.

Bahan bakunya mudah, penggemar ayam jelas banyak dan jenis masakan juga bisa sangat bervariasi. Jadi, untuk memulai, bisa memilih yang sederhana namun enak supaya tidak repot dan tidak mahal.

 

Masakan Ayam Nusantara Populer

1. Opor Ayam

Opor Ayam
Opor Ayam. Sumber gambar: Google.com

Masakan opor ayam adalah resep terkenal yang sering kita temui pada saat Idul Fitri. Meskipun, bisa saja kita buat kapanpun tanpa harus Idul Fitri. .

Resep opor ayam ini menggunakan Ketumbar , jintan , dan pala kita sangrai dan kita hancurkan dengan mixer tanpa mengguunakan air dan juga tanpa menggunakan kaldu.

Jadi, resep opor ini juga menggunakan kaldu supaya lebih sedap. Untuk menyiapkannya juga hanya perlu beberapa Langkah sederhana saja.

Bahan-bahan

1 ekor Ayam kampung , ayam kampung bebas ukuran, namun sebaiknya sedang untuk resep ini. Kemudian, 500 ml santan kental dari 1 biji Kelapa ukuran sedang. Jga, 4 daun salam yang kering. 6 daun Jeruk segar dan juga 1 jempol Laos, Geprek.

4 batang serai yang kita cincang hingga halus. Selanjutnya, bawang goreng untuk membuat taburan. kemudian, 1/4 sendok teh merica bubuk. Air untuk merebus ayam secukupnya dan juga Gula dan juga garam secukupnya

Bumbu sangrai

1 1/2 sdm ketumbar bijian, kemudian, 1/2 sdt jintan dan juga 1/2 buah pala ukuran kecil.

Bumbu halus

12 siung besar bawang merah dan juga 10 siung besar bawang putih. 1/2 kelingking kunyit, potong tipis kemudian sangrai agak kering. Bahan selanjutnya, 1/2 jempol kencur, potong tipis, sangrai agak kering. 1/2 telunjuk jahe dan terakhir, 6 biji kemiri.

Cara Memasak

Untuk cara membuat opor ayam kampung, pertama blender atau uleg semua bumbu halus. Kemudian tumis bumbu hingga tanak, dan selanjutnya masukkan serai, laos, daun salam, dan juga daun jeruk. Kemudian semua kita masak hingga agak layu dan sisihkan.

Selanjutnya rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan yam kampung yang sudah kita potong. Selanjutnya silahkan Anda masak sampai setengah empuk. Untuk air rebusan, 1 liternya akan kita jadikan kuah.

Kemudian masukkan bumbu tumis, rempah kering yang sudah halus, garam, gula pasir, kaldu ayam bubuk dan juga merica bubuk. Pastikan bhwa ayam sudah empuk dan kemudian Anda tuangkan santan kental.

Tetapi, silahkan untuk terus mengaduknya agar santan tidak pecah. Kemudian, masukkan juga penyedap rasa, kemudian angkat dan sajikan. Bagian akhir adalah menaburkan bawang goreng.

 

2. Sayap Ayam Bumbu Kecap Super Pedas

Sayap Ayam Kecap yang Pedas
Sayap Ayam Kecap yang Pedas. Sumber gambar: Google.com

Salah satu bagian daging ayam yang terkenal enak adalah sayapnya. Karena itulah, bagian ini juga terkenal banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat. Jadi, untuk posting kali ini, adalah resep sayap bumbu kecap yang pedas dan nikmat.

Rasa pedas paduan cabai dan kecap kami jamin menggugah selera dan membuat ingin nambah. Namun, jangan khawatir karena untuk membuatnya cukup sederhana, ini resepnya.

Bahan utama

10 buah sayap ayam dan juga 1 buah bawang ombay (iris tipis). Plus, 1 ruas jahe (memarkan) dan juga 1 lembar daun salam. Kemudian, Anda juga perlu 2 lembar daun jeruk.

Untuk bumbu lainnya, 5 cm lengkuas (memarkan) dan juga minyak goreng (secukupnya). Selanjutnya, sesuai nama masakannya, Anda akan perlu kecap manis secukupnya.

 Bumbu Halus

Pertama, 5 siung bawang putih dan juga 7 siung bawang merah. 20 buah cabai rawit dan 3 buah kemiri. Kemudian, Anda juga perlu merica, garam dan juga kaldu ayam secukupnya.

Cara Membuat

Pertama, kukus sayap ayam hingga matang. kemudian, tiriskan dan selanjutnya ayam kita goreng hingga setengah matang. Kemudian bawang bombay Anda tumis hingga harum. Kemudian, campur atau masukkan bumbu halus dan tumis semua hingga harum.

Selanjutnya masukkan bagian sayap ayam dan silahkan mengaduk hingga merata. Namun, jangan lupa juga untuk memasukkan bumbu – bumbu yaitu lengkuas, jeruk, jahe dan juga daun salam untuk membuat rasa ayam menjadi sedap.

Kemudian, yang penting juga adalah menambahkan kecap manis. Setelah itu, aduk hingga merata rata dan tetap melanjutkan memasak hingga bumbu meresap dan berbau harum.

Kita juga bisa menambar air supaya ayam tidak menjadi kering atau gosong pada saat kita masak. Selanjutnya, masak hingga semua bumbu meresap dan sayap ayam terlihat benar-benar matang serta kuah juga sudah mendidih.

Jadi, itulah resep sayap bumbu kecap yang pedas. Ini adalah resep yang mudah kita buat dan rasanya enak. Namun, semoga keluarga Anda juga suka dan sesuai selera Anda juga.

Untuk rasa pedasnya, tentu saja bisa Anda kurangi atau tambahkan sendiri. Tentu saja, berapa jumlah cabai yang Anda masukkan adalah sesuai selera Anda.

 

3. Ayam Taliwang Bakar Pedas

Masakan Ayam Ayam Taliwang
Masakan Ayam Ayam Taliwang. Sumber gambar: Google.com

Resep ayam taliwang asli Lombok yang praktis, mudh kita masak dan dengan bumbu meresap sempurna. Jadi, olahan daging ayam di Indonesia memang sangat bervariasi. Dan, rasanya juga jura.

Untuk rasa, bumbu rempahnya membuat rasanya pasti nikmat. Dan, ayam Taliwang ini merupakan masakan terkenal dari Lombok yang juga lezat. Rasa ayam dalam resep ini adalah pedas dan segar.

Resep ini bisa kita terapkan untuk ayam goreng atau ayam bakar. Sensasi rasanya, sama saja lezatnya. Jadi, mungkin saja, mencari penjual ayam taliwang agak sulit di banyak daerah diluar Lombok. Tetapi, kita tentu bisa membuatnya sendiri. Jadi, inilah caranya.

Bahan-bahan

750 gram ayam kampung, 1,5 liter air. Supaya segar, maka tambahkan juga 1 buah jeruk nipis. Untuk sedikit rasa manis, kita perlu 1 sdt gula pasir. Kemudian, siapkan juga garam secukupnya.

Bahan bumbu halus

Untuk membuat bumbu halus, maka Anda perlu 8 siung bawang merah dan juga 3 siung bawang putih. Kemudian, 8 buah cabai merah keriting dan juga 8 buah cabai rawit merah. Tambahkan juga 2 ruas kencur, 1 buah tomat dan juga 1 sdt terasi

Cara Membuat

Untuk memasaknya, pertama kita marinasi daging dengan jeruk nipis supaya memberi rasa segar.  Namun, tentunya, sebelum mengolah ayam, kita cuci terlebih dahulu hingga bersih dan kemudian kita tiriskan hingga kering.

Selanjutnya, ayam bisa kita potong menjadi ukuran sedang. Kemudian, daging ayam kita masukkan ke dalam wadah. Kemudian kita tambahkan garam dan juga air perasan jeruk nipis.  Selanjutnya kita aduk hingga merata dan kita marinasi hingga sekitar 15 menit.

Langkah selanjutnya adalah menghaluskan dan tumis bumbu. Pertama, masukkan bawang merah, bawang putih, tomat, terasi, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan juga kencur ke dalam blender.

Kemudian, semua bumbu kita haluskan hingga lembut. Untuk memasaknya, sebaiknya menggunakan panci Teflon. Pertama kita tuang sedikit minyak dan panaskan.

Kemudian, gunakan minyak untuk menumis bumbu halus yang sudah kita siapkan. Tumis hingga wangi dan kemudian tambahkan garam secukupnya. Selanjutnya, aduk dan ratakan hingga matang.

Proses selanjutnya adalah memasak daging dengan bumbu hingga empuk. Kemudian masukkan ayam ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan juga air secukupnya, dan tambahkan juga gula dan garam secukupnya. Aduk-aduk lagi hingga semua tercampur merata.

Selanjutnya, silahkan tunggu hingga air menyusut dan juga daging ayam sudah empuk. Kemudian kecilkan api kompor, agar tidak gosong. Kemudian, setelah matang, angkat dan siapkan untuk membakarnya.

Membakar Ayam

Langkah terakhir, adalah membakar ayam di grill pan atau teflon. Untuk bumbu bakarnya, Anda bisa menggunakan bumbu yang tersisa. Pertama siapkan grill pan di atas kompor dan kemudian oles dengan sedikit mentega atau minyak.

Selanjutnya panaskan sebentar, lalu biarkan. Kemudian, potongan daging ayam perlu kita bakar namun kita beri jarak di sisinya supaya bisa matang semua. Bumbu yang tersisa kita oleskan untuk menambah rasa lebih mantap. Setelah matang, bisa kita angkat dan sajikan.

 

Kesimpulan Tentang  Masakan Ayam

Masakan Ayam Kesimpulan
Masakan Ayam Kesimpulan. Sumber gambar: Google.com

Jadi, itulah resep masakan ayam taliwang dan juga resep ayam lainnya. Ayam memang merupakan menu favorit di Indonesia dan hadir dengan beragam jenis dan gaya masakan. Bahkan, untuk 1 jenis opor ayam saja, ada sangat banyak variasi. Jadi, silahkan mencoba dan memilih favorit Anda.

Kunjungi juga

WA Web Masuk

WA Web Masuk dan Tips Untuk PC dan Laptop

WA Web masuk dan tips untuk PC dan Laptop. Apakah Anda tahu WhatsApp? Jika iya, …