Resep Opor Ayam
Resep Opor Ayam. Sumber gambar: Google.com

Variasi Resep Opor Ayam Favorit Keluarga Indonesia

Resep opor ayam di Indonesia terhitung cukup banyak variasinya. Ada yang dengan bumbu kuning, bumbu putih dan sebagainya. Semuanya sedap dan siap untuk hidangan istimewa keluarga.

Resep opor ayam

Opor Istimewa
Opor Istimewa. Sumber gambar: Google.com

Memasak opor ayam di rumah bisa mencoba beberapa resep yang berbeda. Tentu untuk membuat berbagai variasi rasa dan tidak membosankan. Jadi, meskipun oprnya sama, namun bisa Anda sajikan pada waktu yang agak berdekatan.

Yang jelas, mencoba berbagai jenis resep juga menyenangkan. Yang pasti, acara yang bisa kita sajikan masakan jenis ini. Bagi yang menyantapnya, pasti juga merasakan bedanya.

Anda yang suka memasak, biasanya juga senang memasak yang sepintas sama, namun berbeda. Resep ini bisa memberikan kejutan kepada tamu atau keluarga kita. Jadi, inilah beberapa jenis masakan opor ayam yang lezat.

 

Variasi resep Opor ayam

1. Ayam Pot Instan

Ayam Pot Bumbu Instan
Ayam Pot Bumbu Instan. Sumber gambar: Google.com

Yuk, coba resep Opor Ayam favorit keluarga nostalgia ini. Ini adalah ayam dengan bumbu instan yang praktis dan mudah kita buat. Resep ini untuk 6 orang dan waktu persiapan sekitar 40 menit.

Cara memasak. Pertama campur daging ayam dengan bumbu halus dan biarkan selama 15 menit sampai bumbu meresap. Kemudian rebus santan cair dan susu skim.

Kemudian Anda bisa tambahkan juga Royko Kaldu Ayam dan semua bahan kecuali santan kental. Selanjutnya didihkan, kemudian aduk sesekali agar santan tidak terpisah.

Ketiga, masukkan santan kental, aduk perlahan hingga ayam matang. Ambil jika sudah matang. Kemudian, sajikan dengan taburan bawang goreng.

Ayam Pot Instan Ini adalah masakan ayam yang memakai bumbu instan, tetapi tetap kurang cepat dalam memasaknya karena bahan yang lain toh kita masak dahulu .

Untuk bahan pertama 2 sendok makan bumbu instan. Kemudian 250 gr paha ayam (tanpa tulang). 1 buah wortel potong tipis dan juga 1/2 tomat. Sebagai tambahan, 15 telur puyuh rebus dan juga 300 ml air.

Kemudian, perlu kita siapkan juga 100 ml santan kental dan 1 sendok makan minyak. Kemudian garam secukupnya, gula dan juga merica bubuk. Plus, bawang goreng untuk taburan.

Cara untuk memasaknya, pertama, kita panaskan minyak, kemudian goreng bumbu sedikit hingga berbau harum.

Kemudian, masukkan daging ayam, aduk cepat dan selanjutnya tambahkan air. Tambahkan telur puyuh dan juga wortel. Masak hingga wortel lunak.

Tambahkan santan kental dan kemudian aduk rata. Selanjutnya tambahkan tomat. Tambahkan gula, garam dan juga merica sesuai selera. Tambahkan bawang goreng. Bagilah sesuai porsi makan anak. Sajikan dengan karbohidrat favorit Anda.

 

2. Putih telur ayam

Resep Opor Ayam Resep Ayam Telur
Resep Opor Ayam Resep Ayam Telur. Sumber gambar: Google.com

Jadi, ini adalah masakan ayam yang juga kita tambahkan telur ayam. Untuk bahan – bahannya adalah sebagai berikut. Pertama 1/2 kg ayam ukuran sedang. Telur rebus, Santan dan air secukupnya.

1 sendok teh gula merah, kemudian kaldu ayam secukupnya dan juga bawang goreng secukupnya. Untuk bumbu halus adalah 20 daun bawang, 16 siung bawang putih dan juga 4 potong kemiri yang kita goreng sangrai.

1 sendok makan bubuk ketumbar sangrai (haluskan), 1/2 sendok makan bubuk jintan panggang (cincang) dan selanjutnya bubuk Adas Putih Panggang (hancurkan).

1/2 sendok makan lada bubuk, 1 potong jahe, gula dan garam secukupnya. Untuk bahan tambahan, lengkuas satu potong, 2 batang lemon cincang, 3 lembar daun salam dan juga 5 lembar daun jeruk.

Untuk bahan kuah, pertama 2 buah bunga sisir, 5 buah cengkeh dan 4 buah kapulaga.

Langkah pembuatannya adalah, pertama rendam ayam dalam jeruk sebelum Anda sisihkan, bilas dan rebus setelah matang, buang airnya dan tiriskan.

Kemudian tumis bumbu halus hingga setengah kering, tambahkan bahan tambahan, dan aduk hingga bumbu benar-benar matang dan harum.

Selanjutnya, masukkan ayam, lalu masukkan kelapa sangrai, aduk hingga tercampur dengan bumbu, tambahkan santan + air secukupnya, kuah dasar kental dan mengembang.

Kemudian isi dengan gula merah dan bumbu halus, aduk rata dan sesuaikan rasanya. Kemudian sajikan dengan ketupat atau oblong salsa dan sambal dengan bawang goreng, jika Anda inginkan

 

3. Opor Ayam Kampung

Resep Opor Ayam Opor ayam kampung
Resep Opor Ayam Opor ayam kampung. Sumber gambar: Google.com

Adalah masakan untuk 5 sd 7 porsi. Bahan adalah Ayam setengah, lemon, air secukupnya dan juga 1 bungkus santan instan. Untuk keperluan bumbu halus adalah 10 daun bawang, 5 siung bawang putih, 1 ruas jahe dan juga 3 buah kemiri. Penyedap secukupnya.

Selanjutnya, 1/2 sendok makan ketumbar yang sudah kita sangria, 2 daun jeruk, 2 lembar daun salam, 1 buat lemon, Lengkuas satu potong. 1 sendok makan garam, 1 sendok makan gula dan juga 1 sendok makan penyedap rasa. Kemudian, 1/2 sendok makan merica

Langkah untuk memasaknya adalah pertama cuci potongan ayam dan taburi dengan jus lemon. Biarkan selama 10 menit. Selanjutnya cuci lagi. Langkah kedua adalah, presto ayam dalam 20 menit. Kemudian sangrai bumbu halus dan tambahkan semua bumbu.

Jika sudah harum, kemudian masukkan ayam dan aduk sebentar. Selanjutnya, tambahkan air rebusan ayam secukupnya. Aduk kembali hingga mendidih.

Tambahkan garam, gula, merica, dan penyedap. Kemudian tambahkan santan instan. Aduk dan sesuaikan rasanya. Terakhir, jika telah masak, maka Anda bisa mematikan kompor dan taburi dengan bawang goreng.

Setelah ini, maka resep opor ayam terakhir siap untuk Anda sajikan. Tentu saja, sajian ini bisa untuk kelaurga atau tamu Anda. Silahkan mencoba resep di atas, dan bisa Anda sesuaikan dengan selera keluarga Anda.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Tips Cara Download TikTok Mp4 Terbaik Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …