Cara Membuat Website
Cara Membuat Website. Sumber gambar: Google.com

Cara Membuat Website dengan WordPress

Cara membuat website dengan WordPress dalam 30 menit. Di masa lalu, membuat situs web adalah tugas besar. sangat mahal. Perusahaan perlu bekerja dengan agen pemasaran internet yang akan membebankan biaya lebih dari 10 juta kepada mereka untuk membuat situs web.

Cara membuat website

Situs Web WordPress
Situs Web WordPress. Sumber gambar: Google.com

Jadi, pada jaman dahulu, jika Anda menginginkan situs yang terlihat profesional, ini adalah satu-satunya pilihan Anda. Namun, hal-hal menjadi jauh lebih murah dan sederhana.

Pada saat ini, opsi paling populer, yang hanya mengeluarkan biaya seratusan ribu per bulan untuk memulai, adalah membangun situs web dengan WordPress. Namun, memang ada beberapa cara untuk membangun situs web, tetapi lebih lanjut tentang itu nanti. Sekarang mari kita menyelam ke dalamnya.

 

Hosting terbaik untuk cara membuat website

WP Engine
WP Engine. Sumber gambar: Google.com

Jika Anda ingin membuat situs web dengan WordPress, Anda memerlukan host web WordPress. Berikut adalah pilihan terbaik.

Pertama, hosting dekat rumah supaya Anda mendapat support penuh dan mudah untuk bertanya. Namun, jika ingin yang level lebih baik, maka bisa mencoba bebrapa di bawah.

Hostinger – Terbaik untuk menghosting ratusan situs web dengan anggaran terbatas. Kemudian, Bluehost adalah yang terbaik untuk membangun situs WordPress pertama Anda.

WP Engine – Terbaik untuk menghosting beberapa situs WordPress dengan lalu lintas besar. Juga, Nexcess adalah pilihan terbaik untuk pengaturan situs web yang mudah.

Siteground – terbaik untuk situs e-niaga dengan migrasi situs sederhana. Kemudian, Kinsta adalah yang terbaik untuk penskalaan otomatis arus lalu lintas yang tidak terduga.

WPEngine

 

9 Langkah cara membuat website

Berikut adalah sembilan langkah mudah untuk membangun situs web dari awal dengan WordPress. Pertama pilih nama dan cari domain untuk situs Anda

Kemudian, daftarkan nama domain Anda. Juga, putuskan situs web apa yang Anda bangun. Selanjutnya, dapatkan hosting untuk situs web Anda. Instal WordPress dan kemudian arahkan domain Anda ke host Anda

Sekarang, setelah terinstal, maka instal tema WordPress dan juga tambahkan konten ke situs Anda. Selanjutnya terus kembangkan situs Anda.

Anda akan dengan mudah dapat menyelesaikan langkah-langkah ini dalam 120 menit berikutnya.

1. Pilih nama dan cari domain untuk situs Anda

Nama-Domain
Nama-Domain.

Saatnya untuk kebenaran yang sulit: Banyak nama domain bagus telah diambil.

Jadi, berikut cara melakukan sesi penamaan: Pada saat inspirasi, kami memikirkan nama yang bagus. Kami menyimpan nama itu selama berbulan-bulan, mungkin bertahun-tahun.

Saatnya memulai bisnis, jadi ayo beli domain. Jika domainnya udah terpakai maka kita bisa mencoba lusinan variasi kecil pada ide asli kami, dan semuanya diterima.

Situs web juga telah mendarah daging dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga lebih baik mengganti nama perusahaan agar sesuai dengan domain yang tersedia daripada memilih nama berkualitas rendah.

Sebagai hasil dari proses ini, saya selalu berakhir dengan nama yang sama sekali berbeda dari yang saya maksudkan semula.

Inilah mengapa saya menganggap langkah “beri nama bisnis Anda” dan “beli domain” untuk memulai bisnis sama. Saya mencoba mengunci nama saya hanya ketika saya memiliki domain.

Kabar baiknya adalah bahwa langkah selanjutnya sangat mudah setelah Anda membeli domain. Ini adalah langkah pertama dan tersulit dalam membuat situs web Anda.

Kunjungi:

Domain Bluehost

 

2. Daftarkan nama domain Anda

Daftarkan Domain
Daftarkan Domain

Namun, sebelumnya, Anda perlu mengetahui perbedaan antara pendaftar domain dan host web. Jadi, domain Registrar adalah perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membeli dan mendaftarkan domain.

Di sisi lain, web hosting mengkhususkan diri dalam menjalankan server yang meng-host situs web. Di sinilah situs Anda hidup.

Setiap host web akan putus asa untuk membuat Anda mendaftarkan domain melaluinya juga. Lagi pula, itu berarti lebih banyak uang bagi mereka.

Mereka menghabiskan sebagian besar sumber daya mereka untuk membuat layanan hosting dan kemudian menawarkan untuk mendaftarkan domain demi kenyamanan, menaikkan harga sedikit dan mendapatkan keuntungan tambahan yang layak dari Anda.

Filosofi saya adalah membeli barang dari perusahaan yang berspesialisasi di dalamnya. Harga akan lebih baik, kualitas juga. Itu sebabnya saya juga menggunakan pendaftar domain untuk membeli domain dan web host untuk hosting. Saya tidak mencampur keduanya.

Pendaftar domain terbaik adalah Domain.com. Di sinilah saya memiliki semua nama domain saya. Meskipun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan kemudahan membayar.

Jika ini adalah yang pertama, maka Anda bisa mengunjungi web hosting di kota Anda. Jadi, memudahkan untuk membayar dan juga mendapatkan dukungan secara langsung.

Domain.com

 

3. Silahkan memilih jenis situs web yang Anda bangun

Cara Membuat Website Jenis web WordPress
Cara Membuat Website Jenis web WordPress. Sumber gambar: Google.com

Sebagian besar panduan pembuatan situs web mendorong Anda untuk menggunakan WordPress. Ini adalah pembuat situs web paling populer dan fleksibel. Ini biasanya merupakan rekomendasi yang bagus.

Tetapi ada beberapa situasi di mana saya akan merekomendasikan opsi lain.

Banyak bisnis membutuhkan situs web sederhana yang memberi tahu orang-orang beberapa hal: Untuk siapa pekerjaan ini?  Apa yang berhasil? Terkadang papan klip juga menunjukkan beberapa pekerjaan. Kemudian, perlu juga kontak informasi.

Anda perlu memberikan informasi dasar – dan hanya itu. Jika ini yang Anda cari, Wix adalah pilihan terbaik untuk membangun situs web Anda sendiri. Ini sangat mudah kita gunakan dan akan memberi Anda situs web yang terlihat profesional dengan harga yang sangat rendah.

Mereka telah membuat pembuat situs web paling sederhana dan paling ringan. Sungguh, sangat menyenangkan untuk pengguna gunakan dan masuk akal ketika Anda hanya menginginkan situs yang bersih dan profesional yang memberi Anda informasi dasar tentang bisnis Anda.

WordPress ini sangat ideal untuk usaha kecil dan juga sempurna untuk pekerja lepas, dan seniman.

 

Cara membuat website situs e-niaga

Cara Membuat Website WIX
Cara Membuat Website WIX. Sumber gambar: Google.com

Jika Anda berencana membuat toko online untuk situs web Anda, jangan gunakan WordPress. Kami memiliki posting lengkap tentang kapan harus menggunakan WordPress untuk e-niaga dan kapan tidak. Sejarah Singkat: Jarang masuk akal untuk menggunakan WordPress untuk e-commerce.

Anda bisa jika Anda benar-benar ingin, tapi itu bukan cara terbaik untuk melakukannya. Jadi, pilihan terbaik pasti Wix lagi. Ada lebih banyak persaingan di bidang alat e-niaga, tetapi Wix jauh di depan bahkan Shopify.

Wix

 

Cara membuat website situs Blog

Cara Membuat Website Harga Domain
Cara Membuat Website Harga Domain. Sumber gambar: Google.com

Jika Anda tahu Anda ingin membuat blog atau berencana membuat banyak konten, mulailah dengan WordPress. Sebagian besar panduan ini berfokus pada pembuatan situs web WordPress. (Kami juga memiliki panduan langkah demi langkah untuk blogging di sini.)

Sebagian besar situs web benar-benar hanya blog. Beberapa situs web terbesar dan terpopuler di internet adalah blog. WordPress mengambil lebih dari 30% dari keseluruhan web. Jadi ini adalah satu-satunya pilihan nyata untuk memulai blog hari ini.

 

Bagaimana dengan Joomla atau Drupal?

Cara Membuat Website BlueHost
Cara Membuat Website BlueHost. Sumber gambar: Google.com

WordPress meninggalkan semua platform lain ini terlambat sekitar sepuluh tahun yang lalu. Pada saat ini, pilih WordPress dan tidak ada situasi yang akan Anda sesali.

Ketika saya mulai melakukan ini secara online, situs Drupal masih cukup populer. Saya bekerja dengan seorang teman saya dan kami melakukan pekerjaan yang baik dengan memigrasikan Drupal ke situs WordPress. Hingga saat itu, WordPress adalah pemenang yang jelas.

Sekarang, ketika saya menemukan situs dengan salah satu alat lain ini, itu sedikit membuat ketagihan. Ini seperti menemukan artefak kuno. “Oh, masih di sana ya!? Sangat menarik!”

Namun, jangan gunakan alat lain ini, tetap di WordPress. Terutama jika Anda pemula.

Jika Anda tidak yakin atau memiliki pandangan berbeda tentang situs Anda yang berada di luar kategori di atas, maka gunakan WordPress. Ini adalah salah satu platform paling fleksibel.

Dia akan melakukan e-commerce, membangun portofolio sederhana, membangun situs konten mega, membangun situs pemasaran Fortune 500, dan dia akan melakukan semuanya.

Anda mungkin perlu menyesuaikannya lebih dari platform lain dalam beberapa situasi, tetapi Anda dapat membuat WordPress melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Hampir semua orang di bidang pemasaran online mengetahui WordPress, sehingga Anda dapat menemukan banyak orang untuk membantu Anda ketika waktunya tepat.

Baik Anda ingin membuat situs web secara manual atau memiliki agen pemasaran online yang melakukannya untuk Anda, Anda tetap harus menggunakan WordPress.

Ini akan membuat pemrograman Anda bekerja lebih mudah dan memungkinkan Anda untuk memodifikasi elemen kunci di situs Anda tanpa harus mengubah kode.

 

4. Dapatkan hosting untuk situs web Anda

Cara Membuat Website Hosting Namecheap
Cara Membuat Website Hosting Namecheap. Sumber gambar: Google.com

Sekarang adalah waktu untuk menyelam ke dalam rumput liar. Langkah selanjutnya sangat bergantung pada tujuan Anda yang sebenarnya.

Jika Anda membutuhkan situs e-niaga, lewati sisa panduan ini namun untuk yang lainnya, terus ikuti panduan ini!

Jadi, WordPress adalah alat yang akan Anda gunakan untuk membangun situs web Anda. Tetapi Anda juga membutuhkan web host. Ini adalah server sebenarnya yang akan meng-host situs Anda dan tersedia bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Setiap situs web di internet memiliki penyedia web hosting. Dan tempat terbaik bagi kebanyakan orang adalah Hostinger, hosting yang andal dan berkualitas tinggi.

Anda juga dapat melihat panduan kami yang membahas host web terbaik untuk membandingkan penyedia.

Jika Anda menginginkan Hosting WordPress Terkelola dari Hostinger, harganya mulai dari $1,99 saja untuk satu situs web, dan semua paket Hostinger lengkap dengan jaminan uang kembali 30 hari.

 

5. Instal WordPress

Install WordPress Nama Database
Install WordPress Nama Database. Sumber gambar: Google.com

Hostinger menawarkan instalasi WordPress dengan sekali klik yang mudah. Keuntungannya adalah mengintegrasikan web hosting dengan WordPress sangat mudah. Itu harus tersedia secara eksplisit saat Anda masuk ke akun Hostinger Anda.

 

6. Arahkan domain Anda ke host

Pointing Domain
Pointing Domain. Sumber gambar: Google.com

Mari kita lakukan tinjauan singkat. Anda membeli domain dari pendaftar domain. Anda juga telah berlangganan paket hosting. Kemudian, Anda telah menginstal WordPress di host Anda.

Anda sekarang akan menggabungkan semuanya dengan mengarahkan domain Anda ke host Anda. Kemudian, ketika orang pindah ke domain Anda, mereka akan berakhir di situs Anda.

Beberapa pengaturan teknis harus diterapkan. Ini termasuk mengonfigurasi beberapa pengaturan server nama dengan pencatat domain untuk domain Anda. Tuan rumah Anda akan memberi Anda pengaturan yang benar; Anda mencari pengaturan Name Server mereka.

Jika Anda bingung, hubungi saja perwakilan dukungan hosting dan mereka akan membantu Anda. Kemudian, setelah mendapatkan informasi server nama dari host Anda, masuk ke pencatat domain Anda dan konfigurasikan pengaturan ini untuk domain yang ingin Anda daftarkan di situs Anda.

 

7. Instal Tema WordPress

Tema WordPress
Tema WordPress. Sumber gambar: Google.com

WordPress adalah jantung dari situs web Anda. Ini membuat situs web Anda tetap aktif dan berjalan. Perlakukan dia dengan baik dan dia akan menangani bisnis Anda dengan baik.

WordPress menggunakan tema untuk menentukan tampilan situs Anda. Ini membuatnya sangat mudah untuk mengubah tampilan dan nuansa situs Anda tanpa harus membangunnya kembali dari awal.

Ganti tema lama Anda dengan tampilan baru dan desain Anda akan terlihat sangat berbeda. Untuk tema gratis, fungsinya memang terbatas. Jadi, hanya untuk desain saja. Jika ingin fungsi lebih, Anda bisa membeli theme atau template berbayar.

Saran template bagus

Perhatikan bahwa WP Engine membeli StudioPress dan sekarang menyertakan semua tema StudioPress dalam paket hosting mereka. WP Engine lebih mahal, tetapi ideal untuk blogger yang serius.

Ini adalah cara yang bagus untuk menghemat uang pada template Anda jika Anda berencana untuk membangun situs besar untuk memulai. Ya, daripada mendesain sendiri dan lebih mahal.

WP Engine adalah salah satu host yang kami rekomendasikan jika Anda mencari yang terbaik. Kelemahannya adalah WP Engine cenderung lebih mahal daripada host lain. Ini mungkin berlebihan jika Anda baru memulai atau membangun situs web pertama Anda.

Kembali ke topik, apakah ada pilihan lain?

Tetap. Baik ThemeForest dan Pixelgrade memiliki pasar tema WordPress. Ada puluhan ribu tema untuk dipilih. Mereka biasanya dalam kisaran harga $30 hingga $60.

Pada saat mencari tema, maka saya memberi peringkat berdasarkan paling populer atau peringkat tertinggi. Kemudian saya memilih salah satu yang saya pribadi suka.

Setelah Anda membeli tema, buka pengaturan tema WordPress Anda dan unggah tema Anda. Pengaturan tema terletak di bagian Penampilan di bilah sisi WordPress. Anda perlu mengklik Tambah Baru dan Unduh Tema untuk melihat opsi ini untuk mengunduh:

Silakan dan unduh file .zip yang Anda terima saat membeli tema. Setelah diunduh, maka Anda juga perlu mengklik “Aktifkan” tema di WordPress agar bisa berfungsi.

 

8. Tambahkan konten ke situs Anda

Tambah Posting
Tambah Posting.

Sekarang saatnya membuat halaman individual untuk situs Anda. Anda akan melakukan ini di WordPress. Pertama, WordPress memiliki dua jenis konten: halaman dan posting.

Pikirkan posting sebagai posting blog yang terbitkan di bagian blog dari sebuah situs. Jika Anda tidak berencana membuat blog, Anda dapat melewatkan postingan tersebut sepenuhnya.

Page atau Halaman adalah halaman yang lebih permanen di situs Anda. Misalnya halaman “Tentang Kami” atau “Kontak”. Saat Anda membuat situs web Anda untuk pertama kalinya, Anda ingin memiliki satu set halaman secara real time untuk membuat situs Anda terlihat nyata.

Jadi, setiap situs memiliki beberapa halaman standar yang harus Anda buat, misalnya: Halaman Beranda – Tema WordPress Anda biasanya berisi pengaturan untuk halaman ini.

Halaman Kontak – Buat halaman baru dan instal plugin formulir WordPress sehingga Anda dapat menambahkan formulir ke halaman. Page / Halaman Tentang – Ceritakan kisah Anda dan mengapa Anda memulai bisnis Anda.

Halaman produk atau layanan. Untuk layanan atau produk utama yang Anda tawarkan, disarankan untuk membuat halaman terpisah untuk masing-masing.

Artikel. Jika Anda membuat blog, pastikan untuk menyertakan semua posting Anda di sini. Daftar ini akan membantu Anda memulai. Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak nanti.

 

9. Terus kembangkan situs web Anda

WP Beginner
WP Beginner

Anda sekarang memiliki situs web yang indah dan berfungsi penuh. Tetapi ada banyak penyesuaian tambahan yang dapat Anda lakukan untuk situs Anda.

Misalnya saja, tambahkan plugin WordPress yang akan memperbarui situs Anda, buat blog, tambahkan daftar email, tingkatkan lalu lintas. Jadi, daftarnya tidak ada habisnya.

Sebuah website adalah hal yang terus berkembang. Seperti apa tampilannya setelah pembuatan pertamanya tidak akan seperti apa tampilannya dalam beberapa bulan. Ini setidaknya terjadi jika Anda secara aktif bekerja dan mengembangkan situs Anda.

Pada saat Anda siap, panduan ini akan memandu Anda melalui hal-hal tambahan untuk Anda pertimbangkan. Misalnya, apakah Anda ingin meningkatkan SEO? Anda bisa mencoba YOAST SEO dan juga plugin pembuat peta XML.

Apakah Anda ingin situs Anda dimuat lebih cepat? Maka anda bisa menggunakan plugin Caching WordPress Terbaik. Ingin mendapatkan lebih banyak pembaca? Lihat blog baru tetapi tidak ada lalu lintas. Inilah yang harus dilakukan, layanan SEO.

 

Mengapa WordPress

TechCrunch
TechCrunch. Sumber gambar: Google.com

Sekali lagi, saya sangat merekomendasikan membangun situs web Anda dengan WordPress, terutama jika Anda sedang membangun blog atau situs web bisnis.

Beberapa situs web terbesar di internet dibuat dengan WordPress. TechCrunch, The New Yorker, Variety, dan MTV News, untuk beberapa nama. Ada alasan untuk itu: ini adalah CMS terbaik – tanpa kecuali.

Ini adalah platform open source yang memungkinkan Anda untuk meluncurkan situs web Anda dengan sedikit pengetahuan teknis. Ini juga merupakan platform blogging paling populer. Jadi, itulah sebabnya ada ratusan ribu situs web kecil yang menggunakan WordPress.

WordPress digunakan 33,4% dari semua situs web dan pangsa pasar CMS-nya adalah 60,3%. Sebagian besar konten kami juga berfokus pada WordPress karena kami menggunakannya untuk semua situs web kami di luar e-niaga.

 

Tips tambahan cara membuat website

Plugin
Plugin. Sumber gambar: Google.com

Situs web WordPress terutama terdiri dari apa yang disebut tema WordPress dan plugin WordPress. Semua fitur situs web Anda akan bergantung pada tema atau plugin yang telah Anda instal.

Singkatnya, sebagian besar situs web adalah blog, dan blog adalah situs web. Mereka telah menjadi sama. Platform blogging paling populer adalah WordPress dan ini adalah platform yang sama yang kami gunakan untuk situs web, blog, atau situs lainnya.

 

Ringkasan cara membuat website

Mengapa WordPress
Mengapa WordPress. Sumber gambar: Google.com

Pada awalnya, membuat situs web Anda sendiri mungkin tampak membingungkan. Namun, ini benar-benar mudah untuk memulai dengan langkah-langkah sederhana ini: Apakah tujuan utama Anda menjual barang di situs web Anda? Jika ya, fokus pada Wix, jika tidak, maka fokus pada WordPress.

Kunjungi juga

Download TikTok Mp4

Aplikasi Download TikTok Mp4 Terbaik Tanpa Watermark

Download TikTok Mp4 dengan aplikasi terbaik tanpa watermark. Tiktok adalah platform media sosial berbasis video …