Ide Bisnis Rumahan
Ide Bisnis Rumahan. Sumber gambar: Google.com

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil untuk Membantu Ada Memulai Bisnis Selanjutnya

6 Ide bisnis rumahan modal kecil untuk membantu anda memulai bisnis berikutnya. Ada banyak manfaat menjalankan bisnis dari rumah: Anda bisa menjadi bos bagi diri sendiri, membuat jadwal sendiri, dan mengurangi perjalanan harian Anda menjadi beberapa detik untuk menyalakan komputer.

Ide bisnis rumahan

Ide Bisnis Rumahan Bisnis Catering
Ide Bisnis Rumahan Bisnis Catering. Sumber gambar: Google.com

Sebelum Anda mulai mencetak kartu nama kulit telur Anda dalam font roman, Anda perlu memutuskan apa bisnis Anda sebenarnya. Apakah Anda akan menjual barang-barang buatan tangan melalui toko online?

Apakah Anda menjalankan perusahaan pelayaran? Manfaatkan pelatihan desain grafis Anda dengan baik dan membuat studio desain satu orang? Atau apakah Anda akan melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda?

Meskipun kemungkinannya mungkin tidak terbatas, ide bisnis yang Anda pilih kemungkinan akan bergantung pada minat, tujuan, dan sumber daya yang tersedia.

Untuk membantu Anda memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, artikel ini tidak hanya mencakup daftar ide bisnis rumahan yang populer tetapi juga beberapa pertimbangan umum untuk masing-masing.

 

Yang perlu Anda ketahui: Jenis ide bisnis rumahan dan statistik

UMKM Sumber Gambar Kemenkeu
UMKM Sumber Gambar Kemenkeu. Sumber gambar: Google.com

Di Indonesia, jumlah UMKM 65,47 juta unit pada tahun 2019. Contoh di AS, ada sekitar 31,7 juta usaha kecil di negara itu pada tahun 2022, mewakili hampir 99,9% dari semua bisnis AS.

Sementara bisnis ini secara teknis mencakup segala sesuatu mulai dari operasi tunggal hingga bisnis dengan 50 karyawan, banyaknya bisnis kecil menggambarkan kelayakan untuk memulai bisnis Anda sendiri dan persaingan yang pasti dapat muncul di stadion yang begitu ramai.

Namun sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu memutuskan jenis bisnis apa yang akan Anda jalankan: bisnis barang rumah tangga atau bisnis jasa rumah tangga.

Sederhananya, perusahaan grosir menjual produk fisik, sedangkan perusahaan jasa menjual jasa yang menawarkan sesuatu kepada seseorang. Misalnya, toko kelontong adalah bisnis grosir karena menjual bahan makanan fisik seperti buah-buahan dan beras kepada pelanggan.

Namun, seorang akuntan pajak bekerja untuk memberikan layanan karena mereka menjual waktu dan pengalaman mereka kepada klien yang membutuhkan bantuan dengan pajak mereka.

Baik bisnis produk maupun bisnis jasa memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biasanya, bisnis grosir membutuhkan investasi finansial yang lebih tinggi daripada bisnis jasa karena membutuhkan stok barang fisik untuk Anda jual.

Namun, penskalaan bisnis produk biasanya jauh lebih mudah daripada bisnis jasa karena menjual produk teknologi daripada waktu orang-orang dengan keahlian tertentu.

 

Ide bisnis rumahan modal kecil barang fisik

Anda tidak perlu toko biasa untuk mulai menjual produk ke pelanggan. Saat ini, Internet membuat menjalankan bisnis grosir dari rumah menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Jadi, ide bisnis rumahan berikut menyoroti tiga cara berbeda untuk menjual produk secara online.

1. Dropshipping

Dropshipping
Dropshipping. Sumber gambar: Google.com

Bisnis Dropshipping adalah model bisnis pemenuhan pesanan dimana penjual bertindak sebagai perantara antara pembeli dan produsen. Pengirim langsung tidak memiliki inventaris produk mereka sendiri, melainkan membeli barang langsung dari produsen dan grosir saat pelanggan melakukan pembelian.

Produk kemudian penjual kirim langsung ke pelanggan dan tidak melewati dropshipper. Saat ini, dropshipping adalah industri yang berkembang, menghasilkan miliaran dolar setiap tahun di dunia.

Misalnya, laporan Research and Markets menyatakan bahwa pada tahun 2020, industri dropshipping menghasilkan sekitar $ 13,92 miliar, dan jumlah ini mereka perkirakan akan meningkat menjadi $ 26 miliar pada tahun 2027.

Jika kita bandingkan dengan etalase tradisional yang menyimpan inventaris fisik produk, dropshipping memungkinkan bisnis untuk menjual produk yang tidak mereka miliki secara fisik atau bahkan secara teknis.

Drops Shipping adalah salah satu cara agar pengusaha dapat memulai bisnis grosir tanpa menginvestasikan modal yang biasanya mereka perlukan untuk membeli dan menyimpan barang.

 

2. Kotak langganan

Kotak Berlangganan
Kotak Berlangganan. Sumber gambar: Google.com

Bisnia Kotak langganan adalah kotak yang berisi item yang penjual pilih dengan cermat yang pelanggan terima secara teratur. Saat ini, ada kotak langganan yang menawarkan persediaan bulanan segala sesuatu, termasuk kue, keju gourmet, dan kaus kaki bermotif.

Dana berlangganan adalah industri bernilai miliaran dolar yang membentang di seluruh dunia dan terus berkembang. Menurut sebuah studi oleh McKinsey, pasar kotak langganan AS tumbuh dari 1,2 miliar pada 2014 menjadi 7,5 miliar pada 2018.

Sementara itu, sebuah studi baru-baru ini oleh perusahaan konsultan imarc menemukan bahwa “pasar kotak langganan mencapai $22,7 miliar pada tahun 2021.”

Kotak berlangganan lebih cenderung menarik pengusaha yang akrab dengan dan bersemangat tentang produk atau pasar khusus tertentu. Kotak langganan bisa praktis, konyol, atau semacamnya – terserah Anda. Beberapa kotak berlangganan yang menyenangkan dan unik meliputi:

Munch Addict: Kotak langganan yang mengirimkan sekotak makanan ringan dari seluruh dunia ke penerima.

History by mail: Kotak berlangganan yang mengirimkan salinan dokumen sejarah ke penerima setiap bulan.

Book of the Month: Layanan berlangganan yang mengirimkan buku yang penjual pilih dengan cermat kepada penerima setiap bulan.

 

3. Buat produk Anda sendiri

Ide bisnis rumahan Modal kecil
Ide bisnis rumahan Modal kecil. Sumber gambar: Google.com

Membuat dan menjual produk Anda sendiri secara online adalah salah satu jenis bisnis rumahan yang paling populer. Barang-barang yang Anda jual bisa apa saja mulai dari lilin hias hingga pisau buatan tangan atau apa pun yang bisa Anda buat.

Meluasnya internet membuat toko online yang menjual kerajinan tangan menjadi populer. Misalnya, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2022, jumlah pengguna aktif di Etsy meningkat dari 830 ribu pada 2012 menjadi 7,5 juta pada 2022.

Selama periode yang sama, jumlah pembeli aktif di Etsy meningkat dari 9,32 juta pada 2012 menjadi 96,34 juta pada 2021.

Menjual kerajinan tangan lebih mungkin untuk menarik pengusaha yang ingin mengekspresikan kreativitas mereka dan memiliki sumber daya untuk membuat dan menyimpan barang-barang mereka sendiri.

Pada saat yang sama, ini juga bisa menjadi pilihan yang baik bagi pengusaha yang sudah memiliki keahlian yang saat ini tidak digunakan, seperti tembikar atau merajut.

 

Ide bisnis rumahan jasa

Perusahaan yang berorientasi pada layanan menjual kepada pelanggan waktu dan energi dari orang yang ahli dalam bidang tertentu. Internet telah memudahkan pelanggan dan penyedia layanan individu untuk terhubung satu sama lain.

Daftar di bawah ini mencakup beberapa perusahaan layanan rumah paling populer yang beroperasi saat ini.

 

1. Pengajaran daring

Ide Bisnis Rumahan Kursus Online
Ide Bisnis Rumahan Kursus Online. Sumber gambar: Google.com

Guru membantu siswa dari semua tingkatan belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian penting seperti SBMPTN. Siswa berkisar dari siswa sekolah dasar hingga mahasiswa pascasarjana yang bekerja pada gelar doktor.

Saat ini, semakin banyak orang yang belajar online. Misalnya, pada tahun 2019, pasar global untuk pembelajaran online sudah pakar perkirakan sekitar $200 miliar, tetapi pada tahun 2026 jumlah ini kita perkirakan akan meningkat menjadi $375 miliar.

Bimbingan online adalah ide bisnis yang bagus untuk pasien yang senang mengajar dan bekerja dengan orang lain. Ini juga bisa ideal untuk orang berpendidikan universitas yang mencari peluang kerja yang memungkinkan mereka bekerja dari rumah dengan jam kerja yang fleksibel.

 

2. Menulis dan editor

Penulis Lepas
Penulis Lepas. Sumber gambar: Google.com

Anda dapat menulis di mana saja, dari posting blog yang Anda baca online hingga tulisan pada brosur yang Anda sertakan dengan penyedot debu baru Anda. Akibatnya, ada permintaan untuk penulis lepas di hampir setiap industri yang membutuhkan beberapa bentuk jaringan.

Penulisan dan pengeditan lepas adalah yang terbaik untuk orang-orang yang berbakat dalam komunikasi dan tidak keberatan menghabiskan waktu sendirian.

Namun tidak semua tugas menulis sama. Sementara copywriting mengharuskan penulis untuk berkolaborasi dengan pelanggan dan membuat salinan yang menarik untuk tujuan pemasaran.

Penulisan teknis mengharuskan penulis untuk membuat dokumen yang menggambarkan dengan jelas bagaimana pembaca akan menggunakan produk. Sementara itu, penulis konten SEO membuat salinan asli untuk membantu mengarahkan pengguna mesin pencari Internet ke situs web tertentu.

 

3. Pemasaran Digital

Ide Bisnis Rumahan Digital Marketing
Ide Bisnis Rumahan Digital Marketing. Sumber gambar: Google.com

Perusahaan menggunakan pemasaran untuk mengkomunikasikan produk dan layanan mereka. Jika Anda memiliki pengalaman dalam pemasaran, mengapa tidak menggunakan keahlian Anda dalam bisnis pemasaran digital Anda sendiri?

Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia terhubung ke Internet. Faktanya, satu studi baru-baru ini menemukan bahwa ada sekitar 5 miliar orang di Internet pada Juli 2022.

Menanggapi audiens yang besar ini, perusahaan pemasaran mendedikasikan lebih banyak anggaran mereka untuk pemasaran digital setiap tahun dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional seperti iklan TV dan iklan cetak.

Memulai bisnis pemasaran rumah mungkin cocok untuk pengusaha yang paham di bidang pemasaran digital. Beberapa layanan paling populer yang pemasar digital tawarkan termasuk pemasaran afiliasi, optimisasi mesin pencari, pembuatan konten, dan manajemen media sosial.

 

Langkah ide bisnis rumahan selanjutnya

Kursus Anak Anak
Kursus Anak Anak. Sumber gambar: Google.com

Sebuah bisnis baru memberikan kesempatan untuk memulai yang baru. Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan media sosial untuk mempromosikan dan mengiklankan bisnis rumahan Anda, maka pertimbangkan Sertifikasi Profesional Pemasaran Media Sosial Meta atau Facebook.

Atau, jika Anda ingin menggunakan pemasaran di Google. maka mungkin juga bisa belajar untuk menjadi Google Partner. Setidaknya, keduanya membuka peluang pemasaran baru.

Kunjungi juga

Bisnis Hospitality Adalah

Definisi Bisnis Hospitality Adalah dan Contohnya

Bisnis Hospitality adalah bisnis yang tergantung kepada keramahan pelayanan terhadap tamu. Salah satu contoh bisnis …