Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas. Sumber gambar: Google.com

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab mesin mobil cepat panas dan cara mengatasinya. Mesin mobil terlalu panas: penyebab dan apa yang harus dilakukan jika ini terjadi. Pada dasarnya, mesin bergantung pada sistem pendinginnya sendiri untuk mempertahankan suhu operasi yang stabil.

Penyebab mesin mobil cepat panas

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Tetap Tenang
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Tetap Tenang. Sumber gambar: Google.com

Namun, ada kalanya sistem pendingin tidak bekerja dengan benar, yang mengakibatkan panas berlebih. Mesin yang terlalu panas tidak hanya akan meng-ground-kan kendaraan Anda, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan permanen jika Anda tidak mengambil langkah yang benar untuk memperbaikinya.

Itulah mengapa kami di sini untuk membantu Anda memahami apa yang menyebabkan mesin mobil Anda menjadi terlalu panas dan apa yang dapat Anda lakukan ketika itu terjadi.

 

Beberapa penyebab mesin mobil cepat panas

Sistem pendingin mesin mobil Anda lebih dari mampu menjaga mesin tetap dingin saat bekerja dengan benar. Namun, mesin mobil Anda bisa menjadi terlalu panas jika ada masalah dengan komponen mesin atau sistem pendingin mesin.

Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas dari biasanya, seperti kerusakan pada sensor suhu cairan pendingin mesin atau pendingin yang tersumbat. Berikut adalah beberapa penyebab paling umum dari mesin yang terlalu panas.

1. Termostat rusak

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Thermostat
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Thermostat. Sumber gambar: Google.com

Termostat bertindak seperti katup yang mengontrol jumlah cairan pendingin yang masuk ke mesin. Jika katup di termostat tidak berfungsi dengan benar, mesin Anda mungkin tidak mendapatkan cukup cairan pendingin, menyebabkan kendaraan Anda menjadi terlalu panas.

Selain panas berlebih, tanda-tanda termostat yang buruk lainnya adalah kebocoran cairan pendingin di bawah kendaraan dan fluktuasi suhu yang sering terjadi. Jika lampu indikator suhu mesin sering menyala dan mati, disarankan untuk memeriksa termostat.

 

2. Kerusakan pada kipas radiator

Fan Radiator
Fan Radiator. Sumber gambar: Google.com

Kipas radiator meniupkan udara dingin melalui sirip radiator, yang mendinginkan cairan pendingin di radiator. Jika kipas radiator rusak, cairan pendingin tidak akan dapat membuang panas yang diambil dari mesin, menyebabkannya menjadi terlalu panas.

Karena lebih sedikit udara yang masuk ke pendingin saat mobil Anda diparkir, mesin Anda bisa menjadi terlalu panas saat Anda terjebak macet. Berikut adalah masalah umum yang dapat menyebabkan kipas radiator tidak berfungsi:

Sensor suhu cairan pendingin engine atau relai sensor rusak. Masalah motor kipas seperti keausan sikat karbon di motor. Juga, kerusakan kabel. Sekering rusak atau lemah.

 

3. Radiator kotor atau tersumbat

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Kotor
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Kotor. Sumber gambar: Google.com

Karat terkadang dapat menumpuk dan mengendap di tabung radiator. Hal ini pada akhirnya akan mengganggu aliran cairan pendingin dan mengurangi kemampuannya untuk membawa panas dari mesin.

Dalam jangka panjang, penyumbatan pada cairan pendingin dapat menyebabkan kebocoran cairan pendingin dan bahkan kerusakan pada pompa air.

Selain radiator, udara juga harus bersirkulasi dengan bebas melalui sirip-sirip radiator. Ketika sirip tersumbat oleh kotoran, dedaunan, atau serangga, aliran udara terhambat. Ini mencegah pendingin dari pendinginan dengan udara dingin, yang menyebabkan kendaraan menjadi terlalu panas.

 

4. Pompa air rusak

Pompa Air
Pompa Air. Sumber gambar: Google.com

Manfaat Pompa air adalah menjaga cairan pendingin bergerak melalui sistem pendingin sehingga dapat menyerap panas dari mesin. Ketika pompa air gagal, aliran cairan pendingin radiator dapat terganggu, menyebabkannya menjadi terlalu panas.

Selain peningkatan suhu mesin, kegagalan pompa air juga dapat menyebabkan kebocoran cairan pendingin. Masalah umum dengan pompa air mobil adalah impeller yang aus atau sambungan yang longgar antara impeller dan poros impeller.

 

5. Kebocoran paking kepala silinder

Kepala Silinder Rusak
Kepala Silinder Rusak. Sumber gambar: Google.com

Paking kepala silinder adalah paking yang dikompresi antara blok silinder dan kepala silinder. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menutup blok silinder dan mencegah bercampurnya cairan pendingin dan oli mesin.

Kebocoran pada paking kepala silinder dapat menyebabkan gas dari silinder masuk ke sistem pendingin. Gas ini kemudian meningkatkan tekanan dalam sistem pendingin, yang dapat menyebabkan cairan pendingin dikeluarkan.

Akhirnya, cairan pendingin bisa habis, menyebabkan mesin menjadi terlalu panas.

 

6. Radiator bocor atau mengering

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Bocor
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Bocor. Sumber gambar: Google.com

Tanpa pendingin yang cukup di radiator, sistem pendingin tidak dapat membuang kelebihan panas di mesin. Penyebab umum kebocoran cairan pendingin adalah pompa air yang tidak berfungsi atau kebocoran pada radiator, selang radiator, atau seal jaket air.

Jika Anda tidak mengalami kebocoran cairan pendingin tetapi memperhatikan bahwa level cairan pendingin selalu rendah, itu bisa berarti bahwa cairan pendingin Anda menguap dan mengering. Ini dapat disebabkan oleh paking kepala yang bocor atau tutup pendingin yang buruk.

 

7. Udara dalam sistem pendingin

Udara di Radiator
Udara di Radiator. Sumber gambar: Google.com

Gelembung udara dapat terbentuk di sistem pendingin ketika paking kepala silinder tidak dapat menahan gas keluar dari silinder. Namun, gelembung udara juga dapat terperangkap jika cairan pendingin tidak terisi atau tidak membuang cairan pendingin dengan benar.

Ketika Anda memiliki tingkat cairan pendingin yang rendah di radiator, ini dapat menyebabkan air menguap dan gelembung udara terbentuk. Jika Anda mengalami masalah ini, Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel untuk membersihkan radiator agar udara keluar semua.

 

Penyebab mesin mobil cepat panas dan tanda-tandanya

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Kotor
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Radiator Kotor. Sumber gambar: Google.com

Jika dibiarkan, mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Itulah mengapa sangat penting untuk memeriksakan mobil Anda jika Anda melihat tanda-tanda kepanasan. Berikut adalah beberapa tanda yang harus dicari:

Pengukur suhu mesin pada panel instrumen naik di atas suhu normal. Beberapa kendaraan hanya memiliki lampu peringatan suhu mesin yang menyala saat suhu mesin di atas normal.

Asap putih atau uap air naik dari ruang mesin. Juga, bau terbakar atau menyengat dari mesin. Bau terbakar biasanya merupakan tanda kebocoran oli mesin, sedangkan cairan pendingin biasanya berbau harum.

 

Penyebab mesin mobil cepat panas dan solusinya

Jika Anda melihat bahwa lampu peringatan suhu mesin menyala atau asap keluar dari bagian depan kendaraan Anda, kemungkinan mesin Anda terlalu panas. Untuk membantu Anda dalam situasi ini, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil.

1. Tetap tenang

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Tetap Tenang
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Tetap Tenang. Sumber gambar: Google.com

Hal terpenting yang harus dilakukan saat mobil Anda kepanasan adalah jangan panik. Jika Anda mengemudi di jalan raya, jangan gunakan rem. Sebaliknya, perhatikan lingkungan sekitar Anda.

Kemudian parkirkan mobil Anda secara perlahan di sisi jalan agar Anda dapat menilai situasi. Matikan semua komponen listrik saat melakukan ini untuk mengurangi stres pada motor.

Jika lampu peringatan suhu mesin menyala atau jarum pengukur suhu berada di zona merah, jangan lanjutkan mengemudi. Mengemudi dengan mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan kerusakan mesin yang lebih serius atau bahkan kebakaran.

Sebaliknya, berhentilah di tempat yang aman. Jika ada bengkel atau tempat parkir di dekatnya, Anda dapat memarkir mobil Anda di sana alih-alih di pinggir jalan. Juga, matikan motor dan semua komponen listrik karena dapat menyebabkan beban tambahan pada motor.

Tetapi, jangan langsung membuka kap mesin. Setelah berhenti, maka tunggu hingga mesin dingin atau pengukur suhu kembali normal sebelum membuka kap mesin. Jika Anda membuka kap terlalu cepat, Anda berisiko terbakar atau terluka karena uap panas atau asap masih bisa keluar.

 

2. Tambahkan air dan periksa perangkat

Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Air dalam radiator
Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Air dalam radiator. Sumber gambar: Google.com

Setelah mesin Anda dingin, Anda dapat menambahkan air ke cairan pendingin sebagai solusi sementara. Ini mungkin cukup untuk menghidupkan mesin untuk waktu yang singkat.

Jika Anda dapat menghidupkan kendaraan setelah mesin dingin, segera bawa ke bengkel terdekat. Hanya mengemudi perlahan dan perhatikan pengukur suhu. Jika suhu naik lagi, berhenti dan biarkan mesin dingin sebelum mengemudi lagi.

Jika Anda tidak dapat menghidupkan mesin, hubungi truk derek untuk menderek kendaraan Anda ke bengkel. Dengan memeriksakan kendaraan Anda di bengkel, maka Anda dapat menentukan dengan benar penyebab mesin menjadi panas.

Dan, tentunya bisa memperbaikinya sebelum berkembang menjadi masalah yang lebih serius.

Dengan merawat mobil Anda, Anda dapat mengurangi kemungkinan kepanasan atau mogok. Ini berarti Anda mendapatkan mobil yang lebih aman dan biaya perbaikan yang lebih rendah. Untuk mencegah mesin dari overheating, Anda dapat melakukan beberapa hal sederhana:

 

Penyebab mesin mobil cepat panas dan pencegahannya

Supaya Mesin Mobil Tetap Dingin
Supaya Mesin Mobil Tetap Dingin. Sumber gambar: Google.com

Secara rutin, periksa radiator untuk memastikan tidak tersumbat, karena kotoran (kotoran, daun, serangga, dll) yang menempel pada sirip radiator dapat menghalangi aliran udara ke radiator.

Juga, periksa tutup radiator dan pastikan pegas di tutup tidak terlalu longgar, karena tutup yang longgar tidak akan mampu mempertahankan tekanan yang tepat di radiator.

Periksa timing belt Anda, karena timing belt yang buruk dapat menyebabkan banyak masalah mesin, termasuk panas berlebih. Beberapa tanda timing belt yang buruk termasuk berkedut atau berderak dan kinerja mesin yang buruk.

Jangan lewatkan perawatan terjadwal kendaraan Anda. Selama pemeriksaan rutin ini, mekanik akan memeriksa mesin Anda, ketinggian cairan, dan komponen lainnya untuk memastikan semuanya beres. Jika ada masalah, Anda dapat memperbaikinya sebelum menjadi masalah serius.

Sekarang setelah Anda mengetahui apa yang dapat menyebabkan mesin mobil Anda menjadi terlalu panas dan bagaimana cara menghindarinya, kami harap Anda siap jika hal ini terjadi pada mobil Anda.

Kunjungi juga

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab Mobil Oleng Saat Kecepatan Tinggi

Penyebab mobil oleng saat kecepatan tinggi.  Kendaraan yang disetel dan dirawat dengan baik akan meluncur …