Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin

  • Bagikan
Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin
Cara Mengatasi Motor Ngebul Tanpa Bongkar Mesin. Sumber Gambar: Wallpaperaccess.com

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin, bisakah? Sebelumnya, sebagai prinsip, ketika asapnya tebal dan berat, maka Anda memiliki masalah besar.

Sebagai aturan umum untuk memiliki motor dan mobil, Anda tidak ingin melihat motor dan mobil Anda berasap. Api knalpot, mungkin. Tetapi berasap? Jelas tidak. Terlepas dari warnanya, asapnya sendiri tanda tidak normal dan menunjukkan ada sesuatu yang salah.

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

Selain kondensasi sementara, terutama selama bulan-bulan yang lebih dingin, asap putih tebal merupakan tanda masalah besar yang perlu segera Anda atasi. Mengabaikan asap dapat, dalam kasus terburuk, menyebabkan mesin meledak.

Untuk memahami mengapa motor dan mobil Anda berasap dan mengapa asapnya seperti itu, maka Anda perlu memahami dasar-dasar cara kerja mesin 4 tak. Kemudian, dan baru setelah itu, kita dapat mendiagnosis apa masalahnya. Sekarang, mari kita bahas itu.

Apa itu asap kendaraan?

Asap knalpot dari knalpot kendaraan Anda adalah produk sampingan langsung dari proses pembakaran yang terjadi di mesin. Percikan busi menyalakan campuran bensin dan udara, dan hasil gas yang ada dibuang melalui sistem pembuangan. Mereka melewati katalis untuk mengurangi emisi berbahaya dan juga melalui muffler di knalpot untuk mengurangi kebisingan.

Seperti apa emisi gas buang yang normal?

Dalam keadaan normal, Anda mungkin tidak akan melihat asap knalpot keluar dari pipa knalpot Anda. Seperti yang kami sebutkan dalam pendahuluan, Anda mungkin kadang-kadang melihat asap putih terang, yang hanya berupa uap air. Penting untuk Anda pahami bahwa ini sangat berbeda dari asap putih tebal yang membawa Anda kepada kami.

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin yang benar

  • Mengapa motor dan mobil saya mengeluarkan asap putih dari knalpot saat saya menyalakan mesin?

Tahukah Anda bagaimana orang-orang yang terdampar di pulau-pulau terpencil mengirimkan sinyal asap api ke pesawat dan kapal yang lewat? Inilah yang terjadi ketika Anda melihat asap putih, hitam atau biru keluar dari pipa knalpot Anda. Motor dan mobil Anda mengirimkan sinyal bantuan dan meminta bantuan.

Asap putih yang keluar dari knalpot menunjukkan bahwa cairan pendingin atau air secara tidak sengaja masuk ke ruang bakar. Saat terbakar di blok, menghasilkan asap putih tebal yang keluar melalui knalpot.

  • Apa yang menyebabkan cairan pendingin atau air masuk ke ruang bakar?

Asap putih tebal yang keluar dari knalpot biasanya menandakan head gasket pecah, retak pada head, atau retak pada blok mesin. Celah dan gasket yang buruk memungkinkan cairan mengalir ke tempat-tempat yang tidak perlu. Jika air ini bepergian, maka masalah dimulai.

  • Apa yang harus saya lakukan jika saya melihat asap putih keluar dari knalpot saya?

Yang terpenting, Anda tidak boleh terus mengemudikan motor dan mobil. Jika mesin Anda mengalami kerusakan atau retak pada paking, hal ini dapat menyebabkan polusi tambahan atau panas berlebih, yang pada dasarnya berarti “Selamat tinggal, mesin”.

Jika Anda ingin bukti tambahan bahwa Anda memiliki masalah dengan pendingin yang bocor ke unit Anda, Anda memiliki dua opsi. Pertama, Anda dapat memeriksa level cairan pendingin. Jika Anda memperhatikan bahwa levelnya rendah dan Anda tidak melihat cairan pendingin bocor di tempat lain, ini mendukung teori bahwa Anda mengalami kebocoran atau retak pada paking di Head silinder. Selain itu, Anda dapat membeli kit pendeteksi kebocoran blok mesin yang menggunakan bahan kimia untuk mendeteksi kontaminasi pada cairan pendingin Anda.

Cara mengatasinya

Sayangnya, setelah Anda pastikan bahwa Anda memiliki paking kepala yang pecah, kepala silinder yang retak atau blok mesin yang retak, maka inilah saatnya untuk menerima kenyataan.

Cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin tidak tersedia pada saat ini.

Bahkan, faktanya Anda memiliki perbaikan besar di depan Anda. Satu-satunya cara untuk memastikan masalah ini adalah dengan melepas setengah dari mesin dan mencapai blok.

Ke mana Anda pergi dari sini tergantung pada Anda. Karena ini adalah salah satu perbaikan motor dan mobil terbesar yang dapat Anda temui. Jadi, kami tidak merekomendasikan amatir tanpa alat yang tepat untuk menangani tugas ini di garasi mereka sendiri.

Maka, silahkan membawa ke mekanik tepercaya Anda dan silahkan berdiskusi apakah perbaikan itu layak Anda lakukan atau tidak. Tentu, juga tergantung pada nilai kendaraannya. Maka, pilihannya Anda dapat mengupgrade mesin, mengganti mesin atau bahkan membeli motor dan mobil baru.

Namun, jika Anda puas dengan proyek tersebut, gunakan manual servis yang sesuai, buat rencana, dan pastikan Anda memiliki alat yang tepat. Luangkan waktu Anda, jangan memotong prosedur dan jangan lupa untuk menandai semuanya saat Anda mengeluarkan semuanya.

Namun, knalpot normal pada hari yang dingin mungkin menunjukkan uap putih pada saat mesin menyala.

Terkadang Anda membutuhkan mekanik bersertifikat

Jadi, kami tahu bahwa tidak semua orang memiliki alat yang tepat, ruang kerja yang aman, waktu luang, atau kepercayaan diri untuk menangani perbaikan motor atau mobil besar.

Jadi, terkadang, Anda hanya memerlukan perbaikan yang berkualitas. Biarkan ย para profesional yang melakukannya dan orang dapat Anda percaya seperti mekanik bersertifikat di bengkel yang bagus.

Pertanyaan yang sering ada tentang asap putih yang keluar dari knalpot

Anda memiliki pertanyaan, maka kami memiliki jawabannya!

Pertanyaan cara mengatasi motor ngebul tanpa bongkar mesin

  1. Jadi, bisakah oli yang kurang menyebabkan asap putih?

Tidak, tidak bisa. Jadi tidak terkait dengan level oli. Karena, jika oli masuk ke ruang bakar, maka Anda mungkin melihat asap biru keluar dari knalpot Anda.

  1. Oke, tetapi bisakah busi yang buruk menyebabkan asap putih dari knalpot?

Tidak, Jadi, kedua masalah ini tidak terkait.

  1. Lalu kenapa ada asap biru keluar dari knalpot saya?

Itu masalah lain, terkadang asap keputihan yang keluar dari knalpot Anda berwarna biru tua. Ini menunjukkan bahwa mesin Anda sedang membakar oli. Ketika oli terbakar, maka itu menghasilkan asap kebiruan.

  1. Apakah pembakaran oli buruk?

Apakah mesin motor Anda dua langkah?

  1. Tidak.

Jika bukan 2 langkah, maka ya, itu buruk.

  • Bagikan